Kebun Strawberry Semarang – merupakan tempat wisata agro yang letaknya berada di sebelah selatan kota Semarang. Lama perjalanan dari kota Semarang sekitar 1 jam menggunakan kendaraan.


Udara yang sejuk, segar, dan pemandangan alam yang indah akan membuat wisata Anda menyenangkan saat berada di Agrowisata Kebun Strawberry Banyuroto.

Lokasi Kebun Strawberry Semarang

Kebun Strawberry Semarang berlokasi di daerah Banyuroto. Letaknya berada di sekitar lereng gunung Merbabu, sehingga udaranya sangat sejuk khas alam pegunungan.

Secara administratif, lokasi Kebun Strawberry Semarang berada di Banyuroto, Kec Sawangan, Kab Magelang, Prov Jawa Tengah. Cukup dekat dari obyek wisata Ketep Pass Sawangan sehingga akses transportasi ke lokasi tidaklah begitu sulit.

kebun starberry semarang image by http://meciko.blogspot.co.id/

Di kawasan ini terdapat banyak pilihan kebun strawberry milik warga sekitar yang bisa Anda masuki. Silahkan memetik sendiri buah strawberry dari kebun, pemilik kebun juga akan memberi informasi kepada pengunjung seperti apa buah strawberry yang sudah matang dan siap untuk dipetik.

Saat masa liburan atau akhir pekan, kawasan Kebun Strawberry Banyuroto lumayan ramai dikunjungi para wisatawan. Ada yang memetik dan memakan buah Strawberry langsung di lokasi, ada pula yang membawanya pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di rumah.

Rute Menuju Kebun Strawberry Semarang

Rute menuju agrowisata Kebun Strawberry Banyuroto dapat ditempuh dengan dua cara, pertama melewati jalur Ketep Pass, dan rute kedua melintasi Jalan Raya Kopeng-Magelang.

Bila Anda ingin melalui rute pertama acuannya adalah pertigaan Blabak kemudian ke arah Sawangan hingga tiba di obyek wisata Ketep Pass. Selanjutnya ikuti jalan yang menuju ke Kopeng atau Salatiga, sekitar 1 kilometer dari Ketep Pass Anda akan tiba lokasi wisata Kebun Strawberry Banyuroto.

Sedangkan bila Anda ingin melalui rute kedua, dari arah Kopeng ambil jalan yang mengarah ke Magelang. Setibanya di Pasar Pakis, ada pertigaan lalu belok kiri menuju ke arah obyek wisata Ketep Pass. Sebelum sampai di Ketep Pass, Anda akan tiba di agrowisata Banyuroto.

Nah, lokasi Agrowisata Banyuroto juga bisa diakses menggunakan kendaraan umum. Transportasi untuk menuju ke sini cukup mudah. Anda bisa naik bus jurusan Semarang-Solo, lalu turun di Pasar Sapi, Salatiga. Dari sana Anda naik lagi bus jurusan Kopeng atau Ketep, dan turun di kawasan kebun Strawberry Banyuroto.

Harga Tiket Masuk Kebun Strawberry Semarang

Di kawasan agrowisata Kebun Strawberry Banyuroto, pengunjung yang datang tidak dikenai biaya tiket masuk. Anda hanya perlu membayar sejumlah buah strawberry yang dibeli. Harga buah strawberry biasanya berkisar Rp 30 ribu per kilogramnya, dan minimal pembelian seberat 1/4 kilogram.

Kalau Anda tidak ingin susah-susah metik sendiri, bisa juga membeli buah strawberry yang telah dikemas yang biasanya dijual seharga Rp 7.500 per kemasan.

Saat memasuki gerbang masuk agrowisata Kebun Strawberry Banyuroto, Anda akan menjumpai kebun buah strawberry di kanan-kiri jalan. Kebun-kebun strawberry di sini adalah milik warga setempat.

kebu strawberry image by http://www.metroterkini.com

Kondisi geografis dan cuaca di Banyuroto memang cocok untuk usaha perkebunan, khususnya kebun strawberry. Tidak jauh dari Banyuroto juga ada kawasan Kopeng yang banyak terdapat kebun sayur mayur segar di sini. Anda bisa memborong buah strawberry sekaligus sayur-mayur saat berwisata ke tempat ini.

Di kanan-kiri jalan kawasan Banyuroto banyak kebun strawberry yang bisa dijadikan pilihan. Namun, memang tidak semuanya menyediakan fasilitas petik buah strawberry, sebagian ada yang hanya sebagai usaha sampingan dengan tidak hanya menanam strawberry saja, tapi juga jenis sayuran lainnya.

Suguhan pemandangan alam yang indah, udara yang sejuk dan segar, serta asiknya memetik buah strawberry sendiri, tentu akan memberikan pengalaman yang asik dan tak terlupakan.

Tips Saat Akan Berwisata

Oh iya, ada satu hal yang perlu diperhatikan! Sebaiknya jangan datang saat musim penghujan. Pasalnya, wisata di alam terbuka seperti wisata agro di Kebun Strawberry Banyuroto ini akan sangat merepotkan Anda bila datangnya pas musim hujan.

Selain karena dapat membuat Anda kehujanan, persediaan buah strawberry yang ada juga tidak terlalu banyak. Di musim penghujan tidak jarang buah strawberry banyak yang busuk dan kualitasnya pun tidak begitu baik.

Itulah sedikit tips dari kami untuk Anda yang ingin berwisata ke Kebun Strawberry Semarang. Semoga dengan informasi di atas dapat membuat perjalanan wisata Anda menjadi lebih nyaman dan lancar.