Keistimewaan Objek Wisata Pantai Siung Yogyakarta – Sebagai salah satu kota yang kaya akan objek wisata budayanya, ternyata Yogyakarta juga mempunyai banyak sekali wisata pantai yang tersembunyi, dengan pesoa keindahannya yang sayang sekali untuk Anda lewatkan. Selain objek wisata pantai parangtritis yang memang sudah terkenal, di daerah Gunungkidul, Yogyakarta ini juga terdapat banyak sekali objek wisata pantai yang menarik dengan panorama yang sangat unik, salah satunya adalah objek wisata pantai siung.
Objek wisata pantai siung ini letaknya ada di dusun Wates, desa Purwodadi, kecamatan Tepus, kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta, atau sekitar 77 kilometer dari pusat kota Yogyakarta.
Ini keistimewaan objek wisata pantai siung
Salah satu pesona pemandangan alam yang indah dan eksotis di objek wisata pantai siung yang paling menonjol adalah bebatuan karang yang berukuran raksasa yang tengah membentang di bagian timur dan barat pantai siung tersebut. Adanya bebatuan karang inilah ternyata mempunyai peranan yang cukup penting sebagai asal muasalnya penamaan pantai ini.
Selain hal tersebut, bebatuan karang yang berukuran raksasa tersebut letaknya agak menjorok ke laut, bila dilihat dari kejauhan bentuknya mirip sekali sperti gigi kera atau pun siung Wanara. Hal yang demikian ini diutarakan oleh seorang sesepuh yang telah mendiami tempat tersebut yang bernama Wastoyo, sehingga pada akhirnya pantai ini disebut sebagai pantai siung.
Di tahun 1989 lalu, batu karang yang berukuran raksasan ini juga memiliki peranan yang cukup penting bagi para pendaki. Yang mana di tahun tersebut ada komunitas pecinta alam asal Jepang yang telah memanfaatkan karang-karang raksasa ini sebagai tempat terbaik panjat tebing. Sekarang ini, pemerintah Yogyakarta pun mulai mencoba untuk mengembangkan potensi wisata di pantai tersebut.
Hingga pada akhirnya objek wisata pantai siung memiliki sekitar 250 jalur pemanjatan dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Bahkan tidak hanya itu saja, pantai siung ini juga mendapat julukan sebagai the best rock climbing site in Yogyakarta. Tidak menutup kemungkinan juga jika ke depannya nanti jumlah jalur pemanjatan di tempat wisata ini akan terus bertambah. Sehingga menjadikan pantai tersebut sebagai lokasi paling tepat untuk mencoba sensasi mendaki yang pastinya akan sangat menyenangkan bagi Anda. Sebab dari bebatuan karang yang kokoh tersebut, Anda juga bisa menikmati pemandangan laut lepas yang lain dari biasanya.
Demikianlah tadi sekilas informasi tentang keistimewaan objek wisata pantai siung Yogyakarta yang bisa kami informasikan kepada Anda semuanya, semoga bermanfaat.