Pulau Berhala –  merupakan sebuah pulau terpencil yang terletak di kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara. Karena lokasinya yang berada di perbatasan antara negara Indonesia dan Malaysia maka pulau ini dijaga oleh TNI. Para tentara inilah yang menghuni Pulau Berhala.

Meskipun pulau berhala dibuka untuk wisatawan, pulau ini menerapkan peraturan yang cukup ketat. Wisatawan yang datang ke pulau ini harus izin terlebih dahulu dan menyerahkan benda – benda tajam serta minuman keras yang dibawa.


Selain itu di pulau ini dilarang untuk berbuat asusila, merusak tanaman dan membunuh hewan yang ada di pulau ini. Ya, di Pulau Berhala banyak binatang langka seperti penyu, biawak hingga rusa. Setelah mendapatkan izin dan diberi arahan maka wisatawan bisa memasuki pulau ini.

pulau berhala image by https://ksmtour.com

Letak Pulau Berhala

Tujuan wisata laut yang satu ini berada di wilayah kabupaten Serdang Bedagai Sumatera Utara. Karena berada di bagian terluar Indonesia maka Pulau Berhala pun harus dijaga setiap saat. Penjagaan pulau ini dipercayakan kepada para Marinir Angkatan Laut RI.

Tugas utama para prajurit itu adalah mengawasi setiap saat daerah perbatasan termasuk perairan di sekitar pulau Berhala. Para wisatawan yang hendak berkunjung ke sana tentunya tak bisa asal masuk saja. Mereka mesti mendapat ijin petugas yang berjaga di sana.

Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi para wisatawan diantaranya menyerahkan berbagai senjata tajam maupun minuman keras yang mungkin dibawa, takboleh berkata-kata tak pantas, berbuat tak sopan atau asusila dan dilarang merusak tanaman atau membunuh satwa di pulau ini seperti biawak, penyu dan juga rusa.

Asal Muasal Nama Pulau Berhala

Ada nilai historis dari asal muasal nama Pulau Berhala. Ada cerita masyarakat Serdang Bedagai bahwasanya dahulu Putri Hijau dari Kerajaan Deli (Melayu) diculik oleh seorang pangeran antah berantah lalu dibawa ke pulau tersebut. Dan kemudian Putri Hijau diselamatkan oleh adiknya yang berwujud naga.

Menurut penduduk Berdang bedagai, pulau ini merupakan tempat pemujaan (ritual) mistis karena adik Putri Hijau yang menjelma menjadi naga berhasil mengalahkan pangeran jahat tersebut. Cerita tersebutlah yang menjadi asal muasal nama Berhala diambil.

Selain itu, ada juga versi lain tentang asal nama Pulau Berhala. Nama pulau ini diambil dari makam dan tapak kaki Datuk Paduko Berhalo yang merupakan salah satu raja yang terkenal pada masa kerajaan melayu. Tapi, jangan mencoba mencari makam dan tapak kaki raja tersebut. Khawatirnya akan membuat tersasar karena rimbbunnya hutan dan tebing – tebing tinggi di pulau tersebut. Konon , makam tersebut sudah tertutupi oleh rimbunnya hutan di pulau berhala yang terkenal dengan hutan rimbun

Misteri Pulau Berhala

Berbagai cerita menjadi bumbu saat wisatawan berkunjung ke Pulau Berhala. Salah satunya, konon, seorang nenek mendiami sebuah pulau di dekat pulau Berhala yang kemudian dinamakan sebagai pulau Sokong Nenek. Katanya di pulau tersebut terdapat kuburan dari nenek tersebut.

Nenek tersebut hidup seorang diri di pulau terpencil itu hingga akhir hayatnya dan dikuburkan di sana. Cerita mistis berkembang sebab beberapa nelayan yang kebetulan melintas pada malam hari mengaku melihat sosok nenek tersebut berjalan sendirian di pulau Berhala yang memang menyambung dengan pulau Sokong Nenek.

Beberapa nelayan lain mengaku pernah melihat sang nenek menangis atau malah didatangi dalam mimpi. Namun akhir-akhir ini bersamaan dengan makin banyaknya wisatawan yang datang ke pulau Berhala, sosok nenek misterius pun tak menampakkan diri.

Keindahan Pulau Berhala

Keindahan pulau berhala terletak pada pantainya yang berwarna biru gradasi dan banyaknya bebatuan berukuran besar yang mirip pemandangan pantai yang ada di Pulau Belitong. Siapapun yang berwisata ke tempat ini  seperti merasakan suasana pantai di film Laskar Pelangi.

Tak kalah indahnya indahnya ketika bersantai di malam hari di pulau ini sambil mendengar suara air laut dan memandangi langit malam,  akan terlihat pasir-pasir yang mengeluarkan warna biru terang dengan jumlah yang sangat banyak. Fenomena ini terjadi karena jutaan fitoplankton yang terbawa oleh pasang surut .

Aktivitas di Pulau Berhala

Di Bulau Berhala ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan oleh wisatawan, seperti halnya menikmati keindahan pulau dengan keliling pulau, snorkeling, diving, trekking dan naik ke mercusuar.pastinya apapun kegiatan yang dilakukan di tempat ini jangan sampai tidak menaiki mercusuar untuk melihat pemandangan sekeliling pulau dengan lebih jelas

Di pulau ini wisatawan juga bisa melihat indahnya pemandangan terumbu karang yang bahkan bisa dilihat dari atas daratan. Terumbu karang ini berada di bawah dermaga. Wisatawan bisa duduk – duduk di atas dermaga memandangi keindahan terumbu karang sambil menunggu matahari terbenam.

