Mitos dan Misteri di Objek Wisata Gunung Lawu – Objek wisata gunung lawu ini merupakan salah satu destinasi wisata gunung yang mempunyai ketinggian mencapai 3.265 mdpl dan berada di sebuah perbatasan Jawa Tengah dan juga Jawa Timur, tepatnya ada di perbatasan kabupaten Karanganyar dan Magetan. Gunung lawu ini adalah gunung ke 6 tertinggi yang ada di Pulau Jawa setelah gunung semeru dengan ketinggian 3.676 mdpl, gunung slamet dengan ketinggian 3.428 mdpl, gunung sumbing dengan ketinggian 3.371 mdpl, gunung arjuno dengan ketinggian 3.339 mdpl, dan juga gunung raung dengan ketinggian 3.332 mdpl. Yang mana gunung lawu ini juga menjadi salah satu gunung terindah yang patut Anda kunjungi pada saat akhir pekan bersama dengan keluarga, kerabat, atau pun sahabat terdekat Anda, sebab gunung lawu mampu menyuguhkan sebuah pemandangan alam yang sangat luar biasa eksotis.

Gunung Lawu image via https://www.instagram.com/tulusdp/

Mitos dan misteri di objek wisata gunung lawu

Objek wisata gunung lawu merupakan salah satu destinasi wisata gunung yang dicap paling mistis di Pulau Jawa. Yang mana gunung ini sering dijadikan sebagai salah satu tempat untuk bertapa bagi orang-orang yang percaya dengan hal-hal semacam itu, jika Anda pernah melakukan pendakian di gunung lawu, mungkin saja di sepanjang perjalanan Anda akan menemui beberapa tempat pertapaan dan jika Anda beruntung, maka Anda juga akan bertemu langsung dengan orang yang sedang bertapa di tempat wisata ini.

Selain hal tersebut, di gunung lawu jika seseorang atau pun sekelompok orang melakukan pendakian ke puncak lawu dengan maksud yang baik, maka akan dituntun atau pun ditunjukkan jalan oleh seekor burung jalak Jawa yang biasanya dinamakan Kyai Jalak Lawu. Bagi para pendaki yang telah dituntun oleh burung tersebut dilarang untuk mengganggunya. Hal yang seperti ini bagi sebagian masyarakat ,odern mungkin terdengarannya sangat tabu, akan tetapi hal tersebut memang benar ada dan telah terjadi di objek wisata gunung lawu.

Gunung Lawu image via https://www.instagram.com/yosoea/

Objek wisata gunung lawu ini juga ada kaitannya dengan sebuah kerajaan Majapahit dan dipercaya sebagai salah satu tempat persinggahan Brawijawa V, selain jadi tujuan banyak para pendaki dari kalangan orang biasa, ternyata gunung ini di malam 1 suro juga didaki oleh beberapa bangsawan dari keraton Solo dan juga Yogyakarta, mereka biasanya melakukan sebuah tradisi tertentu di puncak lawu.

Demikianlah tadi sekilas informasi tentang mitos dan misteri di objek wisata gunung lawu yang bisa kami bagikan. Semoga bermanfaat.