Rute Rumah Pohon & Curug Ciherang – Bogor sudah menjadi salah satu destinasi wisata yang terkenal dengan keindahan alamnya. Ada banyak spot menarik yang bisa dijelajahi para pengunjung. Bahkan, tiap tahunnya berkembang tempat wisata baru yang memiliki daya tarik tersendiri.

Banyaknya tempat wisata alam di Bogor rasanya cukup mampu untuk menyegarkan kembali pikiran dan raga yang sudah terkikis oleh rutinitas di ibukota. Bogor dan wisata alamnya yang indah adalah sesuatu yang tak bisa dipisahkan.

Selain Rumah Pohon Pabongbon, salah satu tempat wisata baru di Bogor yang bisa kamu kunjungi adalah Curug Ciherang. Belakangan rumah pohon curug ciherang menjadi favorit para wisatawan saat akhir pekan. Karena menyuguhkan pemandangan alam yang begitu indah dan juga mempesona.

Dibawah ini kami berikan shortcut link untuk Anda yang mau loncat ke sub topik yang Anda langsung ingin baca (tanpa perlu scroll scroll).

Contohnya dibawah ini, Anda bisa langsung lompat ke sub topik Lokasi, Rute, ataupun Harga Tiket dari Curug Ciherang Bogor ini dengan mengklik shotcut linknya 🙂

Lokasi Curug Ciherang Bogor:

Curug ciherang ini terletak di Desa Warga Jaya, Sukamakmur, Kabupaten Bogor. Untuk sampai di lokasi air terjun, para pengunjung harus berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 15 menit dari gerbang masuk. Indahnya pemandangan alam yang hijau akan menemani perjalanan anda sehingga tak akan terasa membosankan.

Curug Ciherang sendiri memiliki ketingian lebih kurang 30 meter. Debit airnya lumayan besar, yang akan membuatmu basah jika berada didekatnya. Di bawah air terjun tersebut terdapat kolam kecil yang biasa dijadikan tempat untuk bermain air atau berendam para pengunjung.

Lokasi rumah pohon Curug Ciherang Bogor
Lokasi rumah pohon Curug Ciherang Bogor

Lokasinya yang berada di ketinggian, membuatmu bisa melihat view pegunungan disekelilingnya. Bermain air di kolam kecil  yang berada didepan air terjun atau merasakan guyurana air yang menghantam badan adalah beberapa aktivitas yang bisa kamu lakukan.

Akan tetapi anda harus tetap berhati-hati, permukaan batu disini memang licin sehingga jika tak berhati hati anda bisa tergelincir. Selepas puas bermain air, naiklah ke rumah pohon yang menjadi spot foto ngehits belakangan ini.

Pesona Rumah Pohon Ciherang Bogor:

Akhir akhir ini, berfoto di ketinggian dengan view pemandangan alam sebagai background memang lagi populer di kalangan para pelancong.

Oleh sebab itu pengelola curug ciherang juga terinspirasi untuk membangun sebuah rumah kayu lengkap dengan jembatan gantungnya. Spot ini banyak menarik perhatian para pengunjung yang datang liburan di Bogor.

Pada lokasi ketinggian kurang lebih 900 mdpl, pengunjung dapat menikmati pemandangan indah yang akan memanjakan mata.Spot favorit berfoto yang banyak digunakan wisatawan adalah jembatan di rumah pohon tersebut. Dengan angle yang pas, kamu bisa mendapatkan berbagai foto yang terlihat sangat menarik.

Rute Rumah pohon Ciherang Bogor
Rute Rumah pohon Ciherang Bogor

Setelah puas bermain di Rumah Pohon Curug Ciherang, nggak ada salahnya melanjutkan perjalanan ke air terjunnya.

Anda harus trekking sekitar 10-20 menit hingga tiba di lokasi dari tempat pembelian tiket. Para wisatawan dapat dimanjakan dengan kesegaran dan kejernihan air yang ada di sana.

