Menikmati Sejuknya Kota Semarang di Objek Wisata Gunung Ungaran – Perlu Anda tahu bahwasannya salah satu hal yang menjadikan banyak orang begitu menggebu-gebu untuk melakukan pendakian ke gunung adalah untuk bisa menikmati indahnya sebuah pemandangan sunrise dari puncak. Keindahan pemandangan sunrise dari puncak gunung ini memang tidak tergantikan. Sangat indah sekali, mewah dan megah.

Akan tetapi, kita terkadang tidak memiliki cukup banyak waktu dan juga tenaga untuk bisa melakukan pendakian ke gunung yang tingginya mencapai 3.000 mdpl. Namun, di Semarang Anda bisa menemukan sebuah gunung yang tingginya kurang dari 3.000 mdpl lho, tapi sudah dapat menikmati indahnya sunrise yang sangat istimewa dengan latar belakang gunung-gunung tinggi yang ada di Jawa Tengah, seperti gunung merbabu, gunung sumbing, dan gunung sindoro. Dan gunung yang kami maksud ini adalah gunung ungaran.

gunung ungaran image via https://www.instagram.com/sloan_sembada/

Keistimewaan objek wisata gunung ungaran

Objek wisata gunung ungaran ini adalah sebuah gunung yang ada di Ungaran, tepatnya di kabupaten Semarang. Yang mana gunung ini ada di sebelah barat daya Semarang. Bila Anda berkendara dari arah Salatiga menuju ke Semarang dengan arah pandang ke barat, maka saat memasuki wilayah Ungaran Anda akan mendapati sebuah pemandangan gunung ungaran yang tampak sangat cantik dan mempesona. Tidak terlalu tinggi memang tetapi sangat menawan. Gunung ungaran ini ibarat pembawa kesejukan di tengah-tengah hawa kota Semarang yang cenderung cukup panas. Mereka yang tinggal di Semarang dan ingin menikmati sejuknya suasana pegunungan umumnya akan mampi ke daerah selatan di kaki gunung ungaran ini. Kebetulan di kaki dan juga di lereng gunung ungaran ini ada banyak sekali tempat menarik untuk bisa menikmati hawa sejuk ala pegunungan.

Gunung Ungaran image via https://www.instagram.com/az_umi_38/

Gunung ungaran ini sendiri adalah sebuah gunung berapi yang hingga kini statusnya sedang istirahat. Riwayat letusan gunung ungaran ini tidak diketahui secara pasti, tapi diperkirakan gunung tersebut pernah meletus dengan skala yang cukup besar sampai menghancurkan lebih dari separuh bagian gunung. Mirip sekali dengan kejadian pada gunung tambora. Gunung yang memiliki ketinggian sekitar 2.050 mdpl ini memang cukup populer dikalangan para pendaki yang berdomisili di Semarang dan sekitarnya. Selain itu, gunung ini memiliki 3 puncak, yakni ungaran, gendol, dan botak. Puncak ungaran inilah adalah puncak tertinggi dari gunung tersebut.

Demikianlah sekilas informasi tentang menikmati sejuknya kota Semarang di objek wisata gunung ungaran. Semoga bermanfaat.