Pantai Ngliyep  – merupakan sebuah pantai wisata sekaligus pantai untuk ritual keagamaan penduduk sekitar yang berada di kabupaten malang tepatnya di Desa Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo. Karena perpaduan antara keindahan pantai serta kebudayaan yang hidup di pantai ini lah yang menjadikan Pantai Ngliyep memiliki keistimewaan tersendiri.

Cerita Misteri Pantai Ngliyep

Konon, karena letaknya yang berada di ujung selatan Jawa ini terdapat beberapa cerita misteri tentang tempat bersemedinya Nyi Roro Kidul, Ratu Pantai Selatan. kepercayaan ini diyakini oleh penduduk setempat dengan adanya tradisi mempersembahkan sesajen seperti kepala hewan kambing, kerbau ataupun sapi sebagai bentuk rasa syukur atas nikmat yang sudah diberikan dan juga meminta untuk dijauhkan dari segala macam bahaya


300 meter tak jauh dari bibir Pantai Ngliyep terdapat pula sebuah pulau kecil bernama Gunung Kombang. Untuk menuju ke pulau ini adalah dengan melewati jembatan yang menghubungkan antara bibir Pantai Ngliyep dan Gunung Kombang.

pantai ngliyep image by Kabarmaya.co.id

Setelah melewati perjalan ke dalam pulau ini melewati jembatan lalu menyusuri dengan tangga Anda akan sampai di sebuah Pura. Ya, disinilah masyarakat setempat sering mengadakan tradisi keagamaan tersebut dan memberi persembahan kepada ratu pantai selatan dengan iring-irigan alunan musik tradisional. Tradisi tersebut dinamakan Upacara Larungan.

Terlepas dari hal – hal gaib yang ada, pantai ini juga memiliki keindahan karakter layaknya pantai – pantai lain yang ada di Malang Selatan. Coba bayangkan, dengan panorama laut biru menghadap langsung ke samudera dan suara deburan ombak yang menghantam batu karang pastinya akan menimbulkan suasana yang menyenangkan sambil bermain di sekitaran pantai ngliyep.

Anda bisa melakukan kegiatan apa saja selama di pantai ini, seperti bermain air di pinggir pantai, bermain bola, berkejar-kejaran dengan pasangan dan buah hati ataupun piknik menikmati kebersamaan bersama orang-orang terdekat.

Akses Menuju Pantai Ngliyep

Tertarik ingin mengunjungi Pantai Ngliyep ? Anda harus tahu cara menuju Pantai Ngliyep agar Anda tidak menghabiskan banyak waktu di jalan. Untuk menuju Pantai Ngliyep yang berada di Malang Selatan sebenarnya tidaklah sulit.

Jika Anda berada di luar kota Malang, seperti dari Sidoarjo, Surabaya ataupun Pasuruan maka rute pertama yang harus Anda tempuh adalah menuju kota Malang terlebih dahulu. Sedangkan, jika Anda berangkat dari arah kota Blitar maka langsung saja menuju Karang Kates. Setelah Anda sampai di Kepanjen atau Karangkates, anda tinggal mengikuti lurus saja menuju Pagak lalu ke Donomulyo. Dari Donomulyo ini Anda tinggal mengikuti papan penunjuk menuju Pantai Ngliyep.

pantai ngliyep image by https://koswisata.blogspot.com

Jika diurutkan, maka rute perjalanan menuju Pantai Ngliyep akan seperti dibawah ini :

  • Rute 1 : Surabaya/Sidoarjo/Pasuruan – Malang Kota – Kepanjen – Pagak – Donomulyo – Pantai Ngliyep
  • Rute 2 : Surabaya/Sidoarjo/Pasuruan – Malang Kota – Karang Kates – Pagak – Donomulyo – Pantai Ngliyep

Bagi anda yang tidak mempunyai kendaraan pribadi dan lebih memilih menggunakan transportasi umum daripada menyewa motor harian maka terdapat dua jalur angkot atau mikrolet yang Anda harus pilih jika telah sampai di Stasiun Kepanjen. Setelah itu berjalan 400 meter ke Jl. Ahmad Yani lalu naiklah salah satu Angkot GN1 maupun GN2. Kedua angkot tersebut sama – sama menuju Pantai Ngliyep

Selain itu jika Anda berangkat dari Surabaya, Anda juga bisa menggunakan jasa kereta api ataupun bus. Jika berangkat dari stasiun Gubeng, naiklah Kereta Api Penataran tujuan Blitar dan turun di Stasiun Kepanjen. Dari stasiun berjalanlah sekitar 400 meter ke Jl. Ahmad yani dan naiklah GN1 atau GN2.

Sedangkan jika Anda memilih naik bus maka dari Terminal Bungurasih turunlah di Terminal Kepanjen. Setelah sampai di terminal anda bisa langsung naik GN1 atau GN2 yang langsung menuju Pantai Ngliyep.

Harga Tiket Masuk

Tiket masuk Pantai Ngliyep relatif murah. Anda hanya kan dikenakan tarif Rp 10.000 saja. setelah itu Anda akan mendapatkan 2 lembar tiket, yaitu tiket dari perhutani dan PD Jasa Yasa Pemerintah Kabupaten Malang. Dan untuk parkir motor tarifnya Rp 2.000 sedangkan mobil tarifnya Rp 5.000.

Harga tersebut adalah harga yang sangat murah untuk menikmati kawasan pantai ngliyep karena fasilitasnya juga diperhatikan oleh pemerintah, seperti adanya musholla, warung makan, toilet umum dan lahan parkir luas.

Harga Penginapan di Pantai Ngliyep

Puas menghabiskan waktu seharian di pantai ngliyep dan apabila ingin menginap maka Anda bisa mendirikan tenda di sekitaran pantai sambil menikmati kebersamaan dan melihat langit malam. Tersedia pula penginapan di Pantai Ngliyep yang disewakan oleh pengelola dengan tarif mulai dari Rp 50.000  hingga Rp 100.000 per malamnya.

Jika ingin menjelajah lebih jauh lagi, Anda juga bisa mengunjungi Pantai Pasir Panjang yang berada di sebelah Pantai Ngliyep. Selamat Berlibur!