Curug Cimahi – Jalan-jalan ke Bandung tak lengkap rasanya tanpa mengunjungi tempat wisata yang ada di kota ini. Curug Cimahi merupakan salah satu tempat wisata favorit yang bisa dijadikan referensi untuk Anda berlibur bersama keluarga.

Lokasinya berada di ketinggian 1050 meter dari atas permukaan laut membuat tempat wisata ini memiliki hawa yang sejuk dan segar khas alam pegunungan.

Curug Cimahi dibuka untuk umum sejak tahun 1992 silam, dan sempat ditutup selama 4 tahun untuk renovasi serta revitalisasi pada 2010 sampai 2014.

curug cimahi image by https://www.tripadvisor.com

Sekarang ini tempat wisata Curug Cimahi telah hadir dengan konsep baru yang lebih menarik dan fasilitas tambahan yang lebih lengkap untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung di tempat ini.

Lokasi Curug Cimahi

Lokasi Curug Cimahi beralamat di Jl Kolonel Masturi, Ds Kertawangi, Kec Cisarua, Kab Bandung Barat. Lokasinya tidak jauh dari kawasan wisata Lembang.

Letaknya yang berada di ketinggian 1050 meter dari atas permukaan laut membuat suhu udara di Curug Cimahi ini sangat sejuk dan segar, yaitu sekitar 18-22 derajat Celsius.

Mitos Curug Cimahi

Bicara soal mitos, kita mungkin sering mendengar sejumlah mitos di banyak tempat wisata yang ada di Indonesia. Begitu juga dengan Curug Cimahi, ada cerita mitos yang berkembang di kawasan wisata ini.

Tidak diketahui secara pasti kapan curug ini ditemukan. Menurut cerita warga, Curug Cimahi ditemukan oleh 3 orang yang bernama Jajang, Engkos, dan Dani pada 31 tahun silam. Merekalah yang konon membuka dan merintis pembangunan curug ini.

Mitos Curug Cimahi banyak diceritakan oleh warga bagi pengunjung yang datang bersama pasangan (pacar) konon hubungan mereka tidak akan bisa langgeng sampai pelaminan. Namun, bagi pasangan suami-istri tidak ada masalah dan tidak akan berdampak negatif bagi perkawinannya.

Nah, boleh percaya, boleh tidak. Tentu mitos-mitos semacam ini kembali ke diri Anda masing-masing. Jangan lupa berdoa di setiap melakukan perjalanan, semoga Anda senantiasa dilindungi oleh Yang Maha Kuasa.

Rute Menuju Curug Cimahi

Wisata air terjun yang memiliki tinggi 87 meter ini merupakan salah satu wisata air terjun yang tertinggi di Bandung. Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Curug Cimahi, rutenya sangat mudah diakses.

Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari pusat kota Bandung. Anda bisa menuju ke Curug Cimahi dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun angkutan umum. Bila Anda menggunakan kendaraan pribadi, baik mobil ataupun sepeda motor, rute yang dapat ditempuh adalah melalui jalur Cimahi yang mengarah ke Lembang.

curug cimahi image by http://www.antilogvacations.com

Atau Anda juga bisa melalui jalur Cihideung (Taman Bunga Cihideung) menuju ke arah Cisarua. Bila melewati rute dari kota Cimahi, wisatawan bisa melintasi Jl Kolonel Masturi melintasi Universitas Advent Indonesia, terus menuju ke terminal Parongpong.

Sementara bagi Backpacker yang menggunakan kendaraan umum, ada beberapa rute yang bisa tempuh. Pertama, Anda bisa naik angkutan umum dari terminal Ledeng jurusan Sukasari. Tiba di terminal Sukasari atau depan Villa Istana Bunga Anda bisa turun dan berjalan kaki sekitar 25 menit atau naik angkot lagi jurusan Cisarua – Lembang dan turun di depan pintu masuk Curug Cimahi.

Bila Anda datang dari arah kota Bandung, naik angkutan umum dari stasiun Bandung dengan trayek St. Hall – Lembang dan turun tepat di depan pintu gerbang wisata Curug Cimahi.

Tiket Masuk Curug Cimahi

Curug Cimahi buka setiap hari sejak jam 8 pagi hingga jam 9 malam. Bagi pengunjung yang datang akan dikenai tiket masuk seharga Rp 15 ribu per orang.

Fasilitas yang disediakan di objek wisata Curug Cimahi ini sudah lengkap. Pihak pengelola (Perhutani) memang menyediakan sarana penunjang untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan bagi para wisatawan.

Fasilitas yang disediakan antara lain seperti shelter atau pemberhentian untuk istirahat, area parkir, pagar pengaman, peta lokasi wisata, jalan setapak dengan anak tangga yang terlihat cantik, bangku-bangku, piknik site, mushola, pusat informasi, pos jaga, dan warung-warung makan di sekitar lokasi wisata.

Bagaimana, Anda tertarik untuk berkunjung ke Curug Cimahi? Segera rencanakan liburan Anda bersama keluarga ke Curug Cimahi.