Objek Wisata Pantai Siung Jogja, Pesona Pantai yang Tidak Boleh Dilewatkan – Sebagai salah satu kota yang akaya akan wisata budaya, ternyata Jogja juga mempunyai banyak sekali pantai tersembunyi yang sangat indah dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Selain dengan pantai parangtritis yang memang sudah terkenal, di daerah Gunungkidul ini ternyata juga banyak pantai menarik lainnya yang juga mempunyai panorama unik, yang salah satunya adalah pantai siung. Pantai siung ini ada di kecamatan Tepus tepatnya di dusun Wates desa Purwodadi kecamatan Tepus Jogja, atau sekitar 77 kilometer dari pusat kota Jogja.
Ini keistimewaan objek wisata pantai siung
Salah satu pemandangan di objek wisata pantai yang menonjol adalah batu-batu karang yang berukuran raksasa yang telah terbentang dari timur ke barat. Adanya batu karang inilah ternyata mempunyai peranan cukup penting sebagai asal muasalnya penamaan pantai tersebut. Selain itu, bebatuan karang yang berukuran raksasa ini letaknya agak menjorok ke laut, apabila dilihat dari kejauhan bentuknya jadi seperti gigi kera atau pun siung wanara. Hal ini yang telah diutarakan oleh seorang sesepuh yang telah mendami tempat tersebut, yang bernama Wastoyo, yang pada akhirnya pantai ini disebut dengan pantai siung.
Di tahun 1989, batu karang yang berukuran raksasa yang ada di pantai siung ini mempunyai peranan yang cukup penting bagi para pendaki. Di tahun tersebut ada komunitas pecinta alam asal Jepang yang memanfaatkan karang tersebut sebagai tempat panjat tebing. Sekarang ini pemerintahan Jogja telah mencoba untuk mengembangkan potensi objek wisata di pantai siung. Dan di tahun 2005 lalu, pemerintah Jogja telah meresmikan kawasan pantai siung ini sebagai tempat khusus panjat tebing. Serta di tahun yang sama, pantai ini jadi tempat Asean Climbing Gathering yang telah diikuti skeitar 250 partisipan dari 65 negara di Asia dan Eropa.
Demikian tadi yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya tentang objek wisata pantai siung Jogja, semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.