Lokasi Pule payung Kulon Progo – Musim liburan 2017 telah tiba. Tahun ini, musim liburan sngat spesial karena bersamaan dengan libur sekolah, dan cuti bersama lebaran 2017. Dengan waktu yang cukup panjang hampir 10 hari, membuat banyak orang menghabisakan liburan lebaran di tempat tempat wisata baru. Salah satu tempat wisata yang sangat dipadati pengunjung saat musim mlibur lebaran adalah Kali Biru. Spot wisata alam dengan panorama pegunungan, serta gardu pandang berlatarbelakang Waduk Sermo itu bahkan sudah menjadi Landmark Kulon Progo. Tak heran jika banyak yang rela antri berjam-jam hanya demi mendapatkan foto di Kali Biru.

Namun seiring dengan semakin membludaknya pengunjung, banyak yang kecewa karena antriannya terlalu lama sehingga membuat kurang nyaman. Tapi kini bagi Anda yang ingin mendapatkan foto berlatarbelakang Waduk Sermo ala Kali Biru, tak perlu cemas lagi. Sebab, di musim libur lebaran 2017 ini ada sebuah wisata baru yang tak jauh dari Akli Bitu bernama Pule Payung. Lokasi Pule Payung ini juga tak jauh dari spot wisata Kali Biru. jaraknya hanya sekitar 1 km saja dari wisata Kali Biru. Spot yang ditawarkan di Pule Payung ini hampir sama dengan apa yang disajikan di Kali Biru, sehingga bagi yang ingin mendapatkan foto selfie dengan latar Waduk Sermo bisa mencoba wisata baru Kulon Progo ini.

Lokasi Pule Payung Kulon Progo
Lokasi Pule Payung Kulon Progo

Ada beberapa spot menarik, selain gardu pandang berbentuk heksagonal yang cukup besar, ada juga gardu pandang berbentuk jembatan di ketinggian. Gardu pandang yang satu ini menjadi ikon dari Pule Payung. Panorama alam berupa pegunungan dan suasana sejuk menjadi andalan wisata baru ini. Jadi, selain mendapat foto eksotis ala-ala kali biru, kita juga mendapatkan pemandangan yang sangat mengagumkan, tanpa harus menunggu antrian terlalu lama tentunya.

Lokasi Pule Payung Kulon Progo

lokasi wisata baru Kulon Progo yang menjadi alternatif dari Kali Biru ini tak jauh dari kali Biru. Tepatnya berada di Dusun Saropati Desa Hargotirto Kecamatan kokak kabupaten Kulon Progo. Lokasi Pule Payung ini juga sejalur dengan Tebing Gunung Gajah yang kemarin sempat kami ulas, sehingga bisa menjadi satu paket wisata bagi keluarga Anda.

Rute Menuju Pule Payung Hargotirto

Untuk menuju ke Pule Payung, rute yang bisa diambil tentu saja menlalui rute Kali biru. Dari arah Kota Jogja, langsung saja melalui Jalan Godean, lurus ke barat mengikuti jalan terus hingga sampai di goa Kiskendo. Kemudian ambil kiri arah ke Taman Sungai Mudal dan air terjun Kembangsoka. Setelah sampai di persimpangan jalan habis Gapura Air terjun Kembang Soka, silakan ambil kiri ke arah Kali biru (kalau ke kanan arah Tebing Gunung gajah). Kemudian ikuti jalan sampai di Kali biru sudah ada plang penunjuk rute Pule Payung.

rute menuju Pule Payung
rute menuju Pule Payung

Harga Tiket Masuk Pule Payung

Objek wisata Pule Payung baru dibuka mulai Maret 2017 lalu. Saat ini memang masih terbilang sepi, namun di musim lebaran 2017, penggunjung juga sudah muali ramai. Harga tiket masuk Pule Payung adalah Rp. 5.000/orang dengan harga untuk foto selfie Rp. 5.000/orang.