Ingin liburan yang berbeda saat di Jogja? Coba arahkan tujuan ke Tebing Breksi.  Spot wisata yang satu ini adalah alternatif berlibur yang dapat dinikmati para pelancong berupa rangkaian tebing menjulang tinggi yang tersusun dari material kapur. Kawasan yang satu ini pada mulanya hanyalah sebuah tempat penambangan batu breksi tradisional yang dilakukan masyarakat setempat. Para penambang mengambilnya untuk dibuat aneka benda pahatan dan juga bahan bangunan.

Lokasi Tebing Breksi Jogja – Kreatifitas dari masyarakat Indonesia memanglah pantas dicontoh. Kita bisa melihat di berbagai daerah yang ada di indonesia. Selalu ada tempat tempat yang tadinya terlihat biasa saja bahkan tidak terlihat menarik. Akan tetapi dengan kreatifitas masyarakat akhirnya terbentuk tempat wisata yang sangat indah dan menarik.


Salah satunya seperti yang dilakukan oleh warga di Jogja yang bertepat di masyarakat Sambirejo Prambanan, kabupaten Sleman. Warga yang sangat kreatif mengubah bekas tambang batu alam yang awalnya tidak menarik jadi salah satu obyek wisata yang sedang hits pasa saat ini. Tempat wisata ini disebut dengan tebing Breksi Jogja. Untuk anda yang ingin mencoba mengunjungi tempat ini, berikut ini lokasi dan rute tebing breksi Jogja.

Sejarah Tebing Breksi

Area bekas tambang batu alam tradisional yang kemudian disulap masyarakat setempat menjadi tujuan wisata yang unik itulah gambaran sejarah Tebing Breksi di Sleman Yogyakarta. Membahas wisata terbaru, Tebing Breksi adalah salah satu dari beberapa pilihan destinasi liburan unik dan penuh tantangan tersendiri. Semula Tebing Breksi bukan sebuah tujuan wisata, namun hanya tempat menambang batu kapur untuk digunakan sebagai bahan bangunan.

Akan tetapi semenjak tahun 2014, pemerintah setempat melarang aktifitas penambangan tradisional tersebut sebab dinyatakan sebagai area yang dilindungi. Ketentuan tersebut tak lepas dari ditemukannya situs gunung api purba Nglanggeran yang kini sedang dalam penelitian para ahli. Menurut penelitian yang dilakukan ternyata batuan yang terdapat di lokasi tersebut memiliki kesamaan dengan kandungan mineral abu vulkanik gunung Api Purba Nglanggeran. Sehingga bisa disimpulkan jika batuan di Tebing Breksi adalah hasil aktivitas vulkanik Gunung Api Purba Nglanggeran jutaan tahun lalu. Oleh karena itu selanjutnya pemerintah mengeluarkan keputusan yang menyatakan jika wilayah tersebut menjadi kawasan cagar budaya yang mesti dijaga.

Masyarakat sekitar yang kehilangan mata pencaharian lalu melakukan sesuatu yang berbeda. Melihat topografi tebing yang khas dengan corak tersendiri, masyarakat mencoba membuatnya menjadi sesuatu yang berharga. Setelah dilakukan pemugaran yang diwujudkan dalam seni pahat maka tercipta bentuk seperti sekarang ini. Berbagai pahatan di dinding Tebing Breksi membuat gambar naga, wayang, hingga karikatur yang sangat indah. Di kompleks Tebing Breksi ini pun dibuat sebuah panggung pertunjukan dengan bangku-bangku dibuat dari batuan yang ada di situ.

Lokasi dan Rute Tebing Breksi

Tebing Breksi berada di Dusun Groyokan, Kelurahan Sambirejo, Kecamatan Prambanan, tepatnya di Kabupaten Sleman, DIY. Jaraknya kurang lebih 1 kilometer sebelum wisata Candi Ijo jika dari jalan Prambanan – Piyungan. Tebing Breksi ini masuk pada cakupan kawasan wisata herritage Candi Ijo. Sehingga, jika anda semua berkunjung ke Candi Ijo lewat sebelah barat, maka tentunya akan melewati Tebing Breksi ini.

Lokasi Tebing Breksi
Lokasi Tebing Breksi

Jika anda telah mengetahui rute menuju Candi Ijo, tentu bisa dengan mudah menemukan rute menuju Tebing Breksi.  Akan tetapi untuk anda yang belum tahu, anda bisa menuju ke tempat wisata Candi Prambanan. Selanjutnya menuju ke selatan tepatnya ke arah Candi Rato Boko, ikuti jalur hingga menjumpai petunjuk arah ke Candi Ijo. Anda hanya tinggal mengikuti rute itu. Apabila masih merasa bingung, berikut ini lokasi Tebing Breksi di Google Maps.

