Kebun Teh Sidamanik Air Terjun Bah Biak Siantar Sumatra Utara – Kebun Teh Sidamanik ini merupakan salah satu kawasan wisata yang menawarkan panromana alam indah yang letaknya berada di kota Pematang Siantar. Tepmat wisata yang satu ini juga menawarkan beragam fasilitas untuk wisatawan yang ingin berjalan santai sembari menikmati kesejutan dataran tinggi di kota Pematang Siantar ini. Terlebih lagi, disekitar kawasan kebun teh ini terdapat juga sebuah beberapa lokasi wisata alam menarik yang bisa anda kunjungi.

Kebun teh yang satu ini sebenarnya bukanlah kawasan wisata. Karena perkebunan teh ini adalah salah satu dari bagian perkebunan teh milik PTPN IV. Dimana kebun teh milik PTPN IV ini mempunyai nama sebenarnya, yakni Kebun Teh Bah Butong, hanya saja karena memang lokasinya yang berada di kecamatan Sidamanik, jadi banyak orang yang menyebutnya Kebun Teh Sidamanik.

Lokasi Kebun Teh Sidamanik Siantar
Kawasan Wisata Kebun Teh Sidamanik ini berada di kecamatan Sidamanik yang jaraknya sekitar 26km dari pusat kota Pematang Siantar. Jika anda memulai perjalanan dari kota Medan, maka anda akan menempuh jarak sejauh sekitar 155 km. Memang cukup jauh jika memulai perjalanan dari kora medan, dan waktu tampuh yang diperlukan untuk sampai ke lokasi wisata ini adalah sekitar 3 sampai 4 jam perjalanan.

Walaupun memang tempat ini tak sepopuler Danau Toba, akan tetapi infrastuktur menuju lokasi wisata Kebun Teh Sidamanik ini bisa dibilang sudah cukup layak dan bagus. Para wisatawan bisa menjangaku obyek wisata ini dengan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Tak hanya itu saja, jika ingin perjalanan yang lebih menantang dan memacu adrenalin, anda bisa melalui jalur off road yang ada.

Seperti yang telah dibahas diawal, nama asli dair perkebunan teh ini bukanlah Kebun Teh Sidamanik, melaikan Kebun Teh Bah Butong. Walau begitu, masyarakat sekitar perkebunan teh ini juga sering menyebut tempat wisata ini dengan nama kebun teh Sidamanik. Lokasi dari perkebunan teh ini berada diketinggia 890 meter diatas permukaan laut. sehingga tak heran kalau mereka yang datang ke lokasi wisata ini dapat merasakan udara yang begitu sejuk dan bersih dari dataran tinggi Sidamanik ini.

Teh yang dihasilkan oleh Kebun Teh Sidamanik atau Bah Butong ini dikenal sebagai salah satu yang sangat berkualitas dari pulau Sumatera Utara. Bahkan hasil dari perkebunan teh Sidamanik ini telah di kirim atau diekspor ke berbagai negara, seperti negara di kawasan Timur Tengah (Iran, Syria, Irak dan Mesir), kawasan Eropa (Italia, Jerman, Paris, Spanyol, Inggris dan Belanda) sampai juga ke negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia.

Selain hamparan kebun teh yang hijau dan asri, di tempat ini juga terdapat air terjun yang menawarkan pemandangan yang indah dan menyejukan mata. Air terjun ini memiliki nama Air Terjun Bah Biak. Untuk bisa sampai ke lokasi air terjun ini di Kebun Teh Sidamanik untuk bisa dibilang cuku mudah. Terlebih karena ada plakat pentunjuk untuk bisa sampai ke lokasi Air Terjun Bah Biak ini. Jadi, anda tida perlu khawatir akan tersesat untuk bisa sampai ke lokasi ini.

Tapi ada hal yang harus diperhatikan, akses menuju air terjun Bah Biak sendiri cukup sulit. Terutama karena memang kondisi jalannya yang sangat buruk. Tak hanya itu, para wisatawan yang ingin melihat keindahan dari air terjun ini juga perlu berjalan kaki menyusuri kebun teh, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit. Dan para pengunjung yang ingin melihat air terjun ini akan dikenakan biaya sekitar 2 ribu rupiah saja per orangnya.