Nikmati Wisata Kuliner di Lombok Mulai Dari Sate Bulayak Hingga Saur Ares – Pulau Lombok memang mempunyai banyak sekali potensi wisata alamnya yang sangat mempesona, mulai dari berbagai pulau dengan adanya hamparan pantai yang sangat indah, hingga dengan gunung yang mempunyai kawah gunung yang sangat menarik.
Selain dengan potensi wisata alamnya, pulau Lombok ini pun juga memiliki banyak sekali potensi wisata kuliner dengan beragam masakan khas daerah Lombok yang menarik. apa sajakah pilihan wisata kuliner yang ada di pulau Lombok ini? Berikut ulasannya untuk Anda.
Pilihan wisata kuliner di Lombok
Sate bulayak
Salah satu pilihan wisata kuliner yang ada di Lombok ini sebenarnya merupakan sajian sate seperti biasanya, yang menggunakan daging sapi. Akan tetapi, rupanya, yang membedakan di sini dengan sate biasa adalah bumbu khas sasaknya yang telah dilumuri pada daging sapinya, sehingga mampu memberikan citra rasa yang khas Lombok.
Selain hal tersebut, perbedaannya juga ada pada bentuk lontong yang disajikan bersama sate tersebut, bedanya dengan lontong pada umumnya, adalah bentuk lonjong yang dimasak dengan bungkusan daun aren atau pun daun enau.
Sayur ares
Ares merupakan kuliner khas Lombok yang merupakan sajian sayur. Ares ini adalah masakan yang dibuat dari pelepah pisang, yang memiliki citra rasa yang sangat lezat dan mengguga. Sebab pelepah pisang yang digunakan adalah pelepah pisang yang masih berusia muda, yang hanya diambil bagian dalamnya, kemudian diiris tipis dan diberikan garam, kemudian dicuci.
Pelepah pisang lalu dimasak bersamaan dengan beberapa bahan bumbu seperti lengkuas, ketumbar, jintan, jahe, kunyit, kemiri, dan bawang putih serta bawang merah. Racikan bumbu ini kemudian di masak bersama pelepah pisang tadi dan diberikan santai kental, sehingga menciptakan citra rasa yang luar biasa.
Plencing kangkung
Plencing kangkung ini bisa Anda temukan hampir disemua tempat makan di Lombok, yang mana makanan kuliner satu ini adalah sajian sayur kangkung yang direbus, lalu diberikan bersama sambal tomat, toge, dan kacang goreng untuk menyeimbangkan rasa pedas dari sambal tomat tersebut.
Itulah tadi beberapa ulasan menarik tentang wisata kuliner di Lombok. Semoga saja informasi di atas bisa bermanfaat dan menginspirasi Anda semuanya.