Pesona Keindahan Tebing Breksi

Masyarakat yang sebelumnya bermata pencaharian di lokasi tambang batu breksi initentunya merasa kehilangan. Akan tetapi, rasa kehilangan itu tidak diluapkan pada sesuatu yang negatif. Akan tetapi mereka melihat potensi lain dari bekas tambang batu itu yang punya pesona keindahan yang sangat terpendam. Oleh sebab itu, masyarakat dengan kreatifitas mereka mengubah bekas lokasi tambang menjadi tempat yang indah yang sangatlah menarik para wisatawan untuk dikunjungi.

Rute Menuju tebing Breksi
Rute Menuju tebing Breksi

Tebing Breksi berwarna putih agak kuning bercorak alami yang sangat menarik sebagai background berfoto selfie untuk dipamerkan di media sosial. Para pengunjung bahkan bisa naik ke puncak tebing sebab sudah dilengkapi anak tangga.Pesona keindahan wisata jogja dari bekas tambang ini yaitu berupa guratan – guratan tebing batu yang mempesona mengingatkan kita pada tempat wisata Garuda Wisnu Kencana Bali yang termasuk bekas tambang juga.

Tak hanya tebingnya yang indah, akan tetapi kita juga bisa naik ke atas tebing lewat anak tangga dari batu yang sudah dibuat oleh warga masyarakat sekitar. Kita dapat menyaksikan keindahan Kota Jogja dari ketinggian di atas tebing ini. Selain itu juga pemandangan Gunung Merapi yang bisa tampak jelas bila cuaca sedang cerah. Terlebih apabila kita berkunjung pada saat malam hari, kita bisa menyaksikan indahnya kelip – kelip lampu yang tersebar di Kota Jogja.

Tebing Breksi Malam Hari

Banyak para pengunjung yang datang ke sana hanya sekedar berfoto-foto dengan latar belakang keindahan bebatuan yang menyusun tebing. Bila pengunjung menaiki anak tangga untuk menuju ke puncak tebing, mereka dapat memandang lansekap kota Jogja, Candi Prambanan, Candi Boko, dan bahkan pesawat yang turun naik di bandara Adi Sucipto.

Tebing Breksi tidak cuma seru dikunjungi saat pagi maupun sore. Tebing Breksi malam hari pun sangat indah dengan cahaya dari lampu-lampu yang terpasang di dinding tebing. Yang lebih memukau, saat pengunjung naik ke puncak tebing mereka pun dapat melihat kerlap-kerlip lampu kota Yogyakarta dari ketinggian.

Untuk yang tertarik akan melihat indahnya matahari saat mulai tenggelam (sunset), sebaiknya datang dari sore hari sehingga tak ketinggalan momen yang hanya berlangsung beberapa menit itu. Sementara yang datang di pagi hari, panorama di atas Tebing Breksi kala mentari mulai bersinar sangatlah eksotis. Dari puncak tebing saat cuaca cerah para pengunjung bisa menyaksikan megahnya Candi Prambanan, Candi Sojiwan dan Candi Barong dari kejauhan.

Kunjungi Juga :

Tebing Breksi Jogja sunset

Berwisata ke Tebing Breksi membutuhkan pemilihan waktu yang pas sesuai tujuannya. Jika pelancong ingin melihat matahari pagi yang bersinar atau sunrise maka silahkan datang mulai jam 5 pagi. Menyaksikan matahari yang mulai menyembul di ufuk timur dari puncak tebing sangatlah menyenangkan hati.

Sementara bila sedang merindukan cantiknya matahari kala mulai tenggelam atau sunset, traveler sudah harus tiba di tempat ini dari jam 5 sore. Tebing Breksi Jogja sunset sangatlah indah dan menunjukkan kebesaran Tuhan yang menciptakan ini semua. Agar bisa menikmati Tebing Breksi Jogja sunset bila wisatawan menginap di Kota Yogyakarta maka harus juga memperhitungkan waktu tempuh dengan potensi kepadatan lalulintas di sore hari.

