Pantai Balekambang  – menyajikan keindahan yang tak tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Jawa Timur. Pantai yang menjadi salah satu tujuan wisata favorit di Malang ini sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata melepas penat dan mengatasi stres.

Keindahan dan keunikan Pantai Balekambang membuatnya kerap dijuluki oleh banyak orang dengan sebutan miniatur Tanah Lot yang ada di Bali.

Misteri Pantai Balekambang Malang

Cantiknya lautan yang berwarna biru, deburan ombak, dan panorama khas pantai akan menyambut Anda ketika tiba di Pantai Balekambang. Suasananya sangat tenang, serta kondisi pantainya bersih dan nyaman.

Tampak tiga buah pulau ketika Anda memandang ke lautan lepas, inilah yang menjadi ciri khas dari Pantai Balekambang. Pulau-pulau tersebut diberi nama seperti tokoh pewayangan seperti Pulau Wisanggeni, Anoman, dan pulau Ismoyo. Masing-masing pulau tersebut dihubungkan dengan jembatan.

pantai balekambang image by https://www.kaskus.co.id

Pantai Balekambang berada di pesisir selatan Jawa di mana banyak mitos dan misteri yang berkembang di sekitar kawasan ini. Salah satunya adalah mitos bila ada pasangan muda-mudi yang belum menikah datang ke tempat ini, maka hubungannya akan cepat berakhir atau berpisah.

Mitos Pantai Balekambang lainnya ialah air yang ada di sekitar tempat ini dipercaya dapat membuat awet muda. Boleh percaya boleh tidak, karena kami hanya menyampaikan mitos-mitos yang ada di Pantai Balekambang.

Sejarah Pantai Balekambang telah dikenal warga sejak tahun 1978. Pada waktu itu mulailah dibuka akses jalan oleh perangkat Desa Srigonco agar orang dari luar desa dapat menuju Balekambang dengan lebih mudah.

Berselang lima tahun, Bupati Malang yang kala itu dijabat oleh Bapak Eddy Slamet meresmikan wisata Pantai Balekambang, dan sejak itulah keindahan pantai ini mulai dikenal oleh wisatawan dari luar kota.

pantai balekmbang image by https://www.kaskus.co.id

Pantai ini cepat populer karena menawarkan keindahan yang menarik bagi wisatawan. Oleh karena itu, objek wisata Pantai Balekambang kian berkembang dan menjadi salah satu wisata pantai andalan yang ada di Kabupaten Malang.

Lokasi Pantai Balekambang

Lokasi Pantai Balekambang berada di Sumber Jambe, Ds Srigonco, Kec Bantur, Kab Malang, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 60 kilometer ke arah selatan dari kota Malang.

Rute ke Pantai Balekambang

Wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak akan kesulitan dalam menemukan rute paling mudah ke Pantai Balekambang. Sebab, tempat wisata ini merupakan andalan di Kabupaten Malang sehingga telah didukung dengan banyak papan petunjuk arah yang memadai.

Nah, bagi para backpacker yang ingin berwisata ke Pantai Balekambang bisa menggunakan transportasi umum dari Terminal Arjosari, Malang. Naik angkutan kota jurusan Terminal Gadang, kemudian naik lagi angkutan jurusan Bantur.

Setibanya di Kecamatan Bantur, Anda bisa menggunakan jasa ojeg sepeda motor, karena di daerah ini belum ada angkutan pedesaan yang langsung menuju ke Pantai Balekambang.

Tapi bila Anda datang bersama rombongan, bisa menyewa mobil sehingga dapat menghemat ongkos perjalanan menjadi lebih murah.

Peta Menuju Pantai Balekambang

Pantai Balekambang berjarak sekitar 59 kilometer dari kota Malang dengan perkiraan waktu tempuh kurang lebih 2 jam bila menggunakan kendaraan pribadi. Titik koordinat Pantai Balekambang di peta adalah -8.403182,112.538520.

Kondisi Jalan ke Pantai Balekambang

Jalur aspal yang mulus membuat akses menuju Pantai Balekambang cukup memadai. Namun, pengemudi tetap harus waspada karena banyak tanjakan terjal dan tikungan tajam di jalan tersebut.

Berkendaralah dengan santai sembari menikmati segarnya udara dan rimbunnya pepohonan yang akan Anda temui di sepanjang perjalanan.

Saat memasuki Bantur, Anda akan melintasi berbagai macam hutan selama perjalanan menuju ke Pantai Balekambang, mulai dari hutan tropis hingga hutan jati. Sejumlah ruas jalan kondisinya agak sempit dengan tanjakan terjal dan tikungan tajam.

Sepanjang perjalanan banyak terdapat papan petunjuk arah menuju ke Pantai Balekambang sehingga Anda tidak perlu khawatir tersesat.

Tiket Masuk ke Pantai Balekambang

Bagi wisatawan yang ingin menikmati berwisata di Pantai Balekambang, tentunya ada tiket masuk seharga Rp 6 ribu per orang yang harus dibayarkan. Harga tiket ini cukup terjangkau mengingat banyaknya pesona keindahan yang ditawarkan di Pantai Balekambang.

Nah, itulah berbagai informasi yang semoga dapat membantu Anda selama dalam perjalanan wisata ke Pantai Balekambang. Selamat berwisata!