Objek Wisata Pantai Parangtritis yang Wajib Dikunjungi – Wisata pantai parang tritis ini terletak pada selatan kota Yogyakarta tepatnya ada di sebuah kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul Yogyakarta. Wisata ini mempunyai jarak sekitar 27 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk akses jalan menuju tempat wisata pantai ini sangatlah mudah, karena transportasi menuju ke pantai tersebut memang sudah banyak dan biasaya akan beroperasi hingga pukul 17.00 WIB. Untuk anda yang ingin mengunjungi pantai parangtritis ini sebaiknya pada sore hari. Karena waktu itulah yang sangat cocok untuk menikmati keindahan pantai parangtritis dan juga menikmati terbenamnya matahari. Pemandangan sunset yang cukup memikat dan panorama bibir pantai yang sangat menakjubkan menjadikan tempat wisata ini sangat disayang sekali untuk tidak di minati.
Asal usul nama objek wisata pantai parangtritis
Nama parangtritis ini sendiri memiliki sebuah cerita yang bermula pada jaman kerajaan majapahit. Konon di jaman tersebut ada seorang pangeran tampan yang melarikan diri dari kerajaan dan datang ke tempat ini berniat untuk bersemedi. Nama dari pangeran tersebut adalah Dipokusumo. Setelah dia melakukan semedi dia melihat tetesan air yang asal mulanya dari cela-cela karang. Dan dikarena kejadian tersebut maka dia menamai kawasan tersebut dengan nama parangtritis. Rute perjalanan menuju pantai parangtritis ini tidaklah begitu susah. Apabila anda menggunakan transportasi darat anda dapat transit di terminal Giwangan Yogyakarta, lalu dilanjutkan dengan naik transportasi umum menuju ke pantai parangtritis. Jika anda menggunakan transportasi udara, anda bisa transit terlebih dahulu di Bandara Internasional Adisucipto-Yogyakarta. Dan dari sini perjalanan anda akan dilanjutkan ke terminal Giwangan dan kemudian menuju ke pantai parangtritis.
Kegiatan menarik yang biasanya dilakukan di pantai parangtritis
Menikmati keindahan pantai memang sangatlah mengasyikkan, terlebih jika anda bisa menikmati suasana pantai dari atas tebing. Di pantai parangtritis ini juga tersedia fasilitas seperti ATV, delman dan juga kereta kuda yang bisa anda sewa. Selain fasilitas di atas yang bisa anda nikmati di parangtritis, anda juga bisa mencoba menikmati suasana pantai dengan menggunakan Airomodelingyang juga anda bisa sewa di sana. Dengan adanya fasilitas seperti ini akan membuat anda semakin puas menikmati tempat wisata parangtritis ini. keindahan sunset juga bisa anda nikmati di lokasi wisata ini, yang banyak di nanti-nanti oleh wisatawan yang datang ke parangtritis. Untuk anda yang belum puas menikmati keindahan pantai parangtritis pada sore hari, anda juga bisa meneruskan menikmati keindahan pantai ini sampai malam hari dengan menikmati jagung bakar yang banyak dijajakan pada saat malam hari.
Demikianlah tadi sekilas informasi tentang objek wisata pantai parangtritis semoga bisa menginspirasi liburan Anda semuanya.