Berpiknik dengan bersantai di bawah naungan rimbunnya pepohonan sembari menikmati bekal makanan bersama seluruh anggota keluarga pastinya menjadi kegiatan yang sangat mengasyikkan. Saat berwisata di Malang, coba sempatkan untuk juga berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi (KRP).

Kebun Raya Purwodadi adalah sebuah areal kebun yang luas berisi berbagai spesies tanaman khas Indonesia. Di samping untuk sarana wisata, pengunjung pun bisa mempelajari macam-macam tumbuhan tersebut dari segi ilmiahnya. Wajar saja sebab Kebun Raya Purwodadi memang dikelola Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).


Kebun Raya Purwodadi  merupakan tempat wisata yang cocok untuk dikunjungi bagi Anda yang tengah menghabiskan waktu liburan di daerah Pasuruan, Jawa Timur.Tempat wisata satu ini menawarkan beragam wahana yang menarik, tidak hanya memiliki banyak koleksi tumbuhan saja tapi juga terdapat kolam renang dan aneka permainan anak.Kebun Raya Purwodadi selalu menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi banyak wisatawan, baik domestik maupun asing.

Lokasi Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi berlokasi di Desa dan Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Provinsi Jawa Timur. Berada di lahan seluas 85 hektar, setidaknya terdapat lebih dari 10 ribu jenis pohon dan tumbuhan di tempat ini.

kebun raya purwodadi image by Priceindo.com

Kebun Raya Purwodadi dapat menjadi destinasi pilihan yang sesuai bagi Anda bersama keluarga yang ingin berwisata di alam terbuka sambil mengenal aneka macam jenis flora.

Sejarah Kebun Raya Purwodadi

KRP berada di wilayah desa Purwodadi, Kecamatan Purwodadi, Pasuruan, Jawa Timur dengan luas total mencapai 85 hektar dan terdapat sekitar 10 ribu jenis tanaman berbeda. KRP bila ditempuh dari kota Malang jaraknya sekitar 24 Km, sementara bila dari Pasuruan sekitar 30 Km, dan bila dari Surabaya sekitar 65 Km.

Para wisatawan yang akan ke Kebun Raya Purwodadi tak akan menemui kesulitan sebab lokasinya yang berada di tepi jalur utama ke Pasuruan, Surabaya, dan Malang. Menurut sejarahnya Kebun Raya Purwodadi dulu namanya adalah Hortus Ilkim Kering Purwodadi diresmikan oleh Dr. L.G.M. Baas Becking pada 30 Januari 1941 silam. KRP adalah bagian dari Kebun Raya Bogor dengan fungsi utama membuat koleksi tanaman khas dataran rendah kering.

Sebagai Balai Konservasi Tumbuhan, kebun raya ini berada di bawah Pusat Konservasi Tumbuhan Kebun Raya, Kedeputian Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati-LIPI. Kepala Kebun Raya Purwodadi yang pertama adalah Johannes Viets yang berkebangsaan Belanda dari tahun 1941 hingga 1942. Dari kepemimpinan Johannes Viets inilah dibuat sistem pengembangan kebun raya berdasarkan keilmuan.

Mitos Kebun Raya Purwodadi

Sebagaimana Kebun Raya Bogor, Kebun Raya Purwodadi pun memiliki mitos yang tak bisa dibuktikan kebenarannya. Bukan Kebun Rayanya, namun air terjun di belakangnya yang katanya angker dan sering meminta tumbal pengunjung yang datang ke sana. Konon ada seorang anak muda yang hilang dan tidak ditemukan sesudah mandi di telaga Coban Baung tersebut karena dijadikan tumbal oleh makhluk penunggunya.

Rute Menuju Kebun Raya Purwodadi

Lokasi Kebun Raya Purwodadi persis berada di jalur utama Malang – Surabaya. Rute menuju ke lokasi sangat mudah ditemukan. Jarak tempuhnya sekitar 25 kilometer sebelah utara kota Malang, sedangkan bila dari kota Surabaya sekitar 65 kilometer ke arah selatan.

Anda bisa menuju ke Kebun Raya Purwodadi menggunakan kendaraan pribadi mulai dari sepeda motor, mobil maupun bus rombongan. Aksesnya juga sangat dijangkau karena banyak transportasi umum yang lewat tepat di depan lokasi wisata Kebun Raya Purwodadi.

Harga Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi juga termasuk salah satu kebun raya terbesar di Indonesia. Namun demikian, tiket masuk ke Kebun Raya Purwodadi bisa dibilang sangat terjangkau.

Pengunjung yang ingin menikmati wisata aneka jenis flora dan wahana permainan di Kebun Raya Purwodadi cukup membayar harga tiket masuk sebesar Rp 6.000 per orang.

Sementara bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadi akan dikenai biaya parkir dengan tarif Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 10.500 untuk mobil.

Di akhir pekan dan musim liburan sekolah, Kebun Raya Purwodadi menjadi salah satu destinasi wisata yang selalu ramai dikunjungi wisatawan baik untuk tujuan sekadar piknik atau mereka yang ingin berwisata edukatif.

