facebook_pixel

Lokasi dan Rute Sirah Kencong Bliter, Kebun Teh Dengan Sunrise Surgawi

Lokasi Kebun Teh Sirah Kencong – Jika berbicara tentang Jawa Timur, khususnya Blitar, maka yang akan langsung teringat adalah makam dari Sang Proklamator Ir. Soekarno yang memang berada di Blitar. Namun, ternyata siapa sangka bahwa wisata alam Blitar juga tak kalah dengan daerah wisata alam lainnya di Jawa Timur atau daerah lainnya di Indonesia. Belakangan yang sedang menjadi perbincangan di Blitar adalah Kebun Teh Sirah Kencong, karena keindahannya Sunrise-nya yang bahkan sanggup menarik perhatian seorang sutradara kelas Hollywood, Livi Zhen.

Ya, Sunrise di Kebun Teh Sirah Kencong merupakan salah satu unggulan yang ditawarkan oleh obyek wisata alam di Blitar ini. Meski keberadaannya sendiri sebenarnya sudah lama, tetapi tren selfie dan mengunggah foto di media sosial yang banyak dilakukan oleh anak-anak muda sekarang menjadikan obyek wisata alam ini semakin popular dan terkenal. Dan untuk mengakomodasi hal itu, pengelola wisata Kebun Teh Sirah Kencong telah menyediakan beberapa spot untuk berfoto. Selain itu juga terdapat beberapa fasilitas seperti gazebo, outbond area, serta camping ground.

Rute Menuju Kebun Teh Sirah Kencong Blitar

Yang menjadikan Kebun Teh Sirah Kencong ini menarik adalah karena pemandangannya yang menawarkan berbagai tempat istimewa, seperti Gunung Kelud yang eksotik di sisi barat, Gunung Kawi yang legendaris dan Gunung Butak di sisi timur. Beberapa gunung tersebut berpadu dengan sempurna untuk memberikan background terbaik yang bisa ditawarkan dari obyek wisata dataran tinggi. Sementara untuk menikmati sunrise, tempat terbaik untuk mengamatinya ada di puncak yang bernama Wukir Negoro, yang berada di ketinggian 2300mdpl. Untuk menuju Wukir Negoro, pengunjung masih harus mendaki sejauh kurang lebih 500 meter.

Lokasi Kebun Teh Sirah Kencong

Kebun Teh Sirah Kencong ini terletak di Desa Ngadirenggo, Kecamatan Wlingi, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Dari pusat kota Blitar, dibutuhkan waktu kurang lebih satu setengah jam untuk sampai ke lokasi Kebun Teh. Sebagaimana halnya wisata pegunungan, jalan menuju kebun teh ini lumayan menantang namun menyenangkan. Sebagai tambahan, di lokasi ini juga terdapat air terjun dan bangunan candi. Wisatawan disarankan untuk mengenakan baju tebal atau jaket karena suhu udaranya yang cukup dingin khas wisata dataran tinggi.

Baca juga : Lokasi Rumah Hobbit Blitar

Rute Menuju Kebun Teh Sirah Kencong

Rute menuju Kebun Teh Sirah Kencong ini terbagi menjadi dua jalur, yaitu melalui jalur Semen yang cukup berat, serta melalui jalur Tegalasri yang relatif lebih mudah. Dari kedua jalur ini pengunjung bisa memilih mana yang lebih disukai, jalur Semen atau jalur Tegalasri.

Via Jalur Semen

Jika memilih jalur Semen, maka yang harus ditempuh yaitu dari arah kota Blitar menuju Wlingi. Dari Wlingi lanjutkan perjalanan menuju Semen – Masjid Raya Wlingi belok kiri pada pertigaan pertama, kemudian pada perempatan pertama Perumahan Bening belok kanan, kemudian belok kiri pada perempatan kedua hingga mencapai Pasar Semen.

Dari Pasar Semen belok kanan pada jalan bercabang hingga menemukan jalanan berbatu yang merupakan jalan menuju Sirah Kencong. Jarak yang harus ditempuh kurang lebih sepanjang 11 km, hingga menemukan jalan bercabang. Kedua jalur bercabang tersebut akan sampai ke Sirah Kencong, namun jalur di kiri merupakan jalur yang lebih pendek. Sementara jalur kanan lebih jauh dan cukup sulit, namun memberikan pemandangan yang lebih asri dan indah. Jalur ini bisa ditempuh menggunakan mobil 4WD atau motor trail.

Via Jalur Tegalasri

Rute menuju Kebun Teh Sirah Kencong Blitar via Jalur Tegalasri lebih mudah dilewati daripada jalur Semen. Untuk menggunakan jalur ini, dari pertigaan Kawedanan Wlingi ke arah utara sampai Tegalasri, kemudian belok kiri di pertigaan Tegalasri. Di jalur tersebut terdapat hutan sengon, lurus terus melewati SD Ngadirenggo 2 kemudian belok kanan pada pertigaan setelah bangunan sekolah tersebut.

Setelah melewati Hutan Pijiombo dan Pabrik Susu belok kanan, maka jalur tersebut merupakan jalur menuju Kebun Teh Sirah Kencong. Jalanan yang beraspal sangat memudahkan wisatawan karena jalan aspal tersebut sudah mencapai rute yang cukup dekat dengan lokasi Kebun Teh, kurang lebih satu kilometer sebelum lokasi. Parkir akan dikenakan melewati rute ini.