Objek Wisata Lembah Sembalun, Wisata Desa Tertua Di Kaki Gunung Rinjani  – Anda mungkin sudah pernah berkunjung menuju wisata Gunung Rinjani sebelumnya? Objek wisata Gunung Rinjani memang salah satu wisata Gunung paling diidamkan oleh para pendaki di Lombok karena gunung ini merupakan salah satu wisata Gunung tertinggi yang ada di Pulau Lombok.
Disini aneka ragam flora dan fauna akan Anda temukan. Selain itu wisata Gunung Rinjani juga punya sebuah desa wisata di kaki gunungnya. Desa wisata ini punya kontur alam yang sangat khas dengan ciri udara yang sangat sejuk dan memukau. Desa wisata di kaki Gunung Rinjani ini merupakan desa wisata tertua dan terletak sekitar 1156 meter diatas permukaan laut yang punya luas wilayah sekitar 217,08 km2. Disini terdiri dari 6 desa yang akan Anda temukan sebagai pelengkap dan teman wisata Anda diantaranya wisata Desa Sembalun Bumbung, Desa Sembalun Lawang, Desa Sajang, Desa Bilok Petung, Desa Sembalun, dan Desa Sembalun Timba Gading. Keindahan alam yang akan menyejukkan mata Anda akan Anda temukan di wisata Lembah Sembalun. Biasanya orang – orang yang ke daerah ini tetapi tidak ingin muncak, salah satunya pergi ke Lembah Sembalun.
Lokasi Wisata Lembah Sembalun Lombok
Objek wisata Lembah Sembalun letaknya kurang lebih sekitar 110 km dari kota Mataram sebagai ibukota provinsi Nusa Tenggara Barat. Anda nantinya akan butuh waktu kurang lebih sekitar tiga jam perjalanan dengan Anda lewati jalanan yang berkelok dan kemudian dipenuhi oleh jurang. Sepanjang jalan yang Anda lewati akan dihiasi dengan hutan lindung yang juga turut menjadi kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.
Mengenai traveling ke Desa Sembalun dengan motor juga turut menjadi pilihan seru bagi wisatawan yang memang mahir berkendara motor. Berkendara sambil menatap indahnya pegunungan yang penuh ilalang kemudian dipayungi bersama puncak gunung api tertinggi kedua di Indonesia tentu akan menjadikan sebuah pengalaman yang berbeda dan tak terlupakan untuk Anda.
Setelah Anda sampai di Pusuk Sembalun, Anda dapat istirahat sejenak dan menikmati udara segar pegunungan. Kemudian Anda dapat berdiri pada posisi yang tepat sembari menyaksikan petak – petak sawah penduduk Desa Sembalun yang tertata rapi serupa dengan permadani yang digelar.
Sepanjang jalan Anda akan bisa menuruni jalan berkelok yang dipenuhi jurang dan baru Anda akan bisa sampai di desa paling sejuk yang ada di Lombok yaitu Desa Sembalun dan sensasi yang berbeda akan Anda dapatkan ketika berkunjung kemari.

Aktivitas Wisata Di Lembah Sembalun
Anda salah satu wisatawan yang suka banget dengan aktivitas pendakian? Kalau begitu Anda dapat coba melakukan soft trekking yang bisa Anda coba lakukan di sekitar Desa Sembalun. Disana soft trekking dapat Anda lakukan di beberapa bukit dan kemudian Anda akan bisa menikmati keindahannya. Anda dapat soft trekking di bukit Lombok seperti halnya Bukit Nanggi, Bukit Pergasingan dan juga bukit Anak Dara.
Untuk Bukit Pergasingan akan Anda temukan ketinggian sekitar 1700 mdpl. Bukit Pergasingan ini juga turut menjadi sebuah spot terbaik untuk menikmati sunrise dan sunset di Pulau Lombok. Dari atas bukit ini akan Anda bisa menatap keindahan Gunung Rinjani yang seperti berada di depan kita. Sementara di Bukit Nanggi ketinggiannya mencapai 2300 mdpl dan akan sangat menantang dibandingkan kalau Anda trekking di Bukit Pergasingan atau Anak Dara.
Demikian sedikit informasi yang kami dapat berikan untuk Anda tentang Objek Wisata Lembah Sembalun. Selamat berlibur hanya di Lombok.