Museum Angkut  – Jika mendengar kata Museum Angkut Malang, apa yang terlintas di benak Anda pertama kali?

Benda-benda alat transportasi butut yang tidak terawat ? Jika iya, sudah bisa dipastikan Anda belum pernah berkunjung ke Museum Angkut Malang.


Seperti namanya, Museum Angkut ini berisi alat transportasi dari berbagai penjuru dunia mulai dari yang tradisional hingga modern dan  yang original, modifikasi hingga reflika dapat Anda jumpai di sini.

Menariknya lagi, setiap alat transportasi yang ada di Museum Angkut tersebut didukung dengan landmark atau bangunan khas negara produsen kendaraan tersebut.

Sehingga saat Anda berada di sana seperti merasa sedang berada di luar negeri, dinegara asal kendaraan tersebut. Keren!

Oh ya, museum yang mulai di buka untuk umum pada tanggal 9 maret 2014 ini juga cukup istemewa lho.Pasalnya Museum Angkut Malang ini merupakan tempat wisata pertama di Asia Tenggara yang mengusung tema alat transportasi.

Museum Angkut, Wahana Wisata Otomotif Pertama Di Asia Tenggara

Sudah sejak lama kota Batu mendapat julukan sebagai kota apel. Hal ini dikarenakan terdapat objek wisata alam berupa kebun apel yang begitu terkenal di kota Batu.

Namun seiring dengan berjalannya waktu dengan semakin meroketnya wahana wisata modern di Batu Malang, kini Malang punya wisata lain yang semakin meledakkan namanya. Salah satu wisata modern Malang yang bisa kita saksikan adalah wisata Museum Angkut Malang.

Museum Angkut Malang ini memang tergolong wisata baru di Batu Malang. Akan tetapi namanya sudah sangat meroket dewasa ini.

Museum Angkut Malang memang sebuah wisata modern yang lain dari wisata pada umumnya. Wisata ini menyajikan beragam barang – barang otomotif kuno sampai dengan modern yang begitu artistik dan indah.

Museum Angkut Malang ini juga digadang – gadang menjadi wahana wisata otomotif pertama di Asia Tenggara. Lantas, apa saja wahana wisata yang disediakan di Museum Angkut Malang? Disini kami akan uraikan informasinya untuk anda. Yuk simak!

Alamat Museum Angkut Malang

Jl. Terusan Agung Atas Nomor 2, Kota Wisata Batu, Malang, Jawa Timur 65314, Indonesia.

Lokasi Museum Angkut Malang

Lokasi tepat Museum Angkut sebenarnya bukan di kota Malang, tapi berada di Kota Wisata Batu yakni di Jl Terusan Sultang Agung No 2. Berjarak sekitar 20 Km dari kota Malang.

Akses menuju objek wisata Museum Angkut ini sangatlah mudah, Anda bisa menempuhnya dengan kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Akan tetapi mengingat wisata Kota Batu Malang ini memiliki objek wisata lainya yang sama-sama sangat indah dan sayang untuk diewatkan, sebaiknya gunakan kendaraan pribadi saja agar lebih fleksibel.

  • Kendaraan Pribadi

Kota Malang – Jalan MT Haryono lurus ke arah Batu – Jalan Patimura dan saat di perempatan Lippo Plaza, belok kiri dan lurus  ke arah Jalan Sultan Agung hingga menemukan tulisan besar Museum Angkut.

  • Transportasi Umum

Stasiun Malang – naik angkutan umum – terminal Landung Sari – naik bus Puspa Jurusan Jombang – turun di Museum Angkut.

Harga Tiket Museum Angkut Malang

Daftar Harga Tiket Terbaru Museum Angkut:

  • Senin – Jumat (weekdays) Rp.70.000,-
  • Sabtu – Minggu (weekend) Rp.80.000

Tinggi badan 85 cm ke atas dikenakan biaya tiket penuh. Jika ingin ke terusan Museum Angkut  ke D’Topeng Kingdom, Anda hanya perlu menambah harga tiket masuk sebesar Rp.10.000,-

Selain harga tiket masuk. Pengunjung juga harus membeli tiket tambahan  Rp.30.000,- jika membawa kamera berjenis DSLR, Handycam, Polaroid dan sejenisnya kecuali Handphone.

Jadwal Buka Museum Angkut

Museum Angkut buka setiap hari, mulai dari jam 12.00 hingga 20.00 WIB

Penginapan Murah di Batu Malang Dekat Museum Angkut

Museum Angkut berlokasi strategis di Pusat Kota Batu.

Jadi untuk Anda yang memutuskan bermalam di Kota Batu bisa menginap di penginapan murah dekat sana.

Berikut daftar penginapan murah di Batu dekat Museum Angkut beserta harga “mulai dari” setiap penginapan.

