Nikmatnya Berwisata Kuliner di Banjarmasin – Bisa mencicipi citra rasa Indonesia wisata kuliner yang ada di daerah Banjarmasin adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan. Yang mana salah satu kota kebanggaan Kalimantan Selatan ini ternyata memiliki banyak sekali pesona alam dan budayanya.


Selain hal tersebut, ketika Anda berkunjung ke Banjarmasin, jangan lupakan juga kekayaan citra rasa yang dimiliki kota ini, yang mana sebagian ciri khas kulinernya yang menggunakan ikan sebagai bahan bakunya.

Penasaran apa sajakah wisata kuliner di Banjarmasin yang neak itu? Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Tempat wisata kuliner di Banjarmasin

Soto bang Amat

Ini adalah salah satu sajian kuliner khas daerah Banjarmasin yang cukup terkenal, letaknya ada d sebuah Banua Anyar, tepatnya di bawah jembatan. Soto banjar di sini umumnya disajikan dengan cita rasa yang sangat gurih dan kuahnya yang lebih kental. Untuk porsinya, soto di sini termasuk banyak dan pasti saja rasanya sangat sedap.

sumber : https://dherdian.wordpress.com

Lontong

Sedangkan untuk jenis kuliner ini bukan semata-mata sajian lontong saja, melainkan lontong khas Kalimantan Selatan yang telah disajikan dengan kuah santan bersama dengan tambahan yang lainnya.

Lontong di sini, berbeda dengan yang ada di Jawa, yakni berbentuk segitiga dan bungkusnya menggunakan daun pisang. Kemudian lontong ini umumnya disajikan bersama dengan kuah santan berwarna kuning, dan juga diberikan tambahan protein lain yang telah dimasak habang, sebutan untuk bubu merah khas dari Kalimantan Selatan dan juga Tengah.

Ketupan kandangan

Berbeda dengan lontong yang berbentuk segitiga di atas, ketupat yang satu ini bentuknya sama dengan ketupat yang ada pada umumnya, akan tetapi ketupat ini agak berbeda dari teksturnya yang kasar dan tidak terlalu padat, yang mana masih terlihat bentuk butiran nasinya.

Ketupat ini lalu disajikan bersama dengan siraman kuah santai berwarna putih yang sangat gurih dan juga ditemani oleh lauk khas daerah Banjamasin, yakni ikan haruan. Ikan ini umumnya digireng kemudian dibumbui sebelum disantap bersama dengan ketupat.

sumber : https://haloborneo.wordpress.com

Demikian tadi beberapa informasi yang bisa kami bagikan kepada Anda tentang nikmatnya berwisata kuliner di Banjarmasin, semoga bermanfaat.