Objek Wisata Tiu Sekeper, Wisata Air Terjun Tertinggi Di Lombok  – Kali ini kita akan coba jalan – jalan di Lombok Utara. Lombok Utara ini merupakan bagian dari Lombok yang berupa kabupaten termuda yang ada di Pulau Lombok. Kalau kita sebelumnya kenal dengan Lombok Barat, Lombok Tengah dan Lombok Timur bersama destinasi wisata pantai dan gilinya, kalau untuk Lombok Utara punya potensi wisata berupa air terjun.
Ada banyak objek wisata Air Terjun yang akan dapat Anda saksikan dengan pesona indahnya di Pulau Lombok. Dan salah satunya adalah wisata Air terjun Tiu Sekeper yang lokasinya berada di Desa Santong.
Disini sebenarnya ada sekitar empat air terjun, hanya saja yang paling terkenal dibandingkan lainnya adalah wisata Air Terjun Tiu Sekeper karena wisata air terjun yang satu ini punya debit air yang sangat besar bahkan menjadi salah satu wisata air terjun tertinggi yang ada di Lombok. Terbayang bukan seperti apa sensasi seru kalau berwisata kesini?
Pesona Objek Wisata Tiu Sekeper
Kalau Anda belum pernah datang berwisata di wisata Air Terjun Sekeper ini mungkin ketika pertama kali Anda menginjakkan kaki di Tiu Sekeper akan sangat takjub dengan pesona keindahannya. Objek wisata Air Terjun Tiu Sekeper ini merupakan salah satu air terjun tertinggi yang ada di Lombok dan salah satu air terjun tertinggi juga yang ada di Indonesia.
Nama Sekeper untuk wisata air terjun ini diambil dari nama bukit tempat air terjun ini meluncur yaitu Bukit Sekeper. Sementara arti dari Tiu (bahasa sasak) dalam bahasa Indonesia adalah kolam atau bendungan. Jadi intinya ini adalah kolam bukit Sekeper. Air Terjun Tiu Sekeper ini juga sebuah lokasi air terjun didalam hutan yang masih sangat alami. Bahkan bisa dikatakan air terjun ini merupakan sebuah air terjun tersembunyi yang ada di Lombok.
Akses Menuju Lokasi Wisata Tiu Sekeper
Mengenai lokasi wisata Air Terjun Tiu Sekeper ini dari arah kota Mataram nantinya Anda hanya butuh waktu kurang lebih sekitar 1 sampai dengan 2 jam perjalanan saja untuk bisa sampai di Desa Santong. Untuk Anda yang membawa kendaraan roda empat dapat diparkir kendaraan Anda tersebut di gerbang depan pintu masuk air terjun. Sementara untuk roda dua bisa dibawa masuk sampai dengan kawasan parkir Air Terjun Tiu Teja. Jadi untuk Anda yang bawa kendaraan roda empat, dari depan pintu gerbang kawasan wisata butuh menempuh sekitar 1 km lagi dengan jalan kaki.
Sepanjang jalan menuju wisata Air Terjun Tiu Sekeper nantinya Anda akan temukan areal kebun warga mulai dari kebun kopi, kakao dan masih banyak lagi. Kemudian Anda harus berjalan lagi dan menuju pos 2 yang bisa dikenakan untuk camping. Kemudian Anda harus turun menuju Air Terjun Tiu Sekeper dengan kondisi jalan yang licin dan curam. Pohon – pohon tua seperti raksasa, akar akar bergelantungan dan juga suara – suara burung seolah menjadi teman perjalanan kita untuk dapat sampai di bawah tepatnya di kawasan Air Terjun Tiu Sekeper. Disana nantinya Anda bisa bersantai, basah – basahan, mandi dan berenang. Dijamin seru 
Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Objek Wisata Tiu Sekeper. Semoga menjadi informasi yang menginspirasi Anda. Dan selamat liburan seru di wisata Air Terjun Tiu Sekeper.