Denah Tebing Breksi

Benar-benar seru saat tiba di lokasi Tebing Breksi ini yaitu panorama tebing menjulang tinggi yang mempesona. Saat para pengunjung berada di puncak tebing setelah mendaki dengan anak tangga yang sudah disediakan, pertama dilihat adalah Candi Prambanan, Candi Sojiwan, Candi Barong, view gunung Merapi, view kota Jogja yang ada di kejauhan.

Tak sekedar menyuguhkan pemandangan sekitar dari kejauhan, di lokasi ini pun para pengunjung bisa mencoba tantangan dengan olahraga panjat tebing atau bersepeda. Baik selfie atau foto Prewedding mampu menghasilkan foto keren berlatar belakang panorama yang sangat indah. Denah Tebing Breksi terdiri dari beberapa bagian.

Saat masuk ke lokasi, di sebelah kanan sudah disiapkan tempat yang cukup luas untuk parkir motor dan mobil. Di bagian sudut dari area parkir pun sudah dilengkapi toilet. Kemudian masuk ke Tebing Breksi, di sebelah kanan area sudah berdiri bangunan mushola dan toilet. Sementara di sudut kiri berdekatan dengan Tebing Breksi sudah disiapkkan lokasi panggung pertunjukan berbentuk melingkar dan bangku-bangku mengitarinya menghadap tebing. Panggung Masa Depan tersebut digunakan untuk mementaskan aneka pertunjukan seni budaya dan memiliki acara rutin sekali setahun.

Jam Buka Tebing Breksi

Tiap harinya jam buka Tebing Breksi dari pagi jam 07.00 sampai sore hari jam 15.00. Para pengunjung bisa menyesuaikan sendiri. Artinya bila berencana hendak melihat panorama matahari tenggelam atau sunset yang sangat cantik maka bisa datang sore menjelang petang.

Sebaliknya bila bermaksud menyaksikan panorama wilayah Sleman, Bantul, dan Yogyakarta dari ketinggian maka paling tepat jika berkunjung di pagi hari saat matahari mulai bersinar. Disarankan tak datang di siang hari sebab bisa dipastikan panas matahari menyengat sementara di sana minim tempat berteduh maupun pepohonan.

Biaya parkir di Tebing Breksi

Obyek wisata Tebing Breksi tak sulit diakses menggunakan motor, mobil pribadi dan bahkan bus pariwisata. Masuk di kawasan wisata Tebing Breksi para wisatawan tak diharuskan membayar karcis retribusi. Mereka cuma membayar biaya parkir sebesar Rp.2 ribu untuk motor dan Rp.5 ribu untuk kendaraan roda empat.

Harga Tiket Masuk Tebing Breksi

Kemudian untuk harga tiket masuk Tebing Breksi pada saat ini gratis.Dan pada saat hari libur baik libur nasional atau liburan anak sekolah, tebing breksi ini relatif ramai. Jadi jika anda ingin menikamati wisata ini saat sepi, hindarilah hari hari tersebut.Di sini terlihat deretan warung makan yang rapi menjajakan aneka makanan dan minuman bagi para pengunjung. Disediakan pula bangku-bangku panjang menghadap ke Tebing untuk para wisatawan.

Kegiatan yang bisa dilakukan di tempat wisata ini diantaranya yaitu berfoto selfie dengan latar belakang tebing. Pengunjung pun bisa berswafoto dengan naik ke puncak Tebing Breksi melalui anak tangga yang sudah disediakan. Di puncak sudah disediakan perlengkapan keamanan oleh petugas yang harus dikenakan sebelum berfoto. Aktifitas lain yang juga sangat menarik yaitu naik mobil off road mengelilingi lokasi.

Fasilitas Di Tebing Breksi

Di area wisata tebing breksi tersedia mulai dari toilet, tempat ibadah, tempat sampah, area outbound, da jalur offroad menggunakan jeep.  Tidak ketinggalan adalah pusat kuliner berupa kios-kios yang menjual aneka makanan dan minuman untuk keperluan pengunjung.

Yang juga menarik dari lokasi wisata ini adalah Tlatar Seneng yaitu sebuah panggung pertunjukkan yang dilengkapi bangku-bangku dengan penataan melingkar bak olosseum di Roma Italia. Di tengah-tengahnya terdapat hamparan rumput membulat dengan garis tengah sekitar 15 meter. Tlatar Seneng difungsikan sebagai tempat pementasan kesenian dan budaya. Kebanyakan pengunjung memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto cantik berselfie atau foto prewedding.

Demikianlah informasi mengenai lokasi dan rute dari tempat wisata jogja Tebing Breksi. Semoga bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan anda tentang wisata yang ada di Jogja.