Objek Wisata Gunung Dieng dengan Golden Sunrise Pada Puncak Sikunir – Objek wisata gunung dieng adalah salah satu gugusan vulkanik yang paling aktif, yang berada di sebelah barat objek wisata gunung sumbing dan objek wisata gunung sindoro. Gunung dieng ini adalah kawasan dataran tinggi yang ada di Jawa bagian tengah, yang mana meliputi kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara, ketinggian gunung dieng ini adalah 2.000 mdpl.

Puncak sikunir image via http://www.abaditour.com/

Desa tertinggi di objek wisata gunung dieng

Kawasan objek wisata gunung dieng ini adalah daerah dengan ketinggian sekitar 2.000 mdpl dengan suhu di saat siang hari berkisar 12 hingga 20 derajat celcius dan malam hari sekitar 6 hingga 10 derajat celcius, bahkan di saat puncak musim kemarau suhu di tempat wisata ini saat pagi harinya bisa mencapai 0 derajat celcius. Di kawasan destinasi wisata gunung dieng ada sebuah desa tertinggi yang bernama desa Sumbungan. Yang mana desa ini tak hanya menjadi desa tertinggi di kawasan wisata gunung dieng, akan tetapi juga menjadi desa tertinggi di Pulau Jawa, sekitar 2.306 mdpl lebih tinggi dari puncak objek wisata gunung ungaran. Di desa inilah terdapat sebuah bukti yang menjadi salah satu tempat untuk menyaksikan sunrise terbaik di Indonesia, bukti tersebut sering disebut sebagai puncak sikunir.


Selain hal tersebut, gunung dieng juga menjadi daerah yang terkenal dengan cuaca dnginnya, hal yang demikian ini karena letaknya ada pada daerah dataran tinggi. Gunung dieng juga merupakan salah satu tempat yang harus Anda kunjungi di Pulau Jawa, sebab gunung dieng menyimpan banyak sekali keindahan, beberapa tempat wisata yang berada di kawasan wisata gunung dieng diantaranya, candi arjuna, candi bima dan lain-lain, puncak sikunir sebab di sinilah menjadi salah satu lokasi spot terbaik untuk menyaksikan sunrise. apabila Anda beruntung maka Anda dapat menyaksikan gugusan gunung yang berada di Jawa Tengah seperti gunung sumbing, gunung sindoro, dan lain-lain.

Puncak sikunir image via https://www.instagram.com/tukang_jalan/

Tak hanya itu saja, di kawasan wisata gunung dieng ini Anda juga dapat menemukan telaga warna, yang mana telaga warna ini pastinya akan semakin mempesona jika disaksikan dari bukit yang ada di sekililingnya, atau pun dari batu pandang yang berada di salah satu bukit.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang objek wisata gunung dieng dengan golden sunrise pada puncak sikunir. Semoga bermanfaat.