Pantai Baron  – merupakan wisata yang memiliki keunikan tersendiri dibandingkan dengan pantai lainnya. Pantai ini berupa teluk yang terdapat aliran sungai berasal dari bawah tanah yang keluar dari kaki bukit di sisi sebelah baratnya.

Sejarah Pantai Baron

Dari atas bukit yang berada di sekitar pantai, pengunjung dapat menikmati pemandangan Pantai Baron yang indah. Sangat cocok bagi Anda yang ingin melepas penat dan menenangkan pikiran di akhir pekan.


Konon, sejarah Pantai Baron memiliki riwayat nama yang berasal dari seorang bangsawan asal Belanda bernama Baron Skeber. Di Pantai Baron inilah pertama kalinya Ia melabuhkan kapal di pantai selatan Jawa.

Lokasi Pantai Baron

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Pantai Baron, alamatnya terletak di Desa Kemadang, Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, Provinsi DI Yogyakarta, Indonesia.

Jaraknya sekitar 40 kilometer dari pusat kota Yogyakarta dengan jarak tempuh kurang lebih 1-2 jam menggunakan mobil, sepeda motor, maupun bus rombongan.

Rute Pantai Baron

Bila Anda datang dari arah kota Yogyakarta, rute paling mudah menuju Pantai Baron adalah melewati ibu kota Kabupaten Gunungkidul, Wonosari. Lama perjalan sekitar 1-2 jam bila menggunakan kendaraan pribadi.

Anda juga dapat menggunakan kendaraan umum yaitu dengan naik bus dari Terminal Giwangan, Yogyakarta dan turun di Pasar Wonosari. Kemudian naik lagi bus kecil yang langsung menuju ke Pantai Baron atau Krakal.

Tarif bus dari Terminal Giwangan ke Pasar Wonosari sekitar Rp 15 ribu. Sedangkan dari Pasar Wonosari ke Pantai Baron, tarifnya sekitar Rp 10 ribu.

Fasilitas Pantai Baron

Ada banyak fasilitas yang tersedia untuk para pengunjung di Pantai Baron, di antaranya wahana permainan anak, tempat pelelangan ikan, sewa perahu motor, dan sejumlah toko cinderamata yang menjual aneka barang unik khas pantai.

Selain itu, di Pantai Baron juga banyak terdapat penginapan dan hotel sehingga Anda tidak perlu takut kemalaman saat berwisata di tempat ini. Umumnya, penginapan di sekitar Pantai Baron menawarkan fasilitas setara hotel melati, namun ada juga beberapa yang menyediakan fasilitas AC.

Tarif rata-rata penginapan di sini juga relatif terjangkau sehingga cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan hemat.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan alam yang indah dan bermain air di Pantai Baron, selain itu juga dapat mencicipi aneka kuliner ikan laut yang enak dan khas di tempat ini.

Karena di Pantai Baron sudah banyak tersedia restoran maupun warung makan masakan laut yang pas untuk Anda bersantai dengan keluarga. Beberapa kuliner laut yang banyak dijual di sini antara lain udang windu, ikan kakap, dan tongkol.

Harga Tiket Masuk Pantai Baron

Pengunjung yang ingin masuk ke Pantai Baron akan dikenai biaya tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang. Tiket tersebut sekaligus untuk masuk ke tiga tempat wisata sekaligus, antara lain Pantai Kukup, Pantai Sundak, dan Pantai Krakal.

Selain biaya tiket masuk, pengunjung yang membawa kendaraan pribadi juga dikenai retribusi parkir sebesar Rp 2000 untuk sepeda motor, dan Rp 5 ribu untuk mobil.

Wisata Pantai baron Yogyakarta merupakan objek wisata yang cukup potensial bila terus dikembangkan lebih lanjut. Pasalnya, pantai ini menyajikan keindahan pemandangan alam nan eksotis.

Hal inilah yang menjadikan Pantai Baron selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat akhir pekan atau musim liburan. Pengunjung yang datang pun tidak hanya wisatawan domestik saja tapi ada juga wisatawan dari mancanegara.

Objek Wisata Lain Dekat Pantai Baron

Di dekat Pantai Baron atau masih di satu kabupaten Gunungkidul juga banyak terdapat objek wisata lain yang bisa Anda kunjungi sekaligus di antaranya Goa Gelatik, Goa Pindul, dan Air Terjun Sri Gethuk.

Pantai Baron adalah salah satu pantai di Gunungkidul yang sangat menarik untuk dikunjungi. Jangan lupa membawa baju ganti atau pakaian renang untuk bermain air di laut sekitar Pantai Baron.

Begitu pula tak lengkap rasanya bila berwisata tanpa membeli oleh-oleh. Sebelum pulang jangan lupa membeli oleh-oleh untuk keluarga ataupun teman di rumah, peyek udang dan ikan teri adalah salah satu jajanan khas Pantai Baron yang menjadi favorit dibeli oleh para pengunjung di tempat wisata ini. Selamat berlibur!