Mengintip Citra Rasa Wisata Kuliner Singkawang Pontianak – Meskipun hanya berukuran kecil, ternyata Singkawang sangat menarik perhatian para wisatawan yang datang berkunjung ke Kalimantan Barat. Salah satunya dikarenakan adanya predikat China Town yang dipegang kota kecil ini. Bahkan bukan hanya itu saja, kekayaan citra rasa dari kuliner khasnya juga menjadi daya tarik kota kecil tersebut. Penasaran untuk wisata kuliner di daerah Singkawang, Pontianak? Ini panduannya.
Wisata kuliner di Singkawang Pontianak
Kuliner sotong bakar
Apa Anda penrah dengar tentang sotong? Sotong ini sejenis cumi-cumi tetapi keduanya adalah hewan laut yang berbeda. Sontong yang memiliki bentuk tubuh lebih pipih atau pun gepeng jika dibandingkan dengan cumi-cumi. Sotong bisa Anda temukan di hampir semua daerah perairan yang berukuran besar, seperti air tawar, air payau, atau pun air asin. Soal citra rasa, sotong ini sangat lezat, apalagi jika sotong diolah dengan cara dibakar.
Kuliner sotong kangkung
Salah satu alternati lain dari olahan sotong yang patus Anda coba adalah sotong kangkung ini. Apabila tadinya sotong dibersihkan terlebih dahulu, lalu dipotong kecil-kecil dan kemudian dibakar, berbeda dengan sotong kangkung ini. Sotong hanya direndam dalam air gunung, selama 2 – 3 hari untuk menghilangkan lendirnya. Lalu direbus dan dipotong memanjang, setelah itu sotong akan direbus bersama kangkung. Cara penyajiannya, cukup dengan meletakkan sotong yang sudah dicampur dengan kangkung tersebut, lalu disiram dengan kuah kanji yang memiliki citra rasa asam dan manis.
Kuliner bubur pekong
Bubur pekong ini adalah salah satu sajian yang sangat legendaris, yang mana bubur ini berbeda dengan bubur yang ada pada umumnya. Kelebihan dari bubur pekong ini adalah pada kaldu dan toppingnya. Kaldu yang digunakan terbuat dari rebusan tulang sapi, sehingga menciptakan citra rasa yang sangat lezat, untuk toppingnya, bubur ini umumnya disajikan bersama dengan potongan daging sapi, kacang, teri, lobak manis, dan taburan daun bawang. Ada juga yang menambahkan emping melinjo untuk mempermanis sajian bubur tersebut.
Itulah tadi citra rasa wisata kuliner Singkawang Pontianak yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bisa bermanfaat.