Kebun Teh Pagilaran Batang – kawasan ini tak hanya menjadi wisata agro dengan pemandangan alam yang indah dan asri, tapi juga sebagai salah satu bukti sisa-sisa kejayaan penjajahan Belanda di masa lampau.


Di Kebun Teh Pagilaran ini wisatawan dapat menjumpai berbagai peninggalan zaman kolonial yang masih terawat dengan baik.

Di antaranya seperti bangunan Pabrik bergaya arsitektur khas Eropa yang cantik, dan bekas kereta gantung yang dulunya pernah digunakan untuk menikmati keindahan alam Pagilaran oleh orang-orang Belanda.

kebun teh pagilaran batang image by http://potensijateng.com

Lokasi Kebun Teh Pagilaran Batang

Lokasi wisata Kebun Teh Pagilaran Batang berada di Kec Blado yang letaknya paling selatan dari Kabupaten Batang. Anda bisa menuju ke kawasan wisata ini dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum dengan waktu tempuh sekitar 1 jam dari pusat kota Batang.

Rute ke Kebun Teh Pagilaran Batang

Terdapat sejumlah rute yang dapat Anda tempuh untuk menuju ke Kebun Teh Pagilaran Batang. Rute paling mudah adalah bila Anda datang dari arah Semarang, langsung menuju ke Alun-alun Limpung terletak di daerah Banyuputih.

Selanjutnya arahkan kendaraan ke Selatan, tepatnya ke Jalan Raya Limpung – Bawang. Kemudian lanjutkan perjalanan hingga ke Jalan Raya Reban – Limpung yang berjarak sekitar 5,5 kilometer, lalu belok kiri, dan ikuti jalan tersebut sejauh 4,6 kilometer hingga tiba di area Kebun Teh Pagilaran Batang.

Dari Alun-alun Limpung hingga ke Kebun Teh Pagilaran berjarak sekitar 15 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 35 menit bila Anda melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi tanpa terhambat kemacetan.

Papan penunjuk arah menuju ke Pagilaran banyak tersedia di sejumlah bagian dan sudut jalan. Silahkan ikuti papan petunjuk tersebut agar memudahkan Anda untuk sampai ke tujuan dengan selamat.

Tiket Masuk Kebun Teh Pagilaran Batang

Tepat sebelum Anda masuk ke gerbang utama Kebun Teh Pagilaran, pengunjung diharuskan membayar tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per dua orang atau satu motor.

Selanjutnya saat tiba di area perkebunan, pengunjung diharuskan lagi membayar tiket masuk yang sudah termasuk biaya parkir sebesar Rp 10 ribu per dua orang atau satu sepeda motor.

Anda dapat menelusuri semua wahana yang ada di Kebun Teh Pagilaran bila sudah membayar tiket masuk. Di kawasan wisata ini Anda tidak hanya dapat menikmati pemandangan kebun teh yang indah dan mempesona, tapi juga melihat langsung proses pengolahannya di pabrik teh yang ada di sini.

Selain itu, juga terdapat beberapa wahana bagi Anda yang ingin memacu adrenalin seperti flying fox, berjalan di atas jembatan gantung, serta menikmati pemandangan dan bermain air di air terjun mini Pagilaran.

Wahana Wisata di Kebun Teh Pagilaran Batang

Hamparan hijau tanaman teh di antara bukit-bukit yang berkelok memberikan sajian pemandangan yang indah dan memanjakan mata. Suasananya yang sejuk, segar, dan bebas polusi memberikan ketenangan tersendiri bagi Anda yang mengunjungi Kebun Teh Pagilaran Batang ini.

Wisata Kebun Teh Pagilaran sangat cocok bagi Anda yang menghabiskan waktu liburan jauh dari keramaian kota, dan ingin merelaksasikan diri berbagai aktivitas yang menjemukan saat hari-hari kerja.

Kadang kala Anda dapat menyaksikan sejumlah petani yang sedang asik memetik daun teh. Jarak antara area perkebunan dengan lokasi parkir tidak terlalu jauh. Anda bisa berjalan kaki sambil menikmati udara segar di sekitar lokasi wisata ini.

kebun teh pagilaran image by https://visitcentraljava.com

Selain itu, di kawasan wisata Kebun Teh Pagilaran Batang juga terdapat wahana lain yang dapat kamu coba, salah satunya adalah wahana flying fox. Anda bisa memacu adrenalin dengan hanya membayar Rp 10 ribu.

Ada juga wahana permainan berjalan di atas jembatan gantung yang akan menguji keberanian dan ketangkasan kamu. Jembatan ini terbuat dari papan kayu yang memanjang dan terdapat celah-celah di beberapa bagiannya sehingga perjalanan Anda takkan mulus untuk dapat sampai ke seberang.

Hal menarik lainnya di Kebun Teh Pagilaran Batang adalah keberadaan spot Air Terjun Mini yang letaknya tidak jauh dari jembatan gantung tadi.

Air terjun tersebut letaknya juga tidak jauh dari taman sehingga menambah cantik pemandangan di sekitarnya. Ada pula beberapa air terjun alami yang bisa kamu kunjungi saat berada di Kebun Teh Pagilaran.

Air Terjun Binorong namanya, lokasinya berada di dekat tikungan kanan yang ada papan penunjuk ke arah air terjun. Menurut pihak pengelola, ada 3 air terjun di sana, namun yang paling mudah dijangkau hanya ada 2 saja.

Kawasan wisata Kebun Teh Pagilaran Batang banyak dikunjungi oleh anak-anak sekolah yang melakukan outbond.

Tempatnya yang representatif dan didukung oleh berbagai fasilitas penunjang yang lengkap menjadikan Kebun Teh Pagilaran sebagai tempat yang cocok sebagai referensi wisata dan liburan bagi Anda dan keluarga.

Sejumlah fasilitas yang tersedia di Kebun Teh Pagilaran Batang di antaranya seperti lapangan bulu tangkis, lapangan sepakbola, natural conventation, area bersantai, warung-warung makan, tempat ibadah, toilet dan kamar mandi umum, serta lahan parkir yang luas.

Tunggu apalagi, segera jadwalkan liburan Anda bersama keluarga maupun sahabat ke Kawasan Wisata Kebun Teh Pagilaran Batang! Pokoknya dijamin seru lho!