Menempuh perjalanan panjang antar kota lintas provinsi memang paling nyaman naik kereta api. Dengan tempat duduk yang nyaman dan harga tiket kereta api yang terjangkau, membuat acara ke luar kota jadi lebih menyenangkan.

Namun akan selalu ada kemungkinan merasa bosan selama menempuh perjalanan selama berjam-jam sebelum tiba di tempat tujuan. Tapi selalu ada banyak cara untuk mengatasi kebosanan selama perjalanan dengan kereta api. Apa saja? Simak yuk…


Jalan-Jalan Antar Gerbong

sumber:buanaindonesia.co.id

Cara paling mudah untuk menghilangkan rasa bosan setelah menempuh perjalanan selama berjam-jam adalah dengan melakukan peregangan ringan. Berdirilah dari kursi dan lakukan sedikit pemanasan agar otot tidak kaku.

Setelah itu coba jalan-jalan menuju gerbong lain untuk menyegarkan suasana. Pastikan saja tiket kereta api kamu sudah dicek petugas dan barang-barang bawaan aman agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Nikmati Kuliner di Gerbong Restorasi

sumber:Tomy Utomo/kumparan.com

Makanan memang bisa dipesan dan diantarkan ke tempat duduk penumpang. Tetapi sensasi makan di atas gerbong restorasi akan memberikan kesan dan pengalaman yang berbeda.

Setelah petugas cek tiket kereta api kamu, coba deh jalan-jalan ke gerbong yang biasanya berada di tengah rangkaian kereta ini. Menyesap kopi atau teh, mengudap snack atau makanan berat, semua bisa kamu lakukan di gerbong ini dengan santai. Penat hilang, pengalaman baru didapatkan.

Buka Pembicaraan Dengan Penumpang Lain

sumber:travelingyuk.com

Cara lain yang tak kalah mudah untuk menghilangkan kebosanan selama perjalanan panjang adalah dengan membuka pembicaraan dengan penumpang lain. Biasanya ada banyak cerita baru yang didapatkan dari teman baru. Selain menambah relasi, obrolan dengan orang baru juga membuka wawasan baru yang mungkin belum pernah kamu dengar sebelumnya.

Bawa Bacaan Ringan

sumber:brilio.net

Membaca buku dengan tema yang ringan bisa membantu untuk menghilangkan kebosanan di perjalanan. Mengapa pilih bacaan ringan? Karena kondisi di dalam kereta akan membuat kepala pusing jika membaca dalam waktu lama, apalagi jika temanya berat. Kondisi kereta berjalan yang terus bergoyang akan membuatmu pening jika bacaanmu terlalu menguras pikiran. Dengan tujuan agar santai dan tidak tegang, pilihlah tema ringan seperti komik atau novel komedi.

Main Game & Streaming

sumber:kai.id

Buat kamu yang suka main game, coba deh mainkan game kesukaan jika kebosanan mulai melanda. Tetapi sama halnya seperti buku, lebih baik pilih game yang tingkat grafik rendah agar mata tidak mudah lelah. Dan batasi permainan hanya selama beberapa waktu saja agar otak tidak bekerja dengan sangat keras yang bisa membuat kepalamu jadi lebih pening.

Kalau kamu bukan gamer, nonton film bisa membantu membunuh kebosanan. Dengan kemajuan teknologi zaman sekarang, nonton film sudah jadi hal yang mudah dan tak perlu melakukan pembajakan,

Kamu bisa nonton secara legal dari berbagai aplikasi yang menyediakan film secara resmi. Hanya berbekal modal kuota, nonton film jadi lebih mudah dan bisa jadi teman sepanjang perjalanan.

Mau pilih cara mana untuk mengatasi kebosanan selama perjalanan? Coba cek dulu waktu tempuh perjalanan kamu setelah beli tiket kereta api, lalu pilih alternatif menghilangkan bosan di dalam kereta sesuai dengan lama perjalanan yang kamu butuhkan.

Selamat naik kereta api!