Objek Wisata Edukasi Taman Nasional Bantimurung – Taman Nasional Bantimurung terletak di Sulawesi Selatan. Jika Anda ingin berkunjung ke wisata Taman Nasional Bantimurung, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi, baik itu motor atau mobil. Anda juga bisa menggunakan jasa angkutan umum. Jika dari arah Makassar, tempat wisata Taman Nasional Bantimurung dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 – 2 jam. Dengan harga tiket masuk ke Taman Nasional Bantimurung Rp20.000 per orang, sudah termasuk tiket ke pemandian, gua-gua wisata serta bebas memakai fasilitas yang ada di dalam.

Di Taman Nasional Bantimurung Anda bisa melihat kupu-kupu yang bebas beterbangan. Taman nasional ini bisa jadi surga buat Anda yang gemas dengan binatang kupu-kupu. Jadi tidak heran kalau Taman Nasional Bantimurung cocok dijadikan tempat wisata edukasi untuk anak-anak.

Taman Nasional Bantimurung image via Smeaker.com

Koleksi Taman Nasional Bantimurung

Luas lahan Taman Nasional Bantimurung sekitar 43.750 hektar dan dijadikan rumah bagi berbagai macam spesies kupu yang cantik. Tempat wisata ini juga sangat unik. Bagaimana tidak? Di satu tempat Anda bisa menemukan gua dengan stalagmit dan stalatit yang menawan, serta kawasan karst yang sangat cocok sekali sebagai tempat berkembangbiak kupu-kupu.

Taman Nasional Bantimurung memiliki cukup banyak kolesi, yaitu ada 100-an lebih spesies dengan 20 jenis kupu-kupu yang dilindungi oleh pemerintah karena tergolong dalam kategori langka, seperti Cethosia Myrana, Papilo Adamantius, Troides Haliphron Boisduval, Troides Hypolitus Cramer, dan Troides Helena Linne yang diketahui hanya ada di Sulawesi Selatan.

Bakerena memiliki banyak spesies kupu-kupu yang ada di Taman Nasional Bantimurung, Alfred Russel Wallace membuat julukan Taman Nasional Bantimurung sebagai “The kingdom of butterfly” atau kerajaan kupu-kupu. Keberadaan air terjun dan vegetasi tropis yang terdapat pada Taman Nasional Bantimurung membuat spesies kupu-kupu mendapat pasokan makanan yang cukup sehingga laju perkembangbiakannya tergolong subur dan cepat.

Taman Nasional Bantimurung image via http://www.lihat.co.id

Bukan hanya tempat perkembangbiakan kupu-kupu saja, tetapi taman nasional ini juga memiliki museum tempat mengawetkan kupu-kupu yang dapat memberikan informasi lengkap kepada Anda tentang binatang bersayap dalam bentuk spesimen yang diawetkan.

Suasana di kawasan Taman Nasional Bantimurung sangat bersahabat sekali, karena udaranya sejuk. Jika Anda datang rame-rame, pasti tambah mengasyikan. Jangan lupa untuk membeli souvenir kupu-kupu yang diawetkan di gerbang pintu masuk. Buah tangan itu bisa jadikan bukti kalau Anda pernah menjejakan kaki di Taman Nasional Bantimurung.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata taman nasional bantimurung, semoga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda di akhir pekan.