Objek Wisata Gunung Penanggungan, Sih Mungil yang Cantik di Jawa Timur – Apabila di Jawa Tengah sendiri ada sebuah gunung andong, maka di Jawa Timur ada gunung penanggungan. Sama-sama mempunyai tinggi yang tidak sampai 2.000 mdpl, kedua gunung tersebut memang sangat pas sekali bagi para pendaki pemula. Objek wisata gunung penanggungan hanya memiliki ketinggian sekitar 1.663 mdpl, yang berada diantara 2 kabupaten di Jawa Timur, yakni Pasuruan dan Mojokerto. Walaupun tidak tinggi, gunung ini tetap mampu menghadirkan sensasi pendakian yang bisa memicu adrenalin. Bahkan pemandangan alam yang dimilikinya pun sangatlah cantik.
Ada banyak sekali yang menyebut gunung penanggungan ini sebagai salah satu miniatur dari objek wisata gunung semeru, sebutan ini mampu merujuk kepada kondisi puncak yang mirip sekali dengan puncak mahameru. Jika dilihat secara historis, gunung penanggungan ini memang mempunyai kertkaitan dengan objek wisata gunung tertinggi yang ada di Pulau Jawa tersebut. Gunung penanggungan ini adalah salah satu gunung yang mempunyai nilai terpenting bagi umat Hindu yang ada di Jawa. Di bagian lereng-lereng gunungnya terdapat situs-situs percandian yang telah menguatkan status gunung penanggungan sebagai salah satu gunung suci bagi umat beragama Hindu.
Objek wisata gunung penanggungan ideal bagi pendaki pemula
Walaupun tidak ada aturan tertulis yang harus digunakan oleh para pendaki di gunung penanggungan, lazimnya para pendaki pemula yang akan mengawali hobi naik gunungnya dengan mendaki gunung yang tingkatan kesulitannya cocok sekali untuk entry lecel. Gunung-gunung yang mempunyai ketinggian tidak sampai 2.000 mdpl ini memang sangat cocok sekali bagi para pendaki pemula yang ingin melakukan pendakian di gunung.
Selian hal tersebut, objek wisata gunung penanggungan ini memang sangat cocok sekali untuk masuk ke dalam kriteria gunung yang ramah bagi para pendaki pemula. Hal yang demikian ini dapat Anda lihat dari tingginya yang tidak mencapai 2.000 mdpl. Berbeda lagi dengan gunung kelud yang ada di Kediri, untuk bisa menikmati indahnya di puncak gunung penanggungan Anda harus melakukan trekking seperti halnya gunung-gunung yang mempunyai tinggi lebih dari 3.000 mdpl. Gunung penanggungan ini memang sangat cocok sekali bagi mereka yang ingin menyesuaikan diri dengan track pendakian. Untuk pendaki yang sudah berpengalaman dan rindu dengan suasana di gunung, maka mendaki ke gunung penanggungan adalah pilihan menarik untuk melepaskan kerinduan.
Demikianlah tadi sekilas informasi tentang objek wisata gunung penanggungan Jawa Timur. Semoga saja bisa bermanfaat dan menginspirasi liburan Anda.