Rute Menuju ke Curuh Ciherang:

Rute Curug Ciherang Dari Jabodetabek (Tidak Lewat Tol)

Untuk kamu yang berangkat dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang Bekasi dan sekitarnya yang hendak menggunakan kendaraan bermotor atau tidak melewati jalur tol, sebenarnya rute meuju Curug Ciherang satu arah dengan rute menuju objek wisata Curug Leuwi Hejo, Curug Kencana dan Gunung Pancar.

Jadi, rute pertama yang harus dilalui adalah menuju Sentul City. Setelah sampai di Sentul City cukup mengikuti jalan ke arah Jungle Land dan nanti akan menemukan jalan perkampungan yang ada di sebelah kanan sebelum pintu masuk Jungle Land. Lalu nanti akan ketemu Tulisan Curug Kencana dan ikuti saja jalan perkampungan menuju Curug Kencana, kurang lebih sekitar 30 km dari Sentul City.

Setelah itu nanti akan ketemu pertigaan Gunung Pancar dan pilih lurus saja jangan ke arah Gunung Pancar. Sesampainya di Curug leuwi hejo dan Curug Kencana lurus terus sampai pertigaan Curug Kembar/Loji lalu ke kiri, bukan kearah curug kembar. Nanti ketemu pertigaan ke arah Jonggol beloklah ke kanan sampai pasar di wilayah perbatasan Jonggol dan terakhir belok lah ke kanan setelah itu nanti akan sampai di Curug Ciherang.

Seperti ini detail jalur dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi menuju Curug Ciherang :

Sentul City -> Jungleland -> Jalan Perkampungan Ke Arah Curug Kencana -> Pertigaan Gunung Pancar Lurus (bukan ke arah gunung pancar)-> Sampai di Curug Leuwi Hejo dan Curug Kencana -> Lurus terus ada pertigaan Curug Kembar/Loji lalu Ke kiri (bukan ke arah curug kembar -> Pertigaan ke arah jonggol ke kanan -> Pasar di wilayah perbatasan Jonggol ke kanan -> Sampai di CURUG CIHERANG.

Rute Curug Ciherang Dari Bandung

Jika berangkat dari Bandung, kamu dapat berkendara menuju kantor Kepala Desa Hegarmanah. Ketika anda tiba di pertigaan Sukaluyu, ambillah jalur ke arah kanan menuju Jl. Raya Cibogo-Ciranjang. Setelah melewati PT. Modern Widya Technical, nanti akan ketemu pertigaan dan beloklah ke kanan melalui jl. Cinangsi-Cibogo. Setelah itu lanjutkan perjalanan sampai Kantor Kepala Desa Cinangsi dan lanjutkan terus perjalanan hingga menemukan SPBU Cinangsi di sebelah kiri. tak jauh dari SPBU tersebut ambilah jalur yang mengarah ke kiri kea rah Mekargalih.

Lanjut terus hingga melewati Kokot Mekargalih dan terus saja sampai di Jl. Transyogi. nantinya akan ketemu SDN Nyengcle yang berada di depan pertigaan. Dari SDN Nyengcle lurus terus sampai tiba di TPA Gunungbatu, lalu belok lah ke kiri dan lurus terus sampai melewati Warung nasi Teh Ida dan belok kanan di Jl. Wanayasa lalu ikuti jalan tersebut hingga tiba di tujuan.

Untuk lebih mudahnya anda bisa menggunakan Google Maps untuk mendapatkan bantuan rute tercepat meuju Curug Ciherang. Disarankan sebelum berangkat download lah rute menuju Curug Ciherang yang telah di input di Google Maps sehingga tidak perlu khawatir lagi tersesat karena gangguan sinyal.

Harga Tiket Masuk Curuh Ciherang:

Untuk informasi harga tiket masuk Curug Ciherang terbaru di akhir tahun 2017, per orang dikenakan tarif sebesar Rp 15.000. Dan apabila ingin mengunjungi Rumah Pohon dan Jembatan gantung nya per orang cukup menambah Rp 2000 dan setelah itu kamu bebas berselfie ria di tempat yang lagi ngeHits ini.

