Lokasi Tebing Breksi Jogja – Kreatifitas dari masyarakat Indonesia memanglah pantas dicontoh. Kita bisa melihat di berbagai daerah yang ada di indonesia. Selalu ada tempat tempat yang tadinya terlihat biasa saja bahkan tidak terlihat menarik. Akan tetapi dengan kreatifitas masyarakat akhirnya terbentuk tempat wisata yang sangat indah dan menarik. Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga di Jogja yang bertepat di masyarakat Sambirejo Prambanan, kabupaten Sleman. Warga yang sangat kreatif mengubah bekas tambang batu alam yang awalnya tidak menarik jadi salah satu obyek wisata yang sedang hits pasa saat ini. Tempat wisata ini disebut dengan tebing Breksi Jogja. Untuk anda yang ingin mencoba mengunjungi tempat ini, berikut ini lokasi dan rute tebing breksi Jogja.

Lokasi dan Rute Tebing Breksi

Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, tepatnya di Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer sebelum wisata Candi Ijo jika dari jalan Prambanan – Piyungan. Tebing Breksi ini masuk pada cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo. Sehingga, jika anda semua berkunjung ke Candi Ijo lewat sebelah barat, maka tentunya akan melewati Tebing Breksi ini.

Lokasi Tebing Breksi
Lokasi Tebing Breksi

Jika anda telah mengetahui rute menuju Candi Ijo, tentu bisa dengan mudah menemukan rute menuju Tebing Breksi.  Akan tetapi untuk anda yang belum tahu, anda bisa menuju ke tempat wisata Candi Prambanan. Selanjutnya menuju ke selatan tepatnya ke arah Candi Rato Boko, ikuti jalur hingga menjumpai petunjuk arah ke Candi Ijo. Anda hanya tinggal mengikuti rute itu. Apabila masih merasa bingung, berikut ini lokasi Tebing Breksi di Google Maps.

Pesona Keindahan Tebing Breksi

Masyarakat yang sebelumnya bermata pencaharian di lokasi tambang batu breksi initentunya merasa kehilangan. Akan tetapi, rasa kehilangan itu tidak diluapkan pada sesuatu yang negatif. Akan tetapi mereka melihat potensi lain dari bekas tambang batu itu yang punya pesona keindahan yang sangat terpendam. Oleh sebab itu, masyarakat dengan kreatifitas mereka mengubah bekas lokasi tambang menjadi tempat yang indah yang sangatlah menarik para wisatawan untuk dikunjungi.

Rute Menuju tebing Breksi
Rute Menuju tebing Breksi

Pesona keindahan wisata jogja dari bekas tambang ini yaitu berupa guratan – guratan tebing batu yang mempesona mengingatkan kita pada tempat wisata Garuda Wisnu Kencana Bali yang termasuk bekas tambang juga. Tak hanya tebingnya yang indah, akan tetapi kita juga bisa naik ke atas tebing lewat anak tangga dari batu yang sudah dibuat oleh warga masyarakat sekitar. Kita dapat menyaksikan keindahan Kota Jogja dari ketinggian di atas tebing ini. Selain itu juga pemandangan Gunung Merapi yang bisa tampak jelas bila cuaca sedang cerah. Terlebih apabila kita berkunjung pada saat malam hari, kita bisa menyaksikan indahnya kelip – kelip lampu yang tersebar di Kota Jogja.

Kunjungi Juga :

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi 2017

Kemudian untuk harga tiket masuk Tebing Breksi pada saat ini gratis. Akan tetapi, para pengunjung akan dikenakan tarif parkir untuk yang membawa kendaraan. Tapi anda angan khawatir, tarif parkirnya juga sangatlah terjangkau yaitu sebesar Rp. 2.000,00 untuk kendaraan sepeda motor dan sebesar Rp. 5.000,00 untuk kendaraan mobil. Dan pada saat hari libur baik libur nasional atau liburan anak sekolah, tebing breksi ini relatif ramai. Jadi jika anda ingin menikamati wisata ini saat sepi, hindarilah hari hari tersebut.

Demikianlah informasi mengenai lokasi dan rute dari tempat wisata jogja Tebing Breksi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang wisata yang ada di Jogja.