Pantai Coro merupakan salah satu pantai di Tulungagung yang menyajikan pemandangan sangat indah. Birunya air laut, hamparan pasir putih yang luas, dan keberadaan tebing-tebing yang menjulang di sekitarnya membuat pemandangan di pantai ini kian eksotis.

Lokasi Pantai Coro

Lokasi Pantai Coro terletak di Reco Sewu, Ds Besole, Kec Besuki, Kab Tulungagung, Jawa Timur. Koordinatnya pada GPS berada di titik -8.2699238,111.814128.


Pantai Coro yang memiliki pemandangan alam nan indah dan eksotis ini lokasinya juga tidak jauh dari lokasi pantai lainnya yang masih termasuk dalam Resu Sewu Popoh.

Foto :[email protected]

Dalam bahasa Jawa, Pantai Coro artinya “Pantai Kecoak”. Tapi bukan berarti di pantai ini banyak kecoaknya ya sob! Bingung juga sih kenapa pantai yang indah ini dinamakan Pantai Coro. Penduduk sekitarnya pun tidak tahu mengapa dan bagaimana asal-usul tempat ini dinamakan Pantai Coro.

Kondisi alam di Pantai Coro masih sangat asri, bersih dan nyaman untuk relaksasi. Wisatawan yang datang juga diharapkan turut menjaga keasrian Pantai Coro sehingga pantai ini tetap menjadi destinasi wisata yang nyaman dan menyenangkan bagi wisatawan.

Rute Pantai Coro

Rute menuju Pantai Coro dari pusat kota Tulungagung bisa Anda tempuh dengan memulai dari alun-alun kota. Arahkan kendaraan menuju ke selatan dengan jarak sejauh 35 kilometer dari pusat kota Tulungagung.

Ikuti rambu petunjuk arah yang menuju ke Campurdarat. Setibanya di pertigaan pasar Campurdarat, belok kiri dan ikuti petunjuk arah menuju ke Pantai Popoh. Wisatawan yang ingin menuju ke Pantai Coro harus melewati pintu masuk wisata Pantai Popoh terlebih dahulu.

Tidak jauh dari pintu masuk Pantai Popoh ada pertigaan, ambil arah yang lurus untuk menuju ke Reco Sewu. Setelah tiba di lokasi Reco Sewu, parkirkan kendaraan Anda di area parkir yang tersedia. Selanjutnya Anda masih harus berjalan kaki sejauh 2 kilometer untuk sampai ke Pantai Coro.

Sambil berjalan kaki, Anda bisa bertanya kepada warga sekitar arah jalan menuju ke Pantai Coro. Perjalanan akan sangat menyenangkan karena Anda akan berjalan kaki menyusuri daerah ladang dan naik-turun bukit. Pastikan kondisi fisik Anda sedang fit bila ingin menuju ke Pantai Coro.

Anda juga bisa menyewa motor trail yang tersedia di Reco Sewu apabila tidak ingin repot berjalan kaki cukup jauh menuju Pantai Coro.

Saat musim hujan, kondisi jalan lumayan becek dan licin karena sebagian besar masih berupa tanah. Nah, kalau ini pasti cocok bagi Anda yang hobi naik motor trail karena akan ada petualangan seru yang bisa Anda rasakan saat menuju ke Pantai Coro.

Tiket Masuk Pantai Coro

Pantai Coro masih satu kawasan wisata dengan Pantai Popoh dan Reco Sewu sehingga tiket masuknya menjadi satu dengan wisata pantai-pantai tersebut.

Harga tiket masuk Pantai Coro cukup terjangkau, pengunjung hanya dikenai biaya sebesar Rp 5.000 per orang. Tiket masuk ini akan ditarik pada saat Anda memasuki pintu gerbang wisata Pantai Popoh.

Sementara bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 5.000 untuk sepeda motor, dan Rp 10.000 untuk mobil.

Berbagai fasilitas penunjang wisata untuk para pengunjung sudah disediakan oleh pengelola. Anda pun tidak perlu bingung dan takut kelaparan saat berwisata di Pantai Coro karena di sekitar lokasi wisata banyak terdapat pedagang makanan dan minuman.

Tapi jangan lupa, sampahnya jangan dibuang sembarangan yah, mari kita saling menjaga kebersihan dan keindahan Pantai Coro demi kenyamanan bersama.

Penginapan di Pantai Coro

Pengunjung juga dapat menginap atau bermalam di Pantai Coro, tapi jangan membayangkan kalau Anda akan menginap di hotel mewah dengan berbagai fasilitas dan layanan yang lengkap. Pasalnya, di sekitar Pantai Coro memang belum tersedia fasilitas hotel dan penginapan.

Satu-satunya cara Anda bisa menginap di Pantai Coro adalah dengan berkemah. Di lokasi Pantai Coro juga sering kok digunakan oleh wisatawan untuk berkemah.

Nah, silahkan menikmati suasana malam yang indah dan menyenangkan di Pantai Coro. Yuk, kita camping ke Pantai Coro!