Mengulas Lebih Jauh Keindahan Raja Ampat Papua – Pulau Papua adalah salah satu pulau yang berada di ujung timur Indonesia. Di pulau inilah terdapat Kepulauan Raja Ampat yang memang terkenal dengan keindahan biota alam lautnya. Maka tak heran jika banyak kalangan wisatawan mancanegara yang bertandang ke Raja Ampat hingga berhari-hari.
Pulau dengan sejuta keindahan alam tentu menjadi surganya bagi pecinta travelling. Memiliki beraneka ragam pulau, bermacam-macam flora dan dauna, hingga pemandangan pantainya yang sangat eksotis. Hanya saja berlibur ke Raja Ampat membutuhkan budget yang tidak sedikit. Nah, untuk itu anda perlu mengulas lebih jauh keindahan Raja Ampat berikut ini.

Menikmati Keindahan Raja Ampat di Papua
Akses Menuju Raja Ampat

Meskipun untuk mencapai Kepulauan Raja Ampat tidak begitu sulit, namun akan membutuhkan waktu yang lumayan lama. Apabila anda berada di luar Pulau Papua maka harus terbang ke Sorong dan biasanya transit dahulu di Makasar atau Manado. Setelah tiba di Sorong, anda harus menggunakan kapal untuk mencapai Kepulauan Raja Ampat, akan memakan waktu sekitar 3 jam. Hanya saja biaya sewa kapal untuk transportasi di Kepulauan Raja Ampat lumayan mahal, idealnya 1 kelompok berisi 8 orang atau sesuai dengan kapasitas kapal.
Keaneragaman Hayati Raja Ampat

Ada banyak hal yang menawarkan pesona alam dari Kepulauan Raja Ampat. Pasalnya pesona keanekaragaman hayati terbilang cukup melimpah. Paling tidak anda bisa menemukan sekitar 540 jenis karang dan 1.511 spesies ikan. Bahkan sekitar 75 % species karang yang ditemukan di seluruh Dunia hanya ada di Raja Ampat. Selain itu, anda juga akan menemukan 27 species ikan, dimana 5 species penyu laut langkah, 13 species hewan mamalia laut, dan 57 species udang mantis. Maka tak heran jika keunikan yang dimiliki oleh destinasi wisata Raja Ampat.
Keindahan Alam Raja Ampat

Pemandangan laut yang begitu elok, mulai dari bawah dan atas laut akan mampu menghipnotis anda. Kondisi semacam ini didukung oleh struktur tanah yang endemik, kekayaan biota laut serta kebudayaan dan kearifan penduduk lokalnya. Adapun kegiatan yang paling menarik dilakukan ketika tiba di Raja Ampat adalah diving atau snorkeling. Untuk masalah perlengkapan diving anda tak usah khawatir karena pihak pengelola wisata telah menyediakannya.
Kuliner di Kepulauan Raja Ampat

Menu masakan local Raja Ampat memang sayang dilewatkan begitu saja. Salah satu contoh dari makanan khas dari Raja Ampat adalah sub ikan kuning. Biasanya makanan khas Raja Ampat banyak disediakan di berbagai rumah makan terutama di Kota Waisai. Sementara itu, oleh-oleh yang wajib dibawa pulang ke rumah adalah kain tradisional, kerajinan Anyama, patung suku Asmat, Alat musik tradisional, dan lain sebagainya. Souvenir tersebut dapat anda beli di toko – toko souvenir yang banyak terdapat di Kota Waisai dan juga kota – kota di Papua lainya.
Bagaimana, anda sudah puas berkeliling di Raja Ampat Papua? Ajaklah anggota keluarga dan teman-teman agar liburan anda semakin menyenangkan.