Kebun Teh Kaligua  – merupakan wisata agro dengan potensi alam yang indah sehingga menjadi tempat wisata di Kabupaten Brebes yang tengah populer saat ini.

Lokasi Kebun Teh Kaligua

Kebun Teh Kaligua Wisata Agro beralamat di Desa Pandansari, Kec Paguyangan, Kab Brebes, Jawa Tengah. Lokasinya berada di sebelah barat kaki Gunung Slamet dengan ketinggian sekitar 1.500 – 2.050 meter dari permukaan laut.


Lokasinya yang berada di dataran tinggi tentu saja membuat suhu udara di tempat ini cukup sejuk yaitu sekitar 8-28 derajat celcius. Perkebunan Teh Kaligua sudah dirintis sejak masa kolonial Belanda, yaitu sekitar tahun 1889 dan masih tetap beroperasi sampai sekarang.

kebun teh kaligua image by http://piknikasik.com

Pemandangannya yang indah dan asri dengan kondisi udara yang sejuk-segar bebas polusi menjadikan Kebun Teh Kaligua Wisata Agro sebagai destinasi wisata yang pas untuk Anda dan keluarga.

Di kawasan wisata perkebunan teh ini, wisatawan tak hanya disuguhkan dengan pemandangan indah dan nuansa sejuk khas alam pegunungan, tapi juga terdapat banyak spot wisata yang menarik untuk disambangi.Spot wisata tersebut di antaranya seperti Goa Jepang, Tuk Bening, serta berbagai wahana permainan dan petualangan yang menyenangkan.

Tidak jauh dari area parkir kendaraan, pengunjung sudah dapat menikmati pemandangan kebun teh yang menyejukkan mata. Gazebo juga sudah tersedia sebagai fasilitas penunjang bagi pengunjung yang ingin duduk bersantai sambil menikmati pemandangan.

Ada juga wahana bermain perahu bebek di kolam yang airnya berasal dari sungai kecil. Anda juga bisa menguji adrenalin dengan bermain flying fox yang meluncur di atas kebun teh. Meski jaraknya tidak terlalu jauh, namun tetap seru dan akan membuat jantung Anda berdegup.

Rute Menuju Kebun Teh Kaligua

Waktu tempuh dari kota Bumiayu ke lokasi Kebun Teh Kaligua sekitar 30 menit perjalanan dengan kendaraan. Bagi wisatawan yang datang dari arah pusat kota Brebes, perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh dengan mengambil jalur yang ke arah Purwokerto.

Setibanya di Kecamatan Paguyangan, Anda ambil arah kiri menuju Desa Pandansari. Dari pertigaan ini, Anda masih harus menempuh perjalanan selama kurang lebih 1,5 jam berkendara. Anda cukup mengikuti jalan tersebut, terus mengarah ke Desa Pandansari.

Jalur ini memiliki medan yang cukup sulit dengan banyak tanjakan dan kondisi jalan yang sedikit berbatu. Namun, jangan khawatir karena sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi dengan pemandangan alam yang indah dari atas bukit yang agak berkabut dan suhu udara yang sejuk.

kebun teh kaliguan image by https://atiningtyas.blogspot.co.id/

Perjalanan Anda juga akan dihiasi dengan pemandangan kebun sayur-mayur , pepohonan pinus dan damar yang menyejukkan sejauh mata memandang.

Setibanya di Cagar Alam Tlogo Ranjeng, lokasi Kebun Teh Kaligua Wisata Agro sudah tidak begitu jauh. Pemandangan mulai berganti dari pepohonan pinus menjadi tanaman teh yang menghampar.

Selanjutnya Anda akan menjumpai sebuah cangkir raksasa bertuliskan “Teh Kaligua”. Titik ini merupakan penanda bahwa Anda telah sampai di lokasi Kebun Teh Kaligua, tetapi Anda masih harus berjalan lagi melintasi bukit-bukit menuju area parkir objek wisata.

Begitu pula bagi wisatawan yang datang dari arah Purwokerto. Acuannya adalah Kecamatan Paguyangan, bila menemukan pertigaan yang ke arah Desa Pandansari, Anda tinggal belok ke kanan dan seterusnya ikuti jalan tersebut hingga tiba di lokasi Kebun Teh Kaligua.

Harga Tiket Masuk Kebun Teh Kaligua

Bagi pengunjung yang datang akan dikenai harga tiket masuk ke Kebun Teh Kaligua dengan rincian sebagai berikut:

  • Tiket Masuk ke Kawasan Wisata Kebun Teh: Rp 8.000 per orang.
  • Tiket Masuk ke Goa Jepang: Rp Rp 3.000 per orang.
  • Tiket Masuk ke Tuk Bening: Rp 3.000 per orang.
  • Tiket Masuk Camping rombongan: Rp 8.000 per orang.

Fasilitas Kebun Teh Kaligua

Seiring terus bertambahnya pengunjung yang datang ke kawasan agrowisata Kebun Teh Kaligua, pihak pengelola juga semakin meningkatkan ketersediaan fasilitas di dalamnya. Sejumlah fasilitas yang tersedia, di antaranya seperti Tea Walk, Jasa layanan teh, Penginapan, Lapangan Tenis, Camping Area, Wahana outbond, Area bermain bilyard, Gazebo, Aula, Area parkir yang luas, Tempat ibadah, dan Toilet umum.

Penginapan Kebun Teh Kaligua

Selain fasilitas wahana permainan, di Kebun Teh Kaligua Agro Wisata juga telah tersedia beberapa fasilitas penginapan dengan tarif yang berbeda-beda. Penginapan tersebut di antaranya sebagai berikut:

  • Wisma Amarilis: Rp 500.000 per malam untuk satu wisma.
  • Wisma Dahlia: Rp 600.000 per malam untuk satu wisma.
  • Penginapan Anggrek: Rp 250.000 per malam untuk satu kamar.
  • Penginapan Kenanga: Rp 250.000 per malam untuk satu kamar.
  • Penginapan Flamboyan: Rp 200.000 per malam untuk satu kamar.
  • Penginapan Asselia: Rp 200.000 per malam untuk satu kamar.
  • Penginapan Mawar: Rp 300.000 per malam untuk satu kamar.
  • Penginapan Pelajar: Rp 50.000 per malam untuk satu kamar.

Harga di atas bisa berubah sewaktu-waktu biasanya tergantung dari kondisi ramai tidaknya tempat wisata. Di hari Minggu atau saat liburan tiba, biasanya tarif bisa lebih mahal dari harga normal.