Kebun Teh Kemuning – Di Kabupaten Karanganyar terdapat salah satu destinasi favorit wisatawan yang bernama Kebun Teh Kemuning. Suasana alamnya yang sejuk dan asri membuat tempat wisata ini sangat cocok untuk Anda yang ingin menikmati liburan bersama keluarga.

Selain itu, di sekitar kawasan ini juga banyak terdapat titik lokasi wisata yang sekaligus bisa Anda kunjungi sambil berwisata ke Kebun Teh Kemuning Karanganyar.

Lokasi Kebun Teh Kemuning

Kebun Teh Kemuning beralamat di Desa Ngargoyoso, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Karanganyar. Jaraknya sekitar 28 kilometer dari pusat kota Solo. Akses jalannya pun sangat mudah, dapat dilalui oleh sepeda motor, maupun mobil dan bus.

Hanya saja kondisi medannya memang khas jalur pegunungan sehingga Anda akan melintasi banyak tikungan, tanjakan, dan turunan.

kebun teh kemuning image by www.youtube.com

Obyek wisata Kebun Teh Kemuning terletak di lereng gunung Lawu dengan udara yang sejuk bersuhu rata-rata 21,5 derajat celcius. Jam operasionalnya buka setiap hari sejak jam 6 pagi sampai jam 6 sore. Dan asiknya lagi, Anda tidak perlu membayar tiket alias gratis untuk masuk ke kawasan wisata ini.

Jalan Menuju Kebun Teh Karanganyar

Kawasan wisata Kebun Teh Kemuning Karanganyar berada di sebelah timur kota Solo, jaraknya sekitar 28 kilometer dari pusat kota. Untuk menuju ke lokasi, Anda dapat mengendarai sepeda motor, mobil, kendaraan umum, atau bus bersama rombongan.

Sesudah melewati kota Karanganyar, Anda dapat mengambil jalur yang menuju ke arah Karangpandan. Bila tiba di jalan yang ada papan petunjuk arah ke Candi Sukuh, Candi Cetho, dan Air Terjun Jumog, arahkan kendaraan ke jalur kiri dan ikuti sampai jalan utama.

Waktu tempuh menuju ke lokasi wisata Kebun Teh Kemuning sekitar satu jam menggunakan kendaraan dengan kecepatan standar.

Bagi backpacker yang ingin menuju ke lokasi wisata menggunakan kendaraan umum, langsung saja naik bus jurusan Tawangmangu, dan turun di Terminal Karangpandan.

Dari terminal Karangpandan, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke lokasi wisata dengan naik bus mini. Biasanya, tarif yang dikenai sekitar Rp 5.000 bagi penumpang umum dan Rp 2.000 untuk pelajar.

Rute Kebun Teh Kemuning dari Solo

Secara administratif, lokasi wisata Kebun Teh Kemuning berada di Ngargoyoso, Kemuning, Kabupaten Karanganyar. Bila Anda datang dari arah kota Solo, rute yang dilalui adalah melewati Karanganyar. Bila sudah melewati Karanganyar, arahkan kendaraan menuju ke Karangpandan.

Kemudian belok kiri di perempatan yang ada papan petunjuk wisata ke candi-candi dan air terjun Jumog. Ikuti jalan tersebut, dan tidak seberapa jauh lagi Anda akan tiba di lokasi wisata Kebun Teh Kemuning, Karanganyar.

Tiket Masuk Kebun Teh Karanganyar

Harga tiket masuk ke kawasan wisata Kebun Teh Karanganyar adalah gratis. Wisatawan yang datang tidak dikenai biaya tiket masuk. Wah,asik bukan? Tempat ini memang sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata menghabiskan waktu liburan dengan hemat.

Obyek wisata Kebun Teh Kemuning dibuka setiap hari untuk umum, dengan jam buka mulai jam 6 pagi sampai jam 6 sore.

Aktivitas yang Bisa Diilakukan di Kebun Teh Kemuning

Wisatawan dapat melakukan sejumlah aktivitas yang menyenangkan di wisata Kebun Teh Kemuning. Tidak hanya berkeliling kebun teh sambil menikmati sejuknya udara segar khas alam pegunungan, tapi juga merasakan sensasi menegangkan dari beberapa wahana yang tersedia di objek wisata Kali Pucung yang lokasinya masih berada di dalam area Kebun Teh Kemuning.

Sejumlah wahana yang dapat dinikmati wisatawan antara lain mulai dari flying fox, menyusuri sungai dengan ban, berkeliling kebun teh naik kuda, wahana paint ball, berenang, dan banyak lagi fasilitas lainnya di area obyek wisata Kebun Teh Kemuning, Karanganyar.

Fasilitas Kebun Teh Kemuning Karanganyar

Demi kenyamanan pengunjung, pengelola menyediakan berbagai fasilitas yang representatif, mulai dari area parkir yang aman dan luas, toilet umum, rumah makan dan resto, Mushola, hingga toko oleh-oleh.

Hotel dan Penginapan Kebun Teh Kemuning

Bagi pengunjung yang ingin menginap atau menghabiskan malam liburan di Kebun Teh Kemuning, di sini Anda dapat menjumpai sejumlah hotel dan penginapan.

Tarif menginap di sekitar Kebun Teh Kemuning mulai dari Rp 100 ribu sampai Rp 600 ribu, tentunya harga juga bergantung pada fasilitas yang tersedia, dan kondisi keramaian tempat wisata.

Itulah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai agrowisata Kebun Teh Kemuning, Karanganyar, Jawa Tengah. Semoga informasi tadi dapat menambah referensi Anda dalam memilih tempat berlibur yang asik bersama keluarga.