Paralayang Batu – merupakan salah satu objek wisata alam terkenal di kota Batu yang menjadi favorit banyak orang di kota malang. Bukit wisatanya dinamakan sebagai Paralayang Batu karena pada awalnya tempat ini sering dijadikan sebagai tempat atlet terjun payung untuk melakukan olahraga udara ekstrim dengan menggunakan parasut sehingga akhirnya nama paralayang disematkan kepada tempat wisata ini.


Tempat Terjun Payung Tingkat Dunia

Apalagi pada tahun 2011 Paralayang Batu dijadikan sebagai tempat ajang terjun payung tingkat dunia yang diikuti oleh banyak atlet terjun payung dari berbagai penjuru dunia. Otomatis karena event tersebut menjadikan Paralayang Batu sebagai pioneer paralayang di provinsi Jawa Timur . Dan dari tahun ke tahun pengunjungnya semakin ramai dikunjungi oleh wisatawan baik wisatawan domestik maupun wisatawan asing.

Tak heran jika ketempat ini Anda akan bertemu dengan wisatawan dari luar negeri yang datang ke tempat ini karena kota Malang juga dikenal dengan berbagai objek wisata alam nya dijadikan sebagai destinasi wisata yang tak kalah menariknya dari Bandung, Yogyakarta ataupun Bali yang sering dijadikan destinasi wisata oleh para bule.

paralayang batu image by http://www.agentwisatabromo.com

Berbicara mengenai keindahan, tentunya itu yang dicari oleh para wisatawan ke Paralayang batu. Tempat ini memang bukan satu – satunya puncak tertinggi di kota malang namun ia nya merupakan satu2nya puncak di kota batu yang strategis langsung menghadap ke kota Batu dan sekitaran bukit yang ada di sekitar paralayang.

Keindahan di Paralayang Batu

Baik siang maupun malam, Anda akan selalu menemukan keindahan yang dimiliki oleh tempat ini. Jika Anda datang pada saat matahari masih menampakkan sinarnya maka Anda pasti bisa melihat pemandangan hijau pepohonan dan hutan di sekitaran Paralayang Batu.

Anda juga bisa mencoba pengalaman ekstrim di Paralayang Batu dengan melakukan terjun payung dengan ditemani oleh instruktur. Bagaimanapun cara Anda menikmati keindahan kota Batu dari atas udara tentunya merupakan salah satu cara terbaik untuk menikmati dan mensyukuri ciptaan Tuhan betapa indahnya dunia yang diberikan untuk kita.

Paralayang Batu Malam Hari

Bahkan jika Anda datang pada malam hari ketika udaranya semakin sejuk, Paralayang Batu akan semakin mengeluarkan keindahannya dengan pemandangan kelap – kelip lampu kota Batu yang bisa Anda nikmati dari atas Paralayang Batu.

Ya, pemandangan di malam hari ini bagaikan melihat “Bintang di Bumi” yang menambah kesan romantis untuk diri Anda sendiri maupun pasangan. Bahkan tak jarang banyak yang datang pada malam hari supaya bisa mengambil foto dengan latar belakang kelap – kelip lampu kota.

paralayang batu malam hari image by https://jejakku.co

Di tempat ini Anda bisa datang bersama-sama dengan orang-orang terdekat untuk memberikan kenangan momen baru, mendiskusikan berbagai hal-hal kecil sampai hal yang penting sekalipun. Siapa bilang yang sudah menikah dan berumah tangga tidak bisa melakukan hal romantis di tempat ini. jika anda sudah berkeluarga dan memiliki pertengkaran kecil dengan pasangan, Anda anda bisa mengajak menyelesaikannya di tempat ini dan diakhiri dengan menikmati keindahan malam sambil membawa pulang perasaan melegakan sekaligus membahagiakan dari tempat ini.

Selain bisa menikmati kebersamaan, di Paralayang Batu anda juga bisa kok menjadikan tempat ini sebagai tempat merenung ataupun muhasabah diri atas kehidupan anda. Istilahnya me time. Bagi diri Anda sendiri.

Paralayang Batu Rumah Pohon

Berdekatan dengan Paralayang Batu juga terdapat wisata lain, yaitu Omah Kayu. Tempat ini merupakan sebuah rumah diatas pohon seluas 3×3 meter yang secara keseluruhan bahan bangunannnya terbuat oleh kayu. Untuk menikmati pemandangan dari tempat ini Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 saja. Sangat murah, bukan ?

Lokasi dan Akses Menuju Paralayang Batu

Bagaimana ? Apakah Anda tertarik untuk cepat-cepat mendatangi Paralayang Batu ? jika Anda tertarik ingin mengunjungi tempat ini, ada dua jalur yang bisa Anda pilih. Anda bisa datang dari arah Pujon ataupun dari kota Batu. Tempat ini tidak sulit kok untuk ditemukan. Semua orang di kota Batu sudah hafal dengan tempat ini. Tinggal tanyakan saja ke penduduk sekitar kota batu pasti mereka akan menunjukka arah jalannya tanpa takut tersasar.

Namun pastinya, akses jalannya tidak bisa dilalui oleh bus yang membawa wisatawan dalam jumlah banyak, karena medan jalannya yang menanjak dan menikung akan membahayakan wisatawan yang menggunakan bus maupun pengendara lain.

Untuk akses jalan menuju paralayang sangat bisa dilalui oleh kendaraan bermotor maupun mobil. Lokasinya yang hanya 15 menit dari alun – alun kota Batu atau 45 menit dari kota Malang yang tentunya perjalanan singkat ini tidak akan membuat Anda stress di jalan sebelum sampai ke Paralayang Batu karena jaraknya yang dekat.

paralayang batu image by https://jejakku.co

Harga Tiket Masuk

Bayangkan saja, untuk menikmati pemandangan alam dari Paralayang Batu Anda hanya dikenakan tarif Rp 5.000/orang dengan biaya parkir Rp 5.000. Selain itu untuk memasuki area Omah Pohon Anda akan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang dan jika menginap di Omah Pohon akan dikenakan tarif Rp 350.000 per malam. Harga yang sangat murah untuk menikmati keindahan alam dari atas bukit dengan udaranya yang sejuk.

Harga Paket Paralayang

Sedangkan olahraga Paralayang memiliki harga yang bervariasi. Paket A (Basic) Rp 350.000, Paket B (Medium) 400.000, Paket C (Advanced) Rp 450.000 dan Paket D (Premium) Rp 500.000. Paket tersebut bukan digolongkan menurut keahlian, namun lebih mengedepankan tentang fasilitas yang Anda dapatkan di setiap harga Paralayang yang Anda pilih.

Fasilitas di Lokasi Wisata

Fasilitas di paralayang juga sudah lengkap. Terdapat fasilitas yang mendukung untuk berlama-lama diatas paralayang batu, seperti warung makan yang berjejer, mushola yang bersih dan tempat parkir luas serta kamar mandi. fasilitas ini bisa dijaga dengan baik karena harga tiket yang Anda bayarkan juga digunakan kembali untuk merawat fasilitas di Paralayang Batu.

Yang penting sebagai wisatawan jadilah pengunjung yang peduli dengan kebersihan lingkungan. Anda datang karena keindahannya maka pastikan meninggalkannya pun tanpa meninggalkan sampah Anda berserakan di sekitar Paralayang Batu.

jadi kapan Anda akan ke paralayang batu ? Tentu dengan segala penjelasan diatas rasanya paralayang batu pantas dimasukkan ke dalam daftar jalanjalan Anda. Selamat Berwisata!