Objek Wisata Gunung Ijen dan Blue Fire Banyuwangi – Para pecinta gunung pastinya sudah tahu salah satu fenomena, bahkan keajaiban alam yang sering terjadi di Indonesia, salah satunya adalah objek wisata gunung ijen dan blue fire. Berwisata ke gunung ijen atau yang biasanya disebut dengan kawah ijen ini memang selalu menjadi tempat favorit dan paling indah, jadi Anda tidak akan pernah menyesal jika datang ke tempat wisata ini.

Gunung Ijen image via https://www.instagram.com/explorebromoijen/

Gunung ijen merupakan sebuah gunung api yang hingga kini masih aktif, gunung ini berada di daerah kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Gunung ijen sudah 4 kali meleutus, dan kawah yang ada di gunung ijen tersebut adalah sebuah danau terasam di dunia, yang berada pada ketinggian 2.387 mdpl. Dengan kedalaman 200 m dan kawah yang membentuk elips dengan ukuran sekitar 965 x 630 m ini mengandung kurang lebih 35 juta meter kubik air asam.

Akses menuju objek wisata gunung ijen

Bagi Anda yang ingin berwisata ke gunung ijen, Anda bisa memilih 2 jalur alternatifnya, yakni dari utara dan selaran. Jalur utara dapat dilalui dari Situbondo ke Sempol atau Bondowoso dan berakhir di Paltuding, yang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 2.5 jam. Sedangkan dari arah selatan dapat dilalui dari Banyuwangi yang menuju ke Licin dengan jarak 35 km. Panjang pendakian sekitar 3 km yang bisa ditempuh selama 1.5 jam, dengan kemiringan mencapai 25 hingga 35 derajat.

Jalur pendakian menuju ke gunung ijen ini memang cukup menanjak dan juga berpasir, sehingga para pendaki harus lebih berhati-hati saat menuju ke kawah ijennya. Walaupun demikian, jalannya sendiri terbilang sangatlah baik, sebab jalan sudah dibenahi oleh pemerintah setempat. Lalu untuk masakan akomodasi, Anda tidak perlu direpotkan untuk membawa perbekalan, sebab di Paltuding sendiri sudah ada banyak sekali warung-warung yang menjual segala kebutuhan para wisatawan.

Gunung ijen image via https://www.instagram.com/tedirachman/

Kawah yang ada di objek wisata gunung ijen ini diselimuti dengan asap belerang dan di dalam kawahnya tersebut mempunyai keindahan yang sangat luar biasa indah, yakni danau belerang yang berwarna tosca dan api biru atau yang sering dikenal dengan blue fire. Jika Anda mendaki ke kawah ijen atau gunung ijen, jangan lupa mampi di tempat blue fire ini, sebab merupakan fenomena alam yang sangat indah banget.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang objek wisata gunung ijen dan blue fire Banyuwangi. Semoga bisa bermanfaat.