Kebun Teh Medini Semarang  – merupakan destinasi wisata yang menyajikan pesona keindahan alam yang menarik untuk ditelusuri. Bagi Anda yang ingin mengisi waktu liburan dengan berwisata di sekitar Semarang, Kebun Teh Medini merupakan tempat yang sangat tepat untuk dikunjungi.

Lokasi Kebun Teh Medini

Banyak orang yang mungkin belum mengetahui tentang wisata Kebun Teh Medini. Lokasinya berada di sekitar perbukitan Pegunungan Ungaran, Kabupaten Semarang, Provinsi Jawa Tengah.


Sebelah utara Kebun Teh Medini berbatasan langsung dengan kota Semarang. Tempat wisata ini berada di ketinggian 1.500 dari permukaan laut dan secara administratif masuk dalam wilayah Kabupaten Kendal.

kebun teh mendini image by http://exploresemarang.com

Kebun Teh Medini merupakan salah satu lokasi favorit yang sering dilewati para pendaki, karena biasanya pendaki yang tengah melakukan perjalanan ke Pegunungan Ungaran akan melintasi area ini.

Setelah melewati Kebun Teh Medini, terdapat sebuah barak tempat beristirahat bagi pendaki yang dikenal dengan nama Promasan.

Rute Menuju Kebun Teh Medini

Bila Anda datang dari arah kota Semarang, rute menuju Kebun Teh Medini adalah melalui jalur Pasar Jrakah – Boja, hingga melewati Kecamatan Mijen dan Cangkiran. Saat wisatawan tiba di wilayah Cangkiran, arahkan kendaraan lurus terus menujut Taman Rejo, jangan belok kanan karena Anda akan mengarah ke Kecamatan Bojo.

Sedangkan bagi wisatawan yang datang dari arah Ungaran, dapat melintasi jalur Pasar Ungaran – Gunung Pati – Cangkiran.

Semua Jalur yang akan dilalui menuju Kebun Teh Medini memang sempit dan pengemudi harus ekstra hati-hati. Awalnya Anda akan melalui jalan aspal halus yang enak dilewati. Namun, sesudah melewati Kelurahan Taman Rejo, Kecamatan Limbangan, Anda akan melintasi jalan dengan medan yang tidak mulus dan berbatu.

kebun teh mendini image by http://fotoamazingly.blogspot.co.id

Di jalur inilah Anda perlu waspada dan sabar dengan kondisi jalan yang ada. Perjalanan berbatu dan tidak mulus akan Anda tempuh selama 30 sampai 40 menit, jadi bersabarlah dan nikmati perjalanan sambil melihat-lihat pemandangan alam sekitar yang indah.

Sesudah desa terakhir dilewati, Anda akan melewati jalur berkelok-kelok dengan pemandangan bukit dan tanaman kopi yang indah. Suhu udara mulai terasa sejuk khas alam pegunungan, jangan lupa untuk membawa jaket bila ingin berwisata ke Kebun Teh Medini! Jalur ini agak mulus bila dibandingkan dengan jalur sebelumnya.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Mendini

Jika Anda melalui jalan Promasan, maka wisatawan akan menjumpai pintu tiket masuk ke Kebun Teh Medini. Harga tiket masuknya sebesar Rp 2.500. Setelah itu, Anda dapat melanjutkan perjalanan melewati pabrik teh dan menuju ke area kebun teh yang luas.

Kawasan Kebun Teh Medini memiliki banyak jalur yang saling menjauh satu dengan yang lain, hanya sedikit jalur yang saling berhubungan. Apabila Anda ingin berjalan kaki bisa mengambil jalur sebelah kiri yang menuju Promasan karena jalur ini adalah yang paling mudah dan paling dekat dengan Promasan.

Bagi Anda yang mengendarai sepeda motor atau mobil jeep, maka bisa lanjut terus menuju Promasan dan Gua Jepang dengan mengambil jalur tengah.

Keindahan Kebun Teh Medini dan Sekitarnya

Kebun Teh Medini menyajikan pemandangan indah perkebunan teh yang luas. Sejauh mata memandang, hanya ada tanaman teh yang hijau dan elok saling berjajar. Jalur yang berkelok juga menambah sensasi menyenangkan selama perjalanan.

Selain Kebun Teh Medini, di sekitar lokasi wisata juga terdapat destinasi lain yaitu Barak Promasan dan Gua Jepang. Lama perjalanan sekitar 30 menit dari Medini. Banyak tersedia warung makan di sekitar Barak Promasan, sangat cocok bagi Anda yang ingin bersantai sambil bersantap aneka kuliner.

Wisata Gua Jepang

Selepas beristirahat, wisatawan bisa melanjutkan perjalanan menuju Gua Jepang yang bernuansa sejarah. Gua ini dulunya dibuat oleh tentara Jepang sebagai tempat penyimpanan dan persembunyian saat perang melawan sekutu.

Air Terjun Mendini

Petualangan lainnya yang bisa Anda telusuri di sekitar kawasan wisata Kebun Teh Medini adalah Air Terjun Medini yang tinggi dan indah.

Lokasinya masih di sekitar Pabrik Teh Medini atau dekat dengan pintu masuk saat Anda membayar tiket. Wisata air terjun tersebut bernama Curug Lawe Medini, namun untuk menuju ke lokasi hanya bisa diakses dengan berjalan kaki saja.

Curug Lawe Medini belum banyak dikunjungi orang, sehingga suasananya masih asri dan belum ada fasilitas penunjang yang disediakan oleh pihak pengelola di tempat ini.

Pemandangan alam di Curug Lawe Medini sungguh indah dan asri. Kondisi airnya pun sangat sejuk dan segar. Namun, pengunjung perlu hati-hati karena di sekitar air terjun masih banyak hewan liar yang berkeliaran seperti kera, lintah, dan ular.