Pantai Carocok merupakan wisata pantai di Painan, Sumatera Barat yang dapat menjadi lokasi cocok untuk Anda menyaksikan indahnya panorama jingga matahari terbenam.

Pantai Carocok Painan tak hanya ramai dikunjungi oleh wisatawan domestik, tapi juga wisatawan mancanegara. Sebab, begitu banyak daya tarik dan pesona yang dimiliki Pantai Carocok.

sumber : https://travel.detik.com

Mulai dari panorama alamnya yang indah, pemandangan bawah lautnya yang mengagumkan, hingga berbagai wahana menarik yang tak boleh dilewatkan oleh wisatawan.

Lokasi Pantai Carocok

Lokasi Pantai Carocok berada di sebelah barat kota Painan, jaraknya sekitar 2 kilometer dari Pasar Painan. Pantai Carocok beralamat lengkap di Kecamatan IV Jurai, Kab Pesisir Selatan, Prov Sumatera Barat.

Meski tak sepopuler pantai-pantai di Bali dan Lombok, Pantai Carocok memiliki pesona keindahan yang tak kalah dari pantai-pantai tersebut. Pemandangan bawah lautnya tak kalah indah dengan taman laut lain yang ada di perairan Nusantara.

Terdapat sebuah Pulau Batu Karang yang terhubung dengan ujung Bukit Langkisau yang masih termasuk dalam kawasan objek wisata Pantai Carocok Painan ini.

Pulau ini bernama Batu Kareta, di mana sekarang telah dibangun jembatan penghubung oleh Pemkab Pesisir Selatan dan dapat dilalui oleh wisatawan yang ingin menuju ke Pulau Kareta.

Selain itu, ada juga pulau kecil bernama Pulau Cingkuak yang terletak sekitar 200 meter ke arah barat dari Pantai Carocok. Pulau Cingkuak merupakan tempat bersejarah di mana terdapat bekas reruntuhan benteng Portugis di dalamnya.

Pulau Cingkuak memiliki pasir berwarna putih dan dikelilingi air laut yang sangat bening dan tenang. Wisatawan dapat menuju ke pulau kecil ini dengan membayar jasa penyeberangan sebesar Rp 10.000.

Rute Pantai Carocok

Rute menuju Pantai Carocok sangat mudah dituju dan diakses dari kota Padang. Jaraknya dari pusat kota Padang sekitar 77 kilometer dengan waktu tempuh antara 2 hingga 3 jam perjalanan berkendara.

sumber : http://fikaliverpudlian.blogspot.co.id

Bagi wisatawan yang menggunakan transportasi umum, naiklah angkutan kota jurusan Teluk Bayur dan turun di Simpang Gaung. Kemudian lanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus umum jurusan Padang-Painan.

Bus umum tersebut biasanya hanya sampai di Terminal Sago, untuk menuju ke Painan Anda harus naik angkutan lagi yang menuju ke Painan, dengan waktu tempuh sekitar 15 menit dari Terminal Sago kemudian turun di simpang Carocok. Dari sini lokasi Pantai Carocok sudah tidak begitu jauh, Anda bisa naik ojek untuk menuju ke lokasi.

Sementara bagi wisatawan yang naik kendaraan pribadi, rute menuju Pantai Carocok yang dapat ditempuh dari pusat Kota Padang adalah dengan melalui daerah Seberang Padang, hingga ke Simpang Gaung.

Kemudian melintasi Jalan Raya Padang-Painan hingga tiba di kota Painan. Sekitar kilometer 77 di Jalan Raya Padang-Painan ada papan petunjuk yang akan mengarahkan Anda ke lokasi Pantai Carocok.

Dari gerbang tersebut sudah terlihat portal masuk wisata Pantai Carocok Painan. Di sini Anda bisa belok kanan dan ikuti jalan itu hingga tiba di lokasi wisata.

Tiket Masuk Pantai Carocok

Pengunjung yang akan masuk ke lokasi wisata Pantai Carocok akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 5.000. Tentunya harga tiket masuk Pantai Carocok ini relatif terjangkau.

Namun bila Anda ingin melanjutkan wisata ke Pulau Cingkuak akan dikenai tarif lagi sebesar Rp 10.000 plus ongkos perahu penyeberangan sebesar Rp 20.000 untuk pulang-pergi.

Di Pantai Carocok ini juga tersedia banyak wahana permainan dan wisatawan juga harus membayar biaya tambahan bila ingin menggunakannya. Tarif wahana permainan di Pantai Carocok juga bervariasi, antara lain:

  • Banana Boat: Rp 25.000 per orang
  • Donat Boat: Rp 30.000 per orang
  • Jetski: Rp 100.000 per orang, dan
  • Flying fox: Rp 150.000 per orang

Hotel di Pantai Carocok

Wisatawan yang ingin menginap dan menikmati suasana malam di Pantai Carocok, dapat menggunakan jasa penginapan ataupun hotel yang banyak tersedia di sekitar lokasi pantai. Berikut ini sejumlah hotel yang dapat Anda jadikan rujukan untuk menginap di Pantai Carocok:

  • Rihan Hotel. Beralamat di Jl Jenderal Sudirman No 205, Salido, Jurai IV, Kab Pesisir Selatan. Telp (0756) 21326.
  • Hotel Anordio. Beralamat di Jl Rawang, Painan, Jurai IV, Kab Pesisir Selatan. Telp 081363270123.
  • Dlima Homestay Carocok Painan. Beralamat di Pantai Carocok, Painan Selatan, Jurai IV, Kab Pesisir Selatan. Telp 085363431455.
  • Langkisau Resort. Beralamat di Jl Baru Pantai Salido KM 0.8, Salido, Jurai IV, Kab Pesisir Selatan. Telp 085363431455.
  • Home Stay Rumah Puti. Beralamat di Jl Pagaruyung No 3, Painan, Jurai IV, Kab Pesisir Selatan. Telp 0811663504.

Itulah beberapa hotel dan homestay yang bisa Anda jadikan rujukan bila ingin menginap di Pantai Carocok. Selamat berlibur!