Lawang Sewu merupakan bangunan peninggalan masa lampau yang masih terjaga keaslian bentuknya hingga saat ini. Dengan mengunjungi Lawang Sewu anda akan serasa dibawa kembali ke masa lalu dengan menikmati arsitektur bangunan khas jaman Belanda yang menjadi favorit banyak fotografer untuk dijadikan sebagai spot fotografi yang indah dan unik. Dengan mengunjungi lawang sewu anda akan diajak untuk berwisata sejarah yang merupakan saksi bisu masa penjajahan jaman dahulu.

Lawang Sewu begitu menarik minat pengunjung karena bangunanya yang memiliki begitu banyak pintu sehingga disebut lawang sewu atau pintu seribu karena saking banyaknya jjmlah pintu yang ada. Lawang sewu cukup mudah ditemukan karena berada di pusat kota atau area Bundaran Tugu Muda, Semarang. Apabila anda ingin mengerti lebih jauh hal apa saja yang ada di Lawang Sewu, berikut kami berikan ulasan lengkapnya.


Lawang Sewu Semarang, Keindahan Arsitektural Bangunan Yang Unik

lawang-sewu-semarang

Awal Mula Pembangunan Lawang Sewu

Bangunan unik yang satu ini mulai dibangun sejak tahun 1904 dan memakan waktu hingga 3 tahun lamanya sampai bangunan ini selesai. Bentuk bangunannya merupakan rancangan dari seorang arsitektur Belanda B.J Quendag dan J.F Klinkhamer. Sedangkan desain lawang biru ini ditanda tangani di Amsterdam pada tahun 1903.

Sejarah Lawang Sewu

lawang-sewu-tempoe-doeloe

Dahulu Lawang sewu merupakan sebuah bangunan yang berfungsi sebagai kantor pusat NIS atau perusahaan kereta api milik kolonial Belanda. Setelah Indonesia merdeka, bangunan ini otomatis berpindah tangan dan digunakan oleh PT. Kereta api Indonesia yang dahulu disebut Djawatan Kereta Api Repoeblik Indonesia. Selain itu, Lawang Sewu pernah pula digunakan sebagai kantor kementrian perhubungan Jawa Tengan dan kantor badan prasarana kodam IV/Diponegoro.

BacaEs Durian Erlangga Khas Semarang

Nilai Historis Lawang Sewu

Lawang sewu merupakan aksi bisu dari pertempuran lima hari di Semarang sebagai lokasi pertempuran Angkatan Muda Kereta Api melawan kempetai dan kidobutai Jepang. Oleh sebab itu pemerintah setempat selalu menjaga keberadaan lawang sewu dan selalu melakukan renovasi rutin. Terakhir kali bangunan ini direvitalisasi pada tahun 2011.

Hal Menarik Yang Dapat Anda Temukan Di Lawang Sewu

Bangunan Lawang sewu terdiri dari empat buah bangunan dimana anda dapat membayar pemandu yang akan menceritakan dengan rinci sejarah disetiap bangunannya. Lawang sewu terdiri dari tiga lantai dimana untuk menuju ke lantai kedua anda harus menaiki anak tangga dengan pemandangan dinding kaca berwarna warni. Didalam ruangan Lawang sewu terasa begitu pengap dan agak gelap yang membuat suasana misteriusnya begitu terasa.

Kisah Mistis Yang Ada Di Lawang Sewu

Lawang Sewu Di Malam Hari

Banyak kisah-isah mistis yang dituturkan orang-orang yang memiliki kemampuan spiritual pada saat berkunjung ke tempat ini. Ada banyak penampakan yang terlihat di dalam ruangan Lawang Sewu. Ruangan yang gelap memang membuat lawang sewu semakin terlihat misterius. Namun hal ini tidak membuat para pengunjung kapok untuk berkunjung kesini.

Demikianlah wisata lawang sewu yang ada di Semarang. Wisata sejarah ini dapat dengan mudah dijangkau karena terletak dipusat kota.


Leave a Reply