Pantai Banyu Tibo  – banyak dianggap wisatawan memiliki keindahan yang unik dan tiada duanya karena memang tidak akan bisa Anda temukan di pantai-pantai lainnya di Pacitan, bahkan di pulau Jawa.

Lokasi Pantai Banyu Tibo

Lokasi Pantai Banyu Tibo beralamat di Ds Widoro, Kec Donorejo, Kab Pacitan, Jawa Timur. Keberadaan air terjun yang langsung jatuh ke laut menyuguhkan pemandangan unik tersendiri yang membuat Pantai Banyu Tibo sebagai obyek wisata pantai yang sangat istimewa.

Air terjun di Pantai Banyu Tibo merupakan air yang berasal dari sungai, mengalir dari tebing di bibir pantai, dan turun langsung menuju dataran rendah di laut. Bahkan, air ini terus mengalir meskipun saat musim kemarau.

pantai banyu tibo image by https://www.tempat.co.id

Keberadaan air terjun inilah yang kemudian menjadi cikal bakal penamaan Pantai Banyu Tibo yang artinya “air jatuh”.

Pengunjung dapat menikmati keindahan pemandangan Pantai Banyu Tibo langsung dari atas air terjun. Air terjun tersebut tidak begitu tinggi, dan tersedia tangga bagi pengunjung yang ingin naik dan menikmati indahnya pemandangan Pantai Banyu Tibo dari atas air terjun.

Setelah asik menikmati pemandangan, berfoto dan berselfie dari atas air terjun Anda bisa turun kembali. Berenang atau bermain air di laut Pantai Banyu Tibo sangat mengasikkan karena airnya sangat bersih dan bening.

Ombak di pantai ini juga tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk pengunjung yang ingin berenang dan bermain air. Sehabis berenang, Anda bisa berbilas di bawah air terjun yang merupakan sumber air tawar yang bisa dimanfaatkan untuk membersihkan tubuh sehabis berenang di laut.

Pantai Banyu Tibo masih tergolong wisata baru dan belum banyak diketahui oleh wisatawan dari luar Pacitan sehingga kondisinya belum begitu ramai, masih alami dan bersih.Anda juga dapat berkemah atau mendirikan tenda di sekitar lokasi pantai bila ingin menikmati suasana malam di Pantai Banyu Tibo.

Rute Pantai Banyu Tibo dari Solo

Meski belum tersedia angkutan umum yang menuju ke lokasi Pantai Banyu Tibo, tapi akses ke lokasi tidaklah terlalu sulit. Anda bisa datang ke tempat ini menggunakan sepeda motor, mobil pribadi, atau bersama rombongan dengan menyewa bus mikro.

Bagi wisatawan yang datang dari arah Solo, rute menuju Pantai Banyu Tibo yang dapat ditempuh antara lain melewati Jalan Raya Wonogiri-Pacitan, kemudian belok kanan menuju ke arah Pantai Klayar. Anda akan memasuki jalan pedesaan sejauh 12 kilometer sebelum sampai di Desa Widoro, di mana lokasi Pantai Banyu Tibo berada.

Rute Pantai Banyu Tibo dari Pacitan

Sementara rute Pantai Banyu Tibo dari arah Pacitan antara lain dengan melalui Jalan Nasional 3, lalu Jalan Pacitan-Donorejo, hingga sampai ke Kecamatan Punung.

Setibanya di Kecamatan Punung, carilah perempatan kalak atau arah yang menuju Goa Gong, sampai di perempatan Kalak ambil belokkan ke kiri yang menuju ke arah Pantai Klayar.

Sekitar 50 meter ada pertigaan lagi, beloklah ke kanan dan ikuti jalan aspal tersebut sampai ketemu pertigaan selanjutnya, belok kiri ambil arah jalanan berbeton.

Dari pertigaan ini Anda sudah hampir sampai di tempat tujuan, cukup ikuti rambu petunjuk arah dan tidak lama lagi Anda akan sampai ke Pantai Banyu Tibo.

Kondisi jalan menuju Pantai Banyu Tibo memang cukup sulit. Medannya berupa jalanan beton yang sedikit berlumut sehingga agak licin dan Anda harus lebih berhati-hati saat melintasinya.

Pengemudi juga haruslah orang yang sudah berpengalaman karena lebar jalan yang sempit sehingga cukup sulit apabila Anda berpapasan dengan kendaraan lainnya.

Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Tibo

Pengunjung yang akan masuk ke kawasan wisata Pantai Banyu Tibo akan dikenai harga tiket masuk. Harga tiket masuk Pantai Banyu Tibo pada hari biasa sebesar Rp 3.000 untuk dewasa, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Sedangkan di hari libur atau akhir pekan, harga tiket masuk ke Pantai Banyu Tibo sedikit lebih mahal yaitu Rp 5.000 untuk dewasa, dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Sangat terjangkau bukan?

Terlebih lagi, di Pantai Banyu Tibo ini sudah tersedia sejumlah fasilitas yang akan menunjang kenyamanan pengunjung selama berwisata. Beberapa fasilitas yang tersedia antar lain Area Parkir, toilet, ruang ganti, warung makan, dan banyak lagi fasilitas lainnya.

Bagaimana, apakah Anda akan merencanakan perjalanan wisata ke Pantai Banyu Tibo? Happy travelling!