Jika bisa berenang, wisatawan bisa melakukan aktivitas snorkeling ataupun diving. Ketika berenang agak ke tengah maka wisatawan dapat melihat banyaknya ikan laut dengan bentuk dan warnanya yang menggemaskan. Tak ketinggalan juga hewan – hewan laut seperti teripang dan bintang laut. Tips nya supaya bisa dikelilingi oleh ikan – ikan kecil tersebut cobalah berenang sambil membawa roti untuk makanan ikan.

Rute Menuju Pulau Berhala

Untuk bisa menuju ke Pulau Berhala, wisatawan dapat memilih berangkat melalui 2 pelabuhan di pantai timur yang intinya sama- sama menuju ke pulau tersebut. Misalnya dari pantai cermin, Serdang Bedagai dan Pelabuhan Tanjung Tiram di kabupaten Batubara. Perjalanan dari kota medan menuju pelabuhan serdang bedagai memakan waktu 2 atau 3 jam lalu menyeberang dengan kapal sekitar 4 – 5 jam untuk sampai ke Pulau Berhala.

Menuju ke pulau berhala tidak ada kapal wisata atau kapal penumpang, karena pulau ini bukanlah pulau yang memiliki penduduk otomatis tidak ada kapal menuju pulau tersebut. Pilihannya menggunakan kapal nelayan atau mengikuti kapal travel. Oleh karena itu lebih baik berangkat bersama rombongan dan memanfaatkan jasa open trip untuk pergi ke Pulau Berhala agar menghemat biaya perjalanan.

Jika menggunakan trip wisata, Biasanya harga paket wisata hanya 490ribu. Harga tersebut sudah termasuk transportasi bus pariwisata ber AC dari Medan untuk perjalanan darat dan kapal penumpang yang sudah ada kamar mandinya untuk perjalanan laut. Biaya ini juga sudah termasuk makan 5 kali dengan lauk pauk yang lengkap seperti ikan/ayam, sayur, sambal serta buah-buahan dan teh seama 2 hari 1 malam. Juga dokumentasi selama di pulau serta pemandu untuk menjelajahi spot menarik di dalam pulau.

Potensi Pulau Berhala

Pulau Berhala memiliki bentuk yang unik yaitu membulat laksana tempurung kelapa terbalik dengan luas sekitar 2,5 km persegi. Pulau Berhala diapit dua anak pulau atau sokong, yang pertama adalah pulau Sokong Nenek di sebelah tenggara dan yang kedua adalah pulau Sokong Seimbang di sebelah timur. Pulau Sokong Seimbang memiliki jarak sekitar 0.8 mil laut dari Pulau Berhala sementara pulau Sokong Nenek hanya 20 meteran saja jaraknya.

Pulau Berhala sangat potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi wisata bahari. Dan memang pulau ini sedang dikembangkan sebagai obyek wisata bahari oleh pemerintah daerah yang bekerja sama dengan PT. Kawasan Wisata Pantai Cermin. Panorama pantai pulau Berhala yang landai memang sangat indah. Memiliki air laut jernih berwarna kebiruan dengan hamparan pasir putih mengelilingi pulau.

Perairan pantai pun dihiasi dengan terumbu karang yang masih alami yang sangat indah untuk dinikmati dengan snorkeling atau menyelam. Dan satu lagi, pulau Berhala juga memiliki hamparan hutan tropis dimana terdapat keanekaragaman hayati yang besar sekaligus sebagai tempat hidup aneka tumbuhan dan hewan. Flora di Pulau Berhala meliputi hutan lahan basah, hutan lahan kering, lahan terbuka dengan pohon kelapa di sana sini serta perairan pantai yang terhampar terumbu karang yang kondisinya masih terjaga dengan baik. Pulau ini pun digunakan sebagai tempat penangkaran penyu dari instansi terkait.

 

Gambar Pulau Berhala

image by https://www.youtube.com/watch?v=7-0GAJr6rFA
image by http://www.baguskali.com

Biaya ke Pulau Berhala

Akses ke Pulau Berhala sebenarnya tidak sulit sebab terletak di jalur pelayaran laut yang cukup padat. Para wisatawan bisa berlibur ke Pulau Berhala menggunakan jalur laut dari pelabuhan Belawan, Medan naik kapal motor. Waktu tempuhnya dari Belawan kurang-lebih 2,5 jam perjalanan laut.

Sementara bila diukur dari kota Medan, jarak ke Pulau Berhala sekitar 100 Km. Biaya ke Pulau Berhala biasanya dalam bentuk paket wisata lengkap. Mengutip salah satu agen travel yang menawarkan perjalanan ke pulau Berhala selama 2 hari mematok biaya Rp.600.000.

Biaya itu sudah termasuk : angkutan minibus dari Medan ke Sergai (PP), akomodasi untuk 1 malam, makan 4 kali ditambah barbeque, angkutan boat dari Sergei ke Pulau Berhala (PP), foto, pemandu, asuransi, sewa alat snorkeling, dan live vest. Untuk akomodasi biasanya menyewa mess TNI yang ada di sana atau mendirikan tenda di dekatnya.

Penginapan di Sekitar Pulau Berhala

Tidak ada penginapan khusus di Pulau Berhala. jika ingin bermalam pilihannya hanya ada dua, yaitu bisa menyewa mess marinir atau mendirikan tenda di pesisir pantai. Di malam hari pun wisatawan bisa menikmati waktu dengan menyalakan api unggun sambil bercengkrama, bermain gitar, bakar ikan atau seafood.

Intinya, perjalanan wisata ke Pulau Berhala akan memberikan pengalaman baru dalam hidup. Selamat berlibur!