Objek Wisata Pantai Parangtritis Jogja – Indah dan juga magis merupakan dua kata yang sangat cocok sekali untuk menggambarkan objek wisata pantai parangtritis yang ada di pesisir pulau Jawa ini. Selain populer karena keindahan alamnya, ternyata pantai ini juga menjadi salah satu tempat wisata andalan kota Jogja yang juga dikenal karena aroma spiritualnya yang cukup kental. Selain hal itu, objek wisata pantai parangtritis ini juga sangat cocok dikunjungi bersama dengan pasangan kekasih, atau pun keluarga. Daburan ombak yang menyapu hamparan pasir hitam yang disertai dengan hembusan angin khas pantai, semakin membuat Anda betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan ini. Selain hal itu, pemandangan matahari terbenamnya juga tak kalah indahnya dengan objek wisata pantai kuta yang ada di pulau dewata Bali.
Hal menarik dari objek wisata pantai parangtritis
Satu lagi yang paling menarik dari objek wisata pantai parangtritis Jogja ini adalah adanya gumuk atau pun gundukan pasir di sekitar pantai. Gumuk pasir ini disebut sebagai satu-satunya gurun pasir yang ada di Asia Tenggara. Jika Anda ada di tempat ini, maka Anda akan dapat merasakan sedang ada di Afrika, sebab luasan lautan pasir dan juga udaranya lebih panas beberapa derajat bila dibandingkan di daerah sekitarnya. Selain hal itu, objek wisata pantai parangtritis ini juga disebut sebagai salah satu lambang kekuatan trimutri Jogja, bersama gunung merapi dan juga keraton kesultanana Jogja. Yang mana pantai parangtritis ini memiliki eleman air, gunung merapinya memiliki elemen api, dan juga keraton kesultanan berperan sebagai penyeimbang keduanya. Apabila ditarik garis lurus, ketiganya berjajar disatu garis yang sama, mulai dari utara ke selatan. Jadi, tidak heran apabila pantai ini mempunyai peranan yang cukup penting bagi Jogja. Belum lagi adanya kepercayaan yang telah menyebutkan bahasannya pantai parangtritis tersebut adalah pintu gerbang istana kerajaan laut selatan yang telah dipimpin oleh Kanjeng Ratu Kidul.
Demikianlah tadi sekilas informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda semuanya tentang objek wisata pantai parangtritis Jogja semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi.