Pantai Goa China merupakan obyek wisata pantai yang terdapat goa di karang tengah laut. Goa pada karang yang berada di sebelah kanan Pantai Goa China tentu saja menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Jarak karang tersebut sekitar 50 meter dari bibir Pantai Goa China, ketinggian goa sekitar 2 meter dengan lebar 2 meter dan memiliki rongga yang berukuran 8 meter.

Pantai Goa China Malang Jawa Timur

Asal mula nama Pantai Goa China karena puluhan tahun lalu terjadi peristiwa meninggalnya petapa yang berasal dari China.

Sebelumnya pantai ini dinamakan Rowo Indah, tapi karena adanya peristiwa tersebut, namanya berubah menjadi Pantai Goa China seperti yang kita kenal sekarang.

Datanglah di pagi hari, karena Anda akan disuguhi pemandangan indah terbitnya matahari di Pantai Goa China. Meski kawasan pantainya tidak terlalu luas, namun keberadaan 3 pulau yang menghadap ke tengah pantai membuat panorama alam di Pantai Goa China ini begitu indah.

Ombak di Pantai Goa China cukup besar karena berada di kawasan pesisir selatan Pulau Jawa dan langsung menghadap ke samudra Hindia. Namun, besarnya ombak di Pantai Goa China justru menambah pemandangan indah di obyek wisata ini.

Fenomena alam lainnya yang bisa Anda lihat di Pantai Goa China adalah adanya gelombang air laut bersimpang tiga. Simpangan ini mengarah dari timur, selatan, dan barat.

Gelombang besar dari samudera Hindia yang bertabrakan dengan Pulau Bantengah dan Pulau Nyonya di Pantai Goa China menciptakan sebuah pemandangan ombak yang sangat indah dan mengagumkan.

Lokasi Pantai Goa China

Alamat lengkap Pantai Goa China berada di Dusun Tumpak Awu, Desa Sitiarjo, Kec Sumbermanjing Wetan, Kab Malang, Prov Jawa Timur.

Pantai Goa China bisa dibilang obyek wisata baru yang belum lama terkenal. Pantai ini kemudian populer semenjak foto-foto keindahan pemandangannya menjadi viral di media sosial.

Jalan Menuju Pantai Goa China Malang

Rute jalan ke Pantai Goa China cukup mudah dituju. Lokasinya tidak begitu jauh dari wisata pantai lainnya yang ada di Malang, yaitu Pantai Bajul Mati dan Pantai Sendang Biru. Hanya 15 menit saja waktu perjalanan ke Pantai Goa China dari kedua pantai tersebut.

Bila Anda datang dari arah pusat kota Malang, rute yang dapat dilewati menuju ke Pantai Goa China adalah dengan mengambil jalan yang mengarah ke Gadang. Sampai di perempatan Gadang, arahkan kendaraan menuju Bululawang, hingga melewati Turen, dan Sumbermanjing Wetan.

Selanjutnya ambil jalan yang menuju ke Desa Sitiarjo, dari sini lokasi Pantai Goa China sudah dekat dan Anda tinggal mengikuti papan petunjuk arah menuju ke lokasi Pantai Sendang Biru. Setibanya di pertigaan Pantai Sendang Biru, belokkan kendaraan ke kanan untuk menuju Pantai Goa China.

Anda perlu berhati-hati selama dalam perjalanan menuju ke Goa China, sebab banyak jalan yang berkelok, dengan jurang berada di sisinya.

Sebelum Anda tiba sekitar 500 meter menuju pantai juga terdapat ruas jalan yang agak rusak. Sehabis hujan, biasanya jalan akan sangat licin, dan becek, serta terdapat banyak genangan air di ruas jalan tersebut.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan umum, rute yang dapat ditempuh adalah dengan naik Angkutan Kota AG/GA dari Arjosari, Malang. Turun di Terminal Gadang. Kemudian naik lagi angkutan dengan jurusan Sumbermanjing Wetan.

Sesampainya di Sumbermanjing Wetan, perjalanan hanya dapat ditempuh menggunakan jasa ojeg sepeda motor karena belum ada angkutan umum yang langsung menuju ke Pantai Goa China.

Tiket Masuk Pantai Goa China

Wisatawan yang akan masuk ke lokasi Pantai Goa China akan dikenai biaya tiket masuk. Harga tiket masuk ke Pantai Goa China relatif terjangkau, yaitu sebesar Rp 5.000 per orang.

Sementara untuk wisatawan yang membawa kendaraan pribadi diharuskan membayar biaya tambahan untuk parkir sebesar Rp 5.000 untuk sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Fasilitas Pantai Goa China

Meski harga tiket masuknya relatif murah, namun fasilitas di Pantai Goa China sudah lumayan lengkap. Sejumlah fasilitas yang tersedia antara lain area parkir, kamar mandi, tempat ibadah, dan warung-warung kecil yang menyediakan berbagai makanan dan minuman ringan untuk wisatawan.

Sementara untuk penginapan memang belum tersedia di sekitar Pantai Goa China. Semoga ke depan seiring makin ramainya Pantai Goa China akan banyak berdiri hotel maupun penginapan di sekitar lokasi.