Menikmati Indahnya Kawah di Objek Wisata Gunung Bromo – Berdiri kokoh dengan ketinggian sekitar 2.329 mdpl, objek wisata gunung bromo ini ternyata menyimpan sejuta keindahan alam yang sayang jika Anda lewatkan begitu saja. Gunung berapi yang hingga kini masih aktif secara administratif ada di 4 wilayah kabupaten di Jawa Timur, diantaranya Malang, Pasuruan, Lumajang, dan juga Probolinggo. Hal yang demikian ini memudahkan para wisatawan untuk datang dari arah mana saja.
Sebuah gunung yang namanya berasal dari nama Dewa jika dalam ajaran agama Hindu, yakni Dewa Brahma ini adalah bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, yang kini menjadi tempat wisata paling populer di Jawa Timur. Taman Nasional yang memiliki luasan sekitar 800 km persegi ini melingkungi kawasan wisata gunung bromo dan juga wisata gunung semeru.
Apa yang bisa dilakukan di wisata gunung bromo?
Gunung bromo ini sangat populer dengan pemandangan matahari terbitnya yang sangat mempesona. Untuk dapat menyaksikan fenomena ini, maka para wisatawan harus naik ke puncak penanjakan yang merupakan tempat terbak untuk bisa melihat matahari terbit di objek wisata gunung bromo tersebut.
Anda bisa mengatakan kepada pemilik penginapan di malam sebelumnya bahwasanya Anda ingin melihat matahari terbit, sehingga di keesokan harinya sekitar pukul 2 dini hari, Anda akan dibangunkan untuk persiapan pendakian. Rasa lelah karena mendaki nantinya akan terbayarkan dengan luas saat melihat pemandangan matahari terbit yang sangat luar biasa. Ketika matahari perlahan merangkak naik, maka suasana akan sangat tenang dan yang hanya terdengar hanyalah bunyi jepretan kamera para wisatawan.
Objek wisata gunung bromo ini mempunyai kawah dengan panjang diameter 800 m dari utara ke selatan dan sekitar 600 m dari barat ke timur. Dengan kandungan belerangnya yang ada di kawah gunung bromo, tidak heran jika bau belerang akan sangat tajam tercium pada saat Anda ada di tepian puncak gunung bromo tersebut. Untuk bisa menikmati indahnya kawah di objek wisata gunung bromo ini, Anda harus menaiki sekitar 250 anak tangga terlebih dulu. Bila ini terdengar akan sangat melelahkan dan menguras tenaga Anda, tersedia kuda-kuda milik warga sekitar yang dapat Anda sewa. Suhu di tempat wisata ini berkisar antara 3 hingga 20 derajat celcius, bahkan bisa mencapai suhu minus 0 derajat celcius.
Demikianlah tadi sekilas informasi tentang indahnya kawah di objek wisata gunung bromo. Semoga bermanfaat.