Kebun Durian Watu Simbar Gunungpati  – merupakan tempat wisata agro yang terletak di Kecamatan Gunungpati. Mengapa dinamakan Watu Simbar? Konon, menurut cerita turun-temurun dari penduduk sekitar, dahulu kala ada seseorang yang membelah batu besar dan menemukan pohon Simbar di dalam batu tersebut.

Wisata Gunungpati

Di Kecamatan Gunungpati sendiri terdapat sejumlah tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi, mulai dari Wisata Alam Goa Kreo yang terletak di Desa Kandri, Tempat rekreasi dan pemancingan Kebon Mulyo di Desa Mangunsari, hingga wahana wisata Dewandaru di Desa Gunungpati.

Di tempat wisata Dewandaru, Anda bisa menikmati berbagai wahana wisata seperti kolam renang, kolam pemancingan, flying fox, permainan anak-anak, dan juga wisata kuliner. Selain itu, di lokasi ini juga ada peninggalan bersejarah berupa Makam Pragulapati yang memiliki kaitan dengan sejarah berdirinya Kecamatan Gunungpati.

kebun durian watu simbar image by www.phinemo.com

Selain tempat-tempat wisata, di Gunungpati juga menjadi lokasi dari Universitas Semarang (Unnes) yang merupakan salah satu perguruan tinggi terkemuka di Jawa Tengah.

Kebun Durian Watu Simbar Gunungpati

Gunungpati juga terkenal dengan sentra durian di Semarang. Banyak penduduk di wilayah ini yang memiliki kebun durian. Kebun-kebun durian tersebut sudah ada sejak tahun 1989, baru sekitar tiga tahun belakangan area kebun durian tersebut dibangun menjadi kawasan wisata agronomi.

Ketika memasuki kawasan wisata Agro Kebun Durian Watu Simbar, Anda akan menjumpai halaman kebun nan luas. Terdapat jalan setapak yang terbuat dari batu kecil yang disusun rapi dengan pegangan besi yang dicat kuning menyerupai bentuk kaki.

Berjalan di atasnya tanpa menggunakan alas kaki diyakini dapat memberikan khasiat refleksi dan kesehatan bagi tubuh.

Tidak hanya kebun durian saja, di kawasan wisata agro seluas 3,5 hektar ini juga ada kebun buah Naga-nya lho! Beberapa batang pohon buah naga itu tampak berbaris rapi. Selain itu, Anda juga akan menjumpai beberapa tanaman buah Nanas Merah yang menghias berderet di tepi jalan.

kebun durian image by http://www.rodasemarang.com

Selain berburu durian, pengunjung juga dapat bersantai dan berfoto di area taman yang indah. Beberapa orang petugas terlihat sedang membersihkan area kebun, dan sebagian lainnya ada yang sedang memanjat pohon durian.

Wisata Agro Kebun Durian Watu Simbar Gunungpati mengembangkan lebih dari 50 jenis buah durian lokal yang semuanya diberi nama unik, ada yang bernama durian petruk, durian doyong, hingga durian bejo.

Pengunjung tinggal pilih saja buah durian mana yang paling disuka, ada yang daging buahnya tebal dengan rasa yang manis, bahkan ada pula durian dengan rasa yang agak pahit. Salah satu yang terfavorit di sini adalah durian glawer dengan rasa sangat manis namun agak pahit.

Ada juga lho buah durian yang unik dengan rasa manis-pedas, namanya durian bawang. Pasti bakalan bikin Anda penasaran.

Lokasi Kebun Durian Watusimbar Gunung Pati

Kebun Durian Watusimbar Gunung Pati berlokasi di Jalan MR Koesbiyono Tjondro Wibowo, Desa Pakintelan, Gunungpati, Semarang. Jaraknya sekitar 2 kilometer dari perempatan Sumur Jurang yang ke arah kampus Universitas Negeri Semarang.

Rute Menuju Kebun Durian Watusimbar Gunung Pati

Bila Anda datang dari arah Ungaran, rute menuju ke Gunung Pati langsung saja menuju Desa Sumur Jurang atau pertigaan antara Gunung Pati dan Unnes.

Ambil arah lurus, jangan belok kanan karena Anda akan menuju ke kampus Universitas Negeri Semarang. Lurus saja kira-kira 400 meter dari pertigaan ada tanjakan. Nah, di situ sebelah kanan jalan adalah lokasi dari Kebun Durian Watu Simbar, Gunung Pati.

Harga Tiket Masuk Kebun Durian Watu Simbar Gunungpati

Bagi Anda yang ingin masuk ke lokasi wisata Kebun Durian Watu Simbar akan dikenai harga tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang di hari kerja. Namun, bila Anda datang saat hari Minggu atau hari libur harga tiket masuknya menjadi Rp 7.500 per orang.

Kebun Durian Watu Simbar buka setiap hari mulai jam 9 pagi, sampai jam 4 sore. Oleh karena buah durian yang dipanen stoknya terbatas, sebelum datang ke lokasi Anda dapat memesan terlebih dahulu ke nomor (024) 7692 1737.

Terdapat gazebo dan rumah joglo di tengah kebun durian yang bisa disewa pengunjung untuk mengadakan berbagai acara pertemuan.

Ada juga rumah berukir yang terdapat bangku berukir khas Jawa. Suasana di sini sangat nyaman dan tentram, Anda pasti betah berlama-lama di Kebun Durian Watu Simbar, Gunung Pati. Atau bila Anda ingin melihat area kebun durian dari ketinggian bisa naik ke Rumah Pohon.

Arena bermain anak seperti ayunan atau panjat-panjatan juga tersedia di tempat ini, fasilitas lainnya seperti tempat ibadah, toilet, semua lengkap tersedia di Kebun Durian Watu Simbar, Gunungpati.

Nah, tunggu apalagi? Yuk, kita borong durian ke Kebun Durian Watu Simbar Gunung Pati!