Lokasi Puncak Hoza Labura – Tren wisata dengan gardu pandang kini memang menjamur seperti cendana di musim hujan. Di mulai dengan boomingnya spot selfie di daerah Bantul, Jogja, kini hampir semua daerah memiliki spot wisata serupa. Tak hanya di daerah Jawa saja, ternyata banyak spot wisata di luar Jawa juga mengembangkan wisata ala gardu pandang. Salah satu yang sedang menjadi hits adalah Puncak Hoza Labura Sumatera Utara.

Puncak Hoza adalah wisata baru yang terletak di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Tempat ini menjadi buruan para traveler yang hobi selfie karena memiliki panorama alam yang begitu bagus, dengan spot gardu pandang ala wisata Jogja. Dengan berkunjung ke Puncak Hoza ini traveler akan serasa liburan di Jogja, karena spot-spot selfienya mirip dengan apa yang ada di daerah Mangunan dan sekitarnya.

Lokasi Puncak Hoza Labura
Lokasi Puncak Hoza Labura

Lokasi Puncak Hoza Labura ini berada di ketinggian sekitar 600 mdpl. Banyak spot selfie sedang dibangun, salah satu yang paling difavoritkan adalah spot selfie berbentuk Love dan bentuk perahu seperti di Jurang Tembelan. Pengunjung dapat berfoto di sini dengan background hamparan dataran hijau yang dipagari pegunungan. Selain itu ada juga spot sarang burung seperti di Bukit Mojo dan rumah pohon dengan jembatan yang menghubungkan antar beberapa pohon. Pokoknya tempat ini sangat cocok bagi yang doyan foto selfie hits kekinian. Hanya saja rute menuju Puncak Hoza Labura ini memerlukan perjuangan, namun semua akan terbayar impas ketika kita sudah sampai di puncaknya.

Lokasi Puncak Hoza Labura

Puncak Hoza Labura ini memiliki nama lain seperti puncak pamike, bukit gundul, puncak padang lompong, bukit kampung yaman, dan bukit Telkom. Namun setelah diresmikan beberapa waktu lalu, disepakati wisata baru di labuhanbatu utara ini dinamakan Puncak Hoza Labura. Lokasinya berada di Kampung Yaman Kecamatan Aek Natas Kabupaten Labuhanbatu Utara Propinsi Sumatera Utara. Letaknya tak jauh dari jalur Lintas Sumatera sekitar 2 km dari jalan utama.

Rute Menuju Puncak Hoza Labura

Untuk jalan paling cepat yang diambil, rute Puncak Hoza Labura ini silakan mengikuti arah Aek Kanopan, kemudian ambil Rantau Parapat. Setelah itu melewati Pamingke, dan sampai di Kampung Yaman melalui Kecamatan Aek Natas. Sesampainya di tugu selamat datanf, sudah banyak plang penunjuk ke Puncak Hoza Labura. Ikuti saja petunjuk arah tersebut.

Rute Menuju Puncak Hoza Labura
Rute Menuju Puncak Hoza Labura

Harga Tiket Masuk Puncak Hoza Labura

Untuk menikmati sensasi liburan ala Jogja di Puncak Hoza Labura, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 15.000. Dengan tiket masuk tersebut, pengunjung tak perlu lagi membayar ketika ingin berfoto di spot spot selfie, namun harus antri ketika yang ingin berfoto banyak jumlahnya. Pengunjung yang berfoto di spot selfie Puncak Hoza Labura dibatasi 5 menit saja.

Update: Saat ini Puncak Hoza Labura ditutup untuk sementara waktu karena masalah Pungutan Liar. Rencananya akan ditutup sampai bulan Agustus, dan pengelola akan membenahi manajemen serta wahana yang ada.