Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah dengan hiasan bukit karang yang berlubang atau bolong di tengahnya memiliki keunikan dan pesona tersendiri sehingga menjadi daya tarik para wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Ombak di Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah juga terkenal besar dan ganas. Selain itu warna air lautnya yang gelap juga menandakan bahwa perairan di pantai ini cukup dalam sehingga berbahaya bagi pengunjung yang ingin berenang atau bermain air.

Foto : IG @bingah_inawati

Lokasi Pantai Karang Bolong

  • Alamat: Desa Karangbolong, Kec Buayan, Kab Kebumen, Prov Jawa Tengah.
  • Lokasi GPS: -7.758035, 109.467794, Waze.
  • Harga tiket masuk: Rp 3.000, Mobil Rp 5.000.

Tidak sulit bagi wisatawan untuk menemukan alamat atau lokasi Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah karena jaraknya tidak begitu jauh dari kota Kebumen.

Selain itu, Pantai Karang Bolong juga sangat dikenal masyarakat di sekitar Kebumen. Jarak tempuhnya sekitar 40 kilometer ke arah barat daya dari pusat kota Kebumen.

Rute Menuju Pantai Karang Bolong

Bagi wisatawan yang datang dari arah Timur atau kota Yogyakarta, Kutoarjo, dan Kebumen Timur, rute menuju Pantai Karang Bolong yang dapat ditempuh adalah melintasi Jl Deandles. Ikuti jalan ini sampai menemukan papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Suwuk.

Terus ikuti jalan tersebut hingga melewati jembatan yang kemudian Anda akan menjumpai pertigaan. Dari pertigaan belok kiri, terus hingga tiba di Alun-alun Karang Bolong.

Lurus lagi sampai ketemu pertigaan, lalu belok kanan dan Anda akan segera sampai di lokasi wisata Pantai Karang Bolong Kebumen.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah barat atau dari pusat kota Kebumen dapat menuju ke Pantai Karang Bolong dengan melewati Jalan Karanganyar-Petanahan. Selanjutnya belok kanan melalui Jalan Deadles, dan ikuti rute seperti di atas tadi.

Ada pula alternatif lain rute menuju Pantai Karangbolong, yaitu dengan melalui Jalan Puring yang tembus ke Jalan Diponegoro. Selanjutnya Anda tinggal mengikuti papan petunjuk yang mengarah ke Pantai Karang Bolong.

Keindahan Pantai Karang Bolong

Pantai Karang Bolong memiliki keunikan tersendiri dengan adanya bukit karang yang berlubang. Besarnya deburan ombak dan hamparan pasir putih keabu-abuan di Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah menyajikan pemandangan alam yang mempesona.

sumber : IG : @pantaikarangbolong

Keindahan Pantai Karang Bolong juga kian terlukis dengan adanya bukit-bukit tinggi di sekelilingnya. Deretan pohon kelapa dengan nyiurnya yang melambai juga menambah eksotisme pemandangan di Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah.

Pantai Karang Bolong Kebumen dapat menjadi tempat piknik yang asik untuk Anda bersama keluarga. Saat air laut sedang surut, wisatawan dapat berjalan menyusuri karang yang muncul di permukaan.

Pengunjung masih diperbolehkan untuk berenang, namun tetap harus memperhatikan batas-batas aman yang disarankan dan tidak berenang terlalu jauh. Lokasi yang cukup aman untuk berenang adalah di sisi kanan pantai menuju bagian pantai yang berpasir.

Di dekat Pantai Karang Bolong juga terdapat wisata lainnya yang bernama Pantai Suwuk. Namun berbeda dengan pantai Suwuk, Pantai Karang Bolong memiliki bentuk lengkung seperti teluk kecil dengan garis pantai hanya sepanjang 250 meter.

Garis pantai ini menghadap ke arah tenggara atau menyerong sekitar 40 derajat dari Pantai Suwuk. Terdapat sungai kecil dan daerah perbukitan di ujung kanan Pantai Karang Bolong.

Di hari biasa, suasana di pantai Karang Bolong Kebumen memang tidak terlalu ramai. Justru suasana seperti ini sangat asik bagi para wisatawan untuk beraktivitas wisata sepuasnya di sini.

Wisatawan tidak hanya disuguhkan dengan pemandangan alamnya saja yang indah, tapi juga dapat melihat goa dan menikmati suasana di bawah rimbunnya pepohonan di Pantai Karang Bolong Kebumen.

Selain itu, Anda juga dapat duduk-duduk bersantai menikmati suasana alam pantai sambil menyantap hidangan kuliner di warung-warung sekitar pantai.

Aktivitas lainnya yang dapat dilakukan di Pantai Karang Bolong adalah memancing ikan. Banyak spot memancing yang menjadi favorit pengunjung di sini.

Biaya Masuk Pantai Karang Bolong

Wisatawan yang akan masuk ke lokasi wisata Pantai Karang Bolong akan dikenakan harga tiket masuk. Biaya masuk Pantai Karang Bolong Kebumen adalah sebesar Rp 5.000 per orang. Harga ini cukup terjangkau mengingat banyaknya pesona yang ditawarkan pantai ini.

Bahkan, bagi wisatawan yang datang bersama rombongan dengan menggunakan bus akan dikenai tarif yang lebih murah lagi. Biaya masuk Pantai Karang Bolong Kebumen untuk bus rombongan adalah sebear Rp 250.000 untuk 60 orang.

Namun, harga tiket masuk ini belum termasuk biaya parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan. Tarif parkir di Pantai Karang Bolong adalah sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Nah, bagaimana sudah siap untuk berlibur ke Pantai Karang Bolong Kebumen Jawa Tengah? Selamat berwisata!