Pantai Bandegan  – Kabupaten Jepara memiliki sebuah tempat wisata yang terkenal dan paling diburu oleh wisatawan baik domestik maupun asing. Apa lagi kalau bukan Pulau Karimun Jawa.  Namun, ada satu lagi tempat wisata yang menjadi incaran wisatawan yang datang ke Jepara. Nama tempat nya adalah Pantai Bandengan.

Pantai ini tak kalah ramainya seperti Pulau Karimun Jawa. Bahkan menurut data dari pihak pengelola, total pengunjung pantai bandengan pada saat lebaran 2017 saja mencapai 30.000 orang. Angka yang sangat lah fantastis untuk momen lebaran yang hanya berlangsung 3 hari saja.


Alamat Pantai Bandengan

Pantai Bandengan merupakan sebuah pantai yang berada di kabupaten Jepara, tepatnya di Desa Bandengan, Kecamatan Jepara. Letaknya yang strategis hanya berjarak 7 km dari pusat kota jepara menjadikan pantai ini sangat mudah dikunjungi dari pusat kota. Infrastruktur jalan menuju pantai ini juga sangat mendukung untuk dilalui oleh berbagai macam moda transportasi.

pantai bandengan image by http://infokah.com

Sebelum bernama Pantai Bandengan, pada zaman dahulu pantai ini dikenal dengan nama Pantai Samudra. Namun, asal muasal nama Pantai Bandengan tidak langsung begitu saja. Ada cerita yang melatar belakangi lahirnya nama tersebut. Yakni masih berkaitan dengan sejarah Pulau Karimun Jawa, dimana Amir hasan yang diasingkan oleh ayahnya diperintah untuk mendalami ilmu yang dimiliki dan mengajarkannya kepada warga sekitar.

Seperginya beliau, ketika di tengah perjalanan pengajaran ilmu, beliau singgah di suatu pulau yang disitu terdapat banyak sekali ikan bandeng. Dari situ lah asal muasal nama Pantai Samudra berubah menjadi nama Pantai Bandengan.

Keindahan Pantai Bandengan

Mengunjungi Pantai Bandengan wisatawan akan disuguhkan oleh panorama keindahan pantai dengan hamparan pasir pantai yang putih dan lingkungan yang bersih. Air lautnya yang jernih dengan warna bias berwarna biru akan memberikan sensasi tersendiri bagi pengunjung ketika menginjakkan kaki yang terkena deburan ombaknya yang tenang.

Tentunya tidak hanya keindahannya saja yang dicari disini. selama di pantai ini pengunjung bisa melakukan berbagai aktivitas yang menyenangkan, seperti bermain air, bermain pasir maupun berkejar – kejaran dengan pasangan atau dengan anak.

Aktifitas Yang Bisa Dilakukan

Supaya kegiatan bersenang – senang semakin seru, disini pun wisatawan bisa melakukan aktivitas olahraga seperti berenang, voli pantai bahkan bersepeda mengelilingi pesisir Pantai Bandengan. Pastinya berfoto selfie ataupun wefie adalah hal yang banyak dilakukan oleh pengunjung untuk mengenang momen liburan dan tak lupa membagikannya ke sosial media.

Selain pemandangannya yang indah, pihak pengelola juga sengaja menyediakan berbagai wahana dengan tujuan menarik minat calon wisatawan agar semakin ramai dan betah menikmati waktu di Pantai Bandengan. Sebut saja ada wahana banana boat, jet ski, kano, wave house bahkan ada pula atv mini untuk mengelilingi pantai.  Semuanya lengkap disini.

Tak hanya sebagai tempat wisata, wisatawan juga dapat berwisata pada saat event – event yang diselenggarakan di pantai ini. Event tersebut berupa festival layang – layang dan perlombaan motor cross.

Tiket Masuk Pantai Bandengan

Pantai Bandengan mulai dibuka untuk pengunjung dari pukul 08.00 WIB dan tutup pada pukul 17.00 WIB. Pastikan jika ingin berwisata paling lambat datang lah pada siang hari karena biasanya menjelang matahari tenggelam air laut pantai bandengan mengalami pasang karena itu lah aktivitas di pantai ini dibatasi sampai menjelang matahari terbenam saja demi keselamatan pengunjung.

Untuk harga tiket masuknya dikenakan harga yang berbeda berdasarkan waktu – waktu tertentu. pada hari kerja dikenakan tarif Rp 2.000 untuk anak – anak dan Rp 5.000 untuk orang dewasa. Sedangkan pada hari libur dikenakan tarif Rp 3.000 untuk anak – anak dan Rp 7.000 untuk orang dewasa. Bahkan jika ada event yang diadakan di pantai ini, tarif masuk untuk anak – anak dikenakan biaya Rp 7.000 dan Rp 10.000 untuk orang dewasa. Tentunya harga ini masih terbilang sangat lah murah jika dibandingkan dengan pengalaman menyenangkan yang didapatkan ketika menikmati waktu di Pantai Bandengan.

Ingin yang lebih seru lagi ? wisatawan dapat mencoba keseruan bermain wahana yang ada disediakan oleh pengelola pantai. Namun sebelum itu, ada harga yang perlu diketahui agar bisa menyiapkan budget yang cukup sebelum mencoba wahananya. Untuk mendayung kano dikenakan tarif Rp 10.000 – 20.000 selama 2 jam. Mengelilingi pulau dengan atv mini dikenakan tarif Rp 20.000 selama 30 menit. Bermain banana boat dikenakan tarif 30.000/orang. Dan mengendarai jet ski dikenakan tarif Rp 120.000 selama 15 menit. Tentu harga tersebut masih termasuk harga yang wajar dan pas di kantong wisatawan.

Makanan Kuliner

Puas bermain – main di pantai, wisatawan bisa mencoba kuliner di Pantai Bandengan. Warung makan yang ada di pantai bandengan menyediakan banyak menu seafood seperti udang, kepiting, ikan laut, cumi – cumi dan kerang. Pastinya menu andalan yang wajib dicoba di pantai ini adalah “Pindang Serani” yang merupakan makanan khas dari Jepara. Rasanya berkuliner di Pantai Bandengan tidak akan lengkap jika belum mencoba makanan khas jepara tersebut.

Fasilitas Pantai Bandengan

Karena ramainya pengunjung pantai bandengan, pihak pengelola juga telah menyediakan fasilitas lengkap seperti gazebo, kamar mandi bilas, taman main untuk anak – anak, tempat ibadah, area parkir yang luas, toko souvenir dan juga dekat dari pantai ini tersedia penginapan bagi wisatawan yang ingin menginap di dekat pantai bandengan. sudah lengkap, bukan.

Jadi tunggu apalagi ? Selamat berlibur ke Pantai Bandengan!