Pantai Goa Cemara memiliki panorama alam yang indah dengan banyak sekali pohon cemara di sekitarnya. Selain itu juga terdapat sebuah lorong panjang menyerupai Goa yang terbentuk oleh ratusan pohon cemara di tempat ini.

Meski namanya tak setenar Pantai Parangtritis, namun keindahan pemandangan alam di Pantai Goa Cemara tidak boleh diragukan. Tempat ini masih tergolong wisata baru sehingga wajar bila Pantai Goa Cemara masih belum begitu disesaki pengunjung.

Lokasi Pantai Goa Cemara

Secara administratif, lokasi Pantai Goa Cemara beralamat di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kec Sanden, Kab Bantul, DI Yogyakarta.

Wisatawan dapat menjangkau lokasi Pantai Goa Cemara dengan mudah karena akses jalannya yang sudah cukup baik sampai ke bibir pantai.

Mulai banyak pengunjung yang berdatangan ke lokasi wisata Pantai Goa Cemara semenjak foto-foto keindahan pemandangannya beredar di media sosial.

Selain itu juga ada banyak daya tarik wisata yang bisa dinikmati di Pantai Goa Cemara sehingga tempat ini perlahan mulai ramai dikunjungi wisatawan.

Bagi wisatawan yang tertarik untuk menuju ke pantai ini dapat melalui rute pantai Goa Cemara dari kota Yogyakarta. Arahkan kendaraan melintasi jalan yang menuju ke Kabupaten Bantul. Begitu sampai di perempatan Palbapang, belokkan kendaraan ke kanan.

Lurus terus hingga menemui lampu merah, beloklah ke kiri. Ikuti jalan tersebut sampai Anda menemukan rambu petunjuk lokasi yang mengarah ke Pantai Goa Cemara. Dari tempat ini, Anda tidak lama lagi akan tiba di Pantai Goa Cemara.

Mitos Pantai Goa Cemara

Asal-usul nama Pantai Goa Cemara berasal dari warga sekitar karena di lokasi pantai terdapat banyak pohon cemara yang membentuk sebuah lorong panjang seperti goa.

Lorong ini terbentuk karena begitu rimbunnya pohon-pohon cemara di Pantai Goa Cemara. Sebuah terowongan kecil di Pantai Goa Cemara menjadi keunikan tersendiri sehingga menyajikan pemandangan alam yang begitu mempesona di tempat ini.

Mitos Pantai Goa Cemara Bantul sering dikaitkan oleh masyarakat sekitar dengan Ratu Pantai Selatan, Nyi Roro Kidul.

Bahkan, setiap tahunnya di area Pantai Goa Cemara selalu diadakan tradisi Lelabuhan sebagai ritual untuk menghormati sang penguasa alam gaib di pesisir selatan Jawa tersebut.

Tradisi Lelabuhan selalu diadakan setiap tahun baru Hijriyah, yaitu pada tanggal 1 Muharam atau yang biasa dikenal dengan 1 Suro pada penanggalan Jawa.

Dalam tradisi Lelabuhan Pantai Goa Cemara warga sekitar akan mengarak sebuah boneka mirip kambing yang diberi nama Kambing Kendhit.

Boneka Kambing Kendhit akan diarak bersama Kirab yang berisi beberapa hasil bumi dari Kabupaten Bantul sebagai simbol dari kesuburan alam di kota ini.

Tiket Masuk Pantai Goa Cemara

Bagi pengunjung yang ingin menikmati keasikan berwisata di Pantai Goa Cemara akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 5 ribu per orang. Harga tiket masuk Pantai Goa Cemara relatif terjangkau mengingat berbagai keseruan yang bisa Anda rasakan di tempat ini.

Banyaknya pohon cemara yang tumbuh di sekitar pantai dan membentuk seperti goa menjadi salah satu keunikan tersendiri dari Pantai Goa Cemara.

Daya tarik lainnya Pantai Goa Cemara adalah keberadaan Mercusuar setinggi 40 meter yang bisa dimasuki oleh pengunjung. Mercusuar ini juga menjadi spot favorit bagi wisatawan yang berkunjung ke Pantai Goa Cemara.

Bagi wisatawan yang ingin masuk dan naik ke atas mercusuar akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk 2 orang. Tapi saat banyak pengunjung yang ingin naik, Anda harus antre yah! Karena untuk sekali masuk ke dalam mercusuar hanya dibatasi 2 orang saja.

Anda juga harus ingat, jangan lama-lama saat berada di atas mercusuar, karena harus bergantian dengan pengunjung lainnya yang sudah lama mengantre.

Dari atas mercusuar, keindahan alam sekitar Pantai Goa Cemara semakin tampak jelas. Panorama alam yang memadukan antara lautan luas, gunung, perbukitan, dan pohon-pohon cemara di sekitarnya menambah eksotis pemandangan Pantai Goa Cemara dari atas mercusuar.

Pantai Goa Cemara semakin tampak hijau di saat musim hujan. Keindahannya makin tampak jelas saat pohon-pohon cemara di sekitarnya menjadi lebat karena guyuran air hujan.

Pantai Goa Cemara masih tergolong wisata baru yang saat ini masih terus dalam proses pembenahan. Meskipun begitu, fasilitas yang tersedia di Pantai Goa Cemara dikatakan sudah cukup lengkap dan dapat menunjang aktivitas wisata para pengunjung di tempat ini.

Beberapa fasilitas Pantai Goa Cemara yang tersedia antara lain area parkir, toilet dan kamar mandi, mushola, dan banyak lagi fasilitas lainnya.

Selain itu, di sepanjang lokasi Pantai Goa Cemara juga terdapat warung-warung makan yang menyajikan aneka menu kuliner khas Bantul.

Anda juga bisa menikmati serunya menjelajahi Pantai Goa Cemara dengan naik ATV yang sekarang ini banyak tersedia jasa persewaannya di sekitar lokasi wisata.