Lokasi Bukit Monjet Sembalun – Spot tangan raksasa kini menjadi tren dalam pengembangan wisata berbasis gardu pandang. Spot selfie yang mulai diperkenalkan di Hitan Pinus Pengger ini memang langsung menjadi hits. Terbukti dari banyaknya daerah yang kemudian mengembangkan spot serupa. Sebut saja seperti di Coban putri Malang, dan yang terbaru ada di bukit Sembalun lombok. Untuk coban Putri Malang, tidak akan kami bahas pada postingan kali ini, karena sudah pernah sedikit kami singgung di 10 Wisata baru Malang 2017.

Spot wisata baru di Lombok bernama ukit Sembalun ini cukup unik. Meskipun menyajikan spot selfie berbentuk tangan raksasa yang “meniru” pinus pengger, namun wajib untuk dikunjungi jika kamu sedang berlibur di Lombok. Alasannya, selain mendapatkan sensasi foto selfie ala wisata baru Jogja, pemandangan di bukit monjet Sembalun ini sangat luar biasa indah. Meskipun Konsep yang diusung masih mainstream dengan mengandalkan pemandangan dan gardu pandang. Namun lanskap di ukit monjet Sembalun ini begitu memukau mata. berbeda dengan kawasan Hutan Pinus Pengger atau kawasan wisata di dlingo yang menampakkan lanskap berupa perbukitan dan dataran rendah.

Rute Bukit Monjet Sembalun
Rute Bukit Monjet Sembalun

Di lokasi bukit Monjet Sembalun ini terlihat background foto berupa persawahan yang begitu luas yang diapit perbukitan. Area sawah di bukit Sembalun ini terlihat seperti karpet raksasa dengan bentuk kotak-kotak. Tak heran jika banyak yang mengunjungi tempat wisata baru di Lombok ini. View di bukit sembalun ini memang membuat pengunjung bisa meleleh karena pemandangannya begitu bagus, apalagi jika musim tanam padi. Tak hanya spot selfie berupa tangan raksasa, ada juga spot lain di bukit Monjet berupa jalan berujung, pengunjung bisa menikmati keindahan Sembalun sambil berfoto selfie yang instagramable.

Lokasi bukit monjet Sembalun

Secara administratif, alamat bukit monjet Sembalun ini berada di Desa Sembalun Lawang Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur. Lokasinya berada di ketinggian sekitar 1150 mdpl sehingga suasana sejuk juga sudah terasa di sini. Untuk rute menuju ukit Monjet, kita tak perlu susah susah mencarinya karena berada di jalur pendakian Gunung Rinjani melalui Pos Sembalun. Rute bukit Monjet Smebalun dari Kota Mataram menghabiskan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Dan dari pos bawah, pengunjung harus melakukan tracking sekitar 20 menit.

Harga Tiket Masuk bukit Monjet Sembalun

Untuk memasuki kawasan wisata bukit Monjet Sembalun, pengunjung cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 5.000/orang. Untuk foto selfie di spot bukit Monjet saat ini masih gratis.