Wahana Kebun Raya Purwodadi

Kebun Raya Purwodadi adalah pusat penelitian tanaman yang juga difungsikan sebagai lokasi wisata. Beberapa wahana Kebun Raya Bogor bisa dimanfaatkan oleh para pengunjung seperti sepeda keliling dengan tarif sewa Rp.8.500, mobil keliling dengan tarif Rp.15.500 dan paket pemotretan pre wedding berlatar belakang keindahan rimbunnya pepohonan dengan biaya Rp.350.000. Selain itu Kebun Raya Purwodadi juga memiliki : sewa fasilitas area, sewa ruang pertemuan, identifikasi tanaman, lokasi syuting, dan penginapan dalam bentuk Guest House.

Spot Wisata Favorit di Kebun Raya Purwodadi

Di Kebun Raya Purwodadi terdapat dua taman favorit yang biasa digunakan sebagai spot untuk berfoto dan berselfie oleh para pengunjung. Dua taman tersebut ialah Taman Bougenville dan Taman Meksico.

Selain kedua tempat itu, sebenarnya masih banyak lagi spot berfoto dengan view yang menarik di Kebun Raya Purwodadi. Pemandangan tanaman-tanaman hijau nan asri dan sejuk akan langsung menyambut Anda begitu masuk kebun raya.

kebun raya purwodadi image by https://rodadanroti.com

Masuk lagi lebih jauh ke Kebun Raya Purwodadi, Anda akan disuguhi dengan rimbunan pepohonan besar yang rindang dan teduh. Anda bisa mengenal jenis-jenis tanaman dan pohon dari papan nama dan penjelasan yang ada di depan tanaman tersebut.

Ada juga danau buatan yang lumayan besar dengan wahana sepeda air yang bisa dinikmati oleh pengunjung. Taman bermain serta kolam renang anak yang ada di Kebun Raya Purwodadi akan membuat wisata Anda bersama keluarga semakin menyenangkan.

Bagi pasangan yang akan menikah, di sini juga terdapat lokasi untuk spot foto prewedding dengan latar belakang pohon yang rindang dan cantik. Biaya paket foto pre-wedding di sini cukup terjangkau, hanya sekitar Rp 250 ribu.

Air Terjun Kebun Raya Purwodadi

Air terjun yang dinamakan Coban Baung tersebut terletak di bagian belakang Kebun Raya Purwodadi persisnya di lereng Gunung Baung dusun Sumbersuko, desa Kertosari, kecamatan Purwodadi. Konon ada semacam jalan dari kebun raya menuju ke air terjun namun saat ini sudah tak ada lagi.

Karena itu para pengunjung mesti melewati jalan desa berupa jalan setapak berupa anak tangga dari batu yang agak licin dan cukup sempit. Lama perjalanan dari Kebun raya ke air terjun sekitar 20 menit dan seteah sampai pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp.7.500/orang.

Fasilitas Kebun Raya Purwodadi

Berbagai fasilitas wisata lengkap tersedia bagi wisatawan yang berkunjung ke Kebun Raya Purwodadi. Sejumlah fasilitas pendukung yang tersedia diantaranya toilet yang tersebar di beberapa titik kawasan kebun raya, tempat duduk-duduk pengunjung, gazebo, dan tempat ibadah.

Sebagai informasi tambahan, kebun raya dengan luas sekitar 85 hektar ini memiliki koleksi lebih dari 10 ribu jenis tumbuhan. Kebun Raya Purwodadi sudah berdiri sejak tanggal 30 Januari 1941 oleh Dr. Lourens Gerhard Marinus Baas Becking yang diprakarsai oleh Dr. Dirk Fok van Slooten.

Pendirian kebun raya ini merupakan pemekaran dari Stasiun Percobaan Lands Plantentuin (Kebun Raya Bogor). Kebun Raya Purwodadi menjadi salah satu dari tiga cabang Kebun Raya Indonesia (Kebun Raya Bogor). Masing-masing kebun ini mempunyai fungsi yang spesifik.

Kedua cabang lainnya berada di Kebun Raya Cibodas, dan Kebun Raya Eka Karya Bali dengan pengelolaan saat ini di bawah wewenang Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tiket Masuk Kebun Raya Purwodadi

Dibedakan antara tiket masuk pengunjung lokal dan turis asing. Untuk pengunjung lokal hanya dikenakan biaya Rp.10.000 sedangkan turis asing tarifnya Rp.16.000. Biaya parkir untuk motor ditetapkan Rp.3.000, mobil Rp.5.500, dan bus Rp.10.500.

Lalu ada wahana penyewaan sepeda keliling dengan tarif Rp.8.500/unit, tarif naik mobil keliling (modifikasi seperti kereta api mini) Rp.15.500/orang, dan tarif untuk paket pemotretan pre-wedding sebesar Rp.350.000.

Jam Buka Kebun Raya Puwodadi

Jam kunjungan dibuka dari jam 07:30 dan tutup jam 4 sore setiap harinya dari Senin – Minggu. Sementara jam pelayanan reservasi untuk hari Senin-Kamis mulai jam 07:30 – 15:00 dan Jumat mulai jam 07.30 – 15.30.

Bagi pengunjung yang berwisata ke Kebun Raya Purwodadi dapat sekaligus menyambangi Air Terjun Coban Baung yang letaknya berada di samping kebun raya.