Lokasi Gedong Pass – Semarang punya wisata baru lagi nih guys. Selain Lereng Gunung Kelir yang beberapa waktu lalu sudah kami ulas, ada spot baru di Semaranag yang hits Juni 2017 ini. Adalah Gedong Pass yang kini banyak dicari oleh traveler, khususnya yang berada di wilayah Semarang, Salatiga, dan sekitarnya. Gedong Pass ini menjadi salah satu wisata baru di Semarang khususnya saat musim liburan lebaran ini.

Menyajikan panorama pemandangan alam pegunungan, Lokasi Gedong Pass ini memang mirip-mirip dengan Lereng Gunung Kelir. Tempat ini mengandalkan gardu pandang sebagai obyek utama “jualannya”. Namun, keunikan yang membuat Gedong Pass ini ngehits dan viral di media sosial adalaha bentuk Gardu Pandangnya yang kekinia. Yups, jika kamu ingat Jurang Tembelan yang ada di Jogja sana, ternyata dapat kita temui di Gedong Pass Semarang ini. Spot selfie berupa deck perahu raksasa berdiri kokoh di tepi bukit. Pengunujung yang berfoto di spot Gedong Pass ini tentu terlihat sedang mengarungi langit dengan perahu besar.

Rute Gedong Pass Getasan Semarang
Rute Gedong Pass Getasan Semarang (foto IG @jogjajateng)

Banyak yang mengira spot perahu raksasa Gedong Pass ini berada di Jogja, namun ternyata Semarang punya guys. Di Lokasi Gedong Pass atau biasa juga disebut Gpass ini kita juga bisa menemukan gardu Pandang bertingkat berbentuk menara. Dari sini kita bisa berfoto dengan background 6 gunung kecil dan rawa pening.

Selain gardu pandang, pengunjung juga bisa menikmati tiga buah air terjun yang masih alami berada di lembah bagian bawah. Dinginnya air dan sejuknya udara membuat pengunjung bisa relaksasi dan menghilangkan penat pikiran sejenak. Gedong pass sendiri terletak di daerah ketinggian sekitar 1700 mdpl, sehingga udaranya begitu sejuk. Seringkali terdapat kabut tipis, sehingga bagi yang senang foto-foto ala negeri di atas awan juga bisa dilakukan di sini, tentunya saat menjelang fajar.

Lokasi Gedong Pass Tajuk Getasan

Dinamakan Gedong Pass karena memang wisata baru Semarang ini terletak di Dusung Gedong, tepatnya di Desa Tajuk Kecamatahn Getasan Kabupaten Semarang. Gpass berada di ;lereng Merbabu dan berjarak sekitar 40 km dari pusat kota Semarang. Berikut ini alamat GPS Gedong Pass Semarang yang bisa dijadikan patokan.

Rute Menuju Gedong Pass Getasan

Rute Gedong Pass Tajuk Getasan ini cukup mudah kok diakses. Bagi yang terbiasa menggunakan GPS/Google Map silakan cari di google dengan kata kunci Gedong Pass atau G-Pass. Namun bagi yang belum familiar tau tidak percaya GPS silakan ikuti rute Gedong Pass Semarang berikut ini :

Lokasi Gedong Pass saat malam hari
Lokasi Gedong Pass saat malam hari (IG: joe_potret)

Rute dari arah Salatiga dan Semarang, silakan menuju ke arah JLS (Jalan Lingkar Salatiga) menuju Getasan hingga menemukan koramil Geatasan, kemudian terus naik hingga ketemu pertigaan ambil lurus sampai Ngelo- Ngaduman. Kemudian terus lurus dan sampai di Dusun Gedong sudah ada beberapa plang penunjuk.

Baca juga 10 Wisata Baru di Semarang Yang Hits 2017

Harga Tiket Masuk Gedong Pass

Wisata Gedong Pass semarang ini termasuk wisata baru dengan spot selfie unik berupa Perahu besar. Enaknya lagi, jika berwisata di sini masih gratis, tiket masuknya belum bayar cukup memberikan donasi seiklasnya saja. Kita hanya perlu membayar ongkos parkir Rp. 2.000/motor.