Objek Wisata Bukit Lawang Lengkap Dengan Fauna Orang Utan – Bukit Lawang adalah salah satu objek wisata alam yang diakui sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO. letaknya berada di sebelah timur Taman Nasional Gunung Leuser merupakan satu-satunya tempat penangkaran orang utan di Sumatera. Bukit Lawang merupakan tempat terakhir dari beberapa lokasi penangkaran orang utan Sumatra yang ada didunia. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Bukit Lawang untuk melihat langsung penangkaran Orang Utan Sumatra hidup di alam liar, bersama spesies lain yang terdapat dalam hutan dengan luas 2 juta hektar ini.

Bukit Lawang image via https://photos.adventureinyou.com

Apa daya tarik Bukit Lawang

Bukit ini merupakan salah satu tempat trekking hutan yang keren karena terdapat berbagai macam flora dan fauna. Dibukit ini terdapat habitat asli orang utan Sumatra. Disana Anda bisa mempelajari langsung perilaku dan cara hidup orang utan, tempat terbaik untuk Anda mengambil foto orang utan yang sedang bergelantungan dan makan pisang. Bagi wisatawan disarankan tidak memberi makanan pada orang utan, karena dapat mengakibatkan orang utan sakit, bahkan bisa juga mati. Terlalu dekat dengan orang utan juga dilarang, karena bisa meningkatkan tertular penyakit atau virus pada mereka. Karena hal ini dapat berakibat menurunnya kesempatan orang utan untuk hidup di alam liar.


Untuk sampai ke objek wisata Bukit Lawang Anda bisa naik pesawat menuju Medan, kemudian Anda bisa menyewa mobil L300 atau naik taxi untuk sampai kelokasi. Jika Anda tidak ingin mengeluarkan banyak biaya lebih baik menggunakan transportasi umum ala backpacker karena lebih murah. Cara yang paling mudah untuk sampai ke bukit lawang, yaitu dari terminal terpadu Pinang Baris di kota Medan naik dengan bus tujuan Medan – Bahorok (Bukit Lawang). Jika Anda mempunyai kenalan yang tinggal di Medan dan sekitarnya, Anda dapat menggunakan sepeda motor.

pemandangan Bukit Lawang image via http://tekooo.com/

Jika Anda menggunakan jasa pemandu trekking maka akan dikenakan tarif Rp 120.000+20.000 perorang, setiap grup trekking minimal berjumlah 6 orang. Jika Anda sendirian, bisa ikut rombongan polisi hutan yang akan melakukan trekking pada jam 9 pagi dan 2 Siang.

Demikianlah tadi beberapa ulasan menarik yang bisa kami informasikan kepada Anda tentang objek wisata bukit lawang, semoga bisa menjadi inspirasi terbaik untuk wisata Anda di akhir pekan.