  • Sahabat Backpacker –Abdul Gani 2 No,57, Batu Rp.8.5000,-
  • The Batu Villas– Sultan Agung No.29, Batu Rp.86.500,-
  • Bunga Matahari Guest House & Hotel – Suropati No.49, Batu Rp.275.000,-
  • Girya Sekar Kedathon – Sultan Agung No.64, Batu Rp.300.000,-
  • Family Hotel Gradia – Ikhwan Hadi No.47, Batu Rp.400.000,-
  • Baliku Guest House–Jl Abdul Gani Atas No.3, Batu Rp 400.000,-

Wahana Wisata Museum Angkut Malang

Di museum Angkut Malang ini disebut – sebut terdapat sekitar 10 zona yang memamerkan berbagai benda terkait alat transportasi dunia. Ya, alat transportasi dunia bukan hanya di Indonesia.

Dengan 10 zona ini diharapkan pengunjung dapat mempelajari dan mengetahui mengenai macam – macam alat transportasi dunia. Mulai dari alat transportasi dunia kuno sampai dengan alat transportasi dunia yang modern dipamerkan di Museum Angkut Malang.

Lantas, zona – zona apa sajakah yang dapat kita temui di Museum Angkut Malang?

Di wisata otomotif terbesar di Asia Tenggara ini, kita bisa menikmati berbagai zona diantaranya zona Hall Utama,zona Edukasi,zona Eropa,zona Gangster Town & Broadway Street,zona Pasar Apung,zona Sunda Kelapa & Batavia,zona Istana Buckingham,zona Las Vegas,zona Hollywood,zona D’topeng Kingdom

Berwisata di Museum Angkut Malang

Museum Angkut dikelola oleh Jawa Timur Park yang sebelumnya juga membangun Batu Night Spectacular (BNS), Eco Green Park, Batu Scret Zoo dan Museum Satwa.

Luas dari museum ini sekitar 3,8 Ha yang setiap lokasinya terbagi menjadi beberapa zona. Berikut beberapa detail penjelasan daftar zona yang ada di Museum Angkut yang bisa pengunjung nimati.

  • Zona Hall Utama

Di zona ini Anda menjumpai alat angkut atau transportasi dari berbagai negara dari waktu ke waktu dilengkapi berbagai riwayat dan hiasan lainnya.

  • Zona Edukasi

Sesuai namanya, zona ini menyisipkan  informasi tentang alat angkut di Indonesia dan dunia. Salah satu koleksi andalan zona edokasi ini adalah mobil seri Chrysler Windsor Deluxe yang pernah dipakai oleh Presiden Soekarno.

  • Zona Eropa

Di Zona ini, Anda akan disuguhkan tempat bernuansa Negara tersohor di Eropa seperti, London, Jerman, Italy, Prancis.

  • Zona Gangster Town & Broadway Street

Zona ini merupakan salah satu favorit pengunjung. Di sini, suasananya mirip dengan di dflm gangster Amerika.

  • Zona Pasar Apung

Keluar dari bangunan megah Museum Angkut. Anda akan menjumpai pasar apung. Berbagai souvenir dan merchandise Museum Angkut  serta oleh-oleh khas Batu bisa Anda jumpai di sana. Untuk menaiki perahu apung, Anda harus membayar biaya sewa Rp.10.000,-.

  • Zona Sunda Kelapa & Batavia

Sensasi merasakan sedang hidup di Batavia dapat anda rasakan saat berada di zona ini. Dimana disajikan tiruan menara Syahbandar di dalamnya

  • Zona Istana Buckingham

Beberapa mobil buatan inggris seperti Triumph, Royal Enfield, Austin, Mini Cooper dan Francis Barnett hadir dalam zona ini. Ditampilkan juga mobil LandRover agar dapat menghadirkan suasana Buckingham. Dimana saat parade di Australia, Queen Elizabeth pernah menggunakannya.

  • Zona Las Vegas

Pada zona ini sangat cocok digunakan untuk berfoto ria, dimana pada gerbangnya bertuliskan ‘Fabulous Las Vegas’

  • Zona Hollywood

Jika anda pecinta film Hollywood, maka anda dapat menemukan bermacam actor dan aktris kesangan anda zona ini. Dimana mobil mobil klasik tentunya turut menghiasinya.

  • Zona D’topeng Kingdom

Di zona ini, anda dapat menemukan berbagai topeng khas asli Indonesia yang berasal dari berbagai pulau saat anda selesai menjelajah dari berbagai zona berbagai Negara sebelumnya.

Itulah review singkat Museum Angkut Malang, wisata hits di Batu Malang.

Selain memanjakan mata dengan tampilan sejumlah alat transportasi unik, Anda juga bisa sekaligus memperoleh edukasi seputar alat-alat transportasi dari berbagai negara. Asyik kan?

Happy travelling!