Untuk Biaya parkir nya termasuk lebih mahal dibandingkan tempat isata alam lainnya. Jika untuk motor dikenakan biaya Rp 5.000, sementara untuk mobil biayanya Rp 25.000.

Namun, meskipun harganya yang lebih mahal dari tempat lain tetap tidak menyurutkan niat pengunjung karena harga yang dibebankan masih termasuk murah untuk pengunjung yang ingin melepaskan penat dari kesibukan pekerjaan di kota dan menikmati keindahan alam Curug Ciherang.

Jam Operasi Curug Ciherang:

Buat kamu yang tidak sabar ingin segera mengunjungi Curug Ciherang, ada baiknya mengetahui jam berapa Curug Ciherang ini beroperasi.

Objek wisata Curug Ciherang selalu dibuka untuk umum setiap hari Senin sampai dengan Minggu sejak pukul 07.00 dan tutup pada pukul 18.00 WIB.

Di hari Sabtu dan Minggu suasana di lokasi Curug Ciherang akan ramai oleh para wisatawan dari Jakarta yang ingin menghabiskan liburan akhir pekan bersama keluarga.

Info 2 Penginapan Di Curug Ciherang:

Ingin merasakan sensasi kesejukan bermalam di kawasan Curug Ciherang ?

Jika ingin merasakan sensai bermalam dengan suasana alami, kamu bisa mendirikan tenda di camping ground yang telah disediakan oleh pengelola. Apabila membawa tenda sendiri, kamu cukup membayar biaya sebesar Rp 75.000 semalam untuk camping di kawasan Curug Ciherang. Harga ini masih jauh lebih murah daripada menginap di villa, apalagi harga segitu dikenakan untuk satu tenda, bukan per orang.

Lalu, bagaimana jika wisatawan ingin bermalam di penginapan di dekat Curug Ciherang ? di sekitaran kawasan Curug Ciherang sudah berdiri beberapa villa yang bisa disewakan untuk 2 orang atau villa yang bisa dimanfaatkan untuk 8 orang.

Berikut daftar penginapan yang bisa kamu jadikan referensi :

1. Villa Naga Jonggol

Penginapan ini berada di Kampung Jonggol Resort, Suka Damai, Suka Makmur, Bogor. Villa Naga mulai beroperasi pada bulan September 2011 dengan menempati lahan seluas 25 meter persegi dan masih dalam tahap perluasan.

Sebagai sebuah penginapan, Villa Naga telah didukung dengan fasilitas seperti restoran, AC, kolam renang, aneka permainan (water boom, motocross, dan paint ball), aula, musholla hingga camping area. Artinya, Villa Naga cocok dijadikan sebagai penginapan untuk kebutuhan keluarga maupun perusahaan.

Untuk tarif tipe kamar mulai dari Rp 350.000 per malam, sedangkan untuk tipe villa tarifnya Rp 1.500.000. kamu bisa booking melalui nomor telpon 087781413393

2. Villa Tjokro

Villa ini berada di Jl. Raya Puncak Km.84 Ciburial, Cisarua, Puncak dan hanya berjarak 4,33 km dari Curug Ciherang.

Villa ini terdiri dari 4 tipe kamar. Ada tipe superior dengan harga 300ribuan, tipe deluxe dengan harga 600ribuan, tipe grand deluxe dengan harga 800ribuan dan tipe suite dengan harga 1,6juta. Setiap kamar memiliki fasilitas berbeda-beda, namun untuk kebutuhan keluarga vvilla ini cocok dijadikan tempat bermalam karena fasilitasnya yang lengkap dengan lokasi yang langsung menghadap ke pemandangan alam.

Di kawasan Kabupaten Bogor ini sendiri, masih banyak sekali pilihan objek wisata lainnya selain Curug Ciherang. Beberapa di antaranya seperti kawasan Bukit Batu, kawasan Hutan Pinus, Curug Cipamingkis & masih banyak lagi tempat wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi.

Bermain di Rumah Pohon Curug Ciherang dan air terjunnya dapat menjadi pilihan yang pas saat menikmati liburan akhir pekan yang sangat mengasyikkan di Bogor.