Kebun Binatang Surabaya Sangat Indah – Kebun Binatang bisa jadi salah satu alternatif wisata anda bersama keluarga dan sahabat yang seru dan menyenangkan. Selain itu, bisa juga jadi wisata yang memuat nilai edukasi karena dapat membantu anda dan anak bisa melihat langsung beragam jenis satwa yang mungkin hanya bisa anda lihat di buku maupun televisi. Ada salah satu kebun binatang yang terdapat di kota Surabaya yang tidak lain adalah kebun binatang tertua di Indonesia. Adalah Kebun Binatang Surabaya (KBS) yang terletak di Jalan Setail No.1, pas disamping patung Suroboyo yang merupakan ikon dari kota Surabaya ini bisa jadi salah satu tujuan rekreasi anda dan keluarga di kota pahlawan ini.
Harga tiket masuk yang cukup terjangkau yakni, Rp. 10.000, anda sudah bisa menjelajahi kebun binatang ini sepuasnya. Suasana rimbun mulai terasa ketika anda masuk ke kebun binatang surabaya ini. Rimbunnya pepohonan disekitar menjadikan suasana begitu sejuk dan segar. Memang, Kebun Binatang Surabaya (KBS) ini bisa dibilang sebagai paru-paru kota Surabaya. Ini bisa jadi tempat untuk melepas penat setelah anda seharian beraktivitas. Didekat pintu masuk utama kebun binatang, ada sebuah peta berwarna-warni serta gambar menarik yang tidak lain adalah Kebun Binatang Surabaya.
Kebun Binatang Surabaya ini, konon adalah salah satu kebun binatang tertua di Asia. Kebun binatang yang satu ini dibuka untuk umum pada tahun 1918. Bahkan di tahun 70-an, kebun binatang di Surabaya ini menyandang predikat sebagai kebun binatang dengan koleksi satwa terlengkap di Asia Tenggara. Bahkan kebun binatang ini sempat menyandang gelar sebagai kebun binatang paling besar dan terkenal di Asia Tenggara. Luas dari Kebun Binatang Surabaya ini adalah sekkitar 15 hektare, tempat wisata ini juga bisa dijadikan tempat berolahraga atau sekedar jalan kaki. Jam buka dari Kebun Binatang Surabaya ini adalah pukul 08.00 hingga 17.00 WIB.
Koleksi Satwa di Kebun Binatang Surabaya (KBS)
Koleksi satwa di kebun binatang ini bisa dikatakan cukup komplit, setidaknya tercatat lebih dari 300 spesies. Beragam jenis satwa unggas (aves), reptilia, mamalia dan beragam jenis ikan yang bisa anda jumpai di Kebun Binatang Surabaya ini.
Kanda satwa pun dibedakan bersama jenisnya, misalnya untuk unggas atau burung (aves), ada burung merak, pelikan australia, jalak bali hingga burung uta. Satwa buas ada macan tutul, harimau sumatera, harimau putih, beruang hingga singa.
Dibagian belakang, ada kandang khusus primata yang di isi oleh simpanse, orang utan, baboon hingga bekantan. Selain itu, anda juga bisa melihat kandang kuda, rusa, kuda nil, unta, jerapah dan juga bison amerika yang sudah berumur tua.
Anda juga bisa melihat koleksi satwa langka yang dilindungi seperti komodo di Kebun Binatang Surabaya ini. Selain itu, ada juga binatang lain yang mungkin jarang anda lihat seperti babi, rusa, anoa dan juga tapir. Kebun Binatang Surabaya ini berfungsi juga sebagai pusat konservasi dari beragam satwa tersebut.
Selain ada satwa darat, anda juga bsia melihat satwa air seperti ikan air tawar dan ikan air laut yang ada di bagian aquarium. Untuk bisa melihat koleksi satwa air ini anda diwajibkan membeli tiket masuk sekitar Rp. 3.000/orang. Aquarium di kebun binatang ini tak terlalu banyak, namun yang menarik di aquarium itu ada koleksi ikan Arapaima gigas yang tak lain adalah ikan air tawar terbesar di dunia. Ikan yang satu ini berasal dari Sungai Amazon, Brazil, Amerika Selatan yang panjangnya bisa mencapai 3 meter dengan bobot kurang lebih 200 kg. Tak hanya itu, ada juga satwa dari spesies reptil seperti ular, buaya, iguana dan penyu dengan ukuran besar.
Feeding Time dan Fasilitas Lain
Setelah anda puas mengelilingi kandang beragam satwa di Kebun Binatang Surabaya ini, anda masih bisa menunggang satwa seperti kuda dan gajah. Di jadwal yang sudah ditentukan pihak pengelola, anda bisa menyaksikan pemberian pakan (feeding time) yang diberikan pada satwa-satwa yang ada di kebun binatang ini. Selain itu, anda juga dapat melihat atraksi binatang diwaktu-waktu tertentu.
Jika anda membawa buah hati, anda bisa mengajaknya ke arena bermain anak didekat pintu masuk. Disekitara arena bermain itu akan terlihat beberapa penjual mainan dengan ciri khas kebun binatang surabaya ini. Fasilitas pendukung di Kebun Binatang Surabaya ini ada perpustakaan yang bisa menambah wawasan anda. Ada juga jembatan pantau, dimana setelah anda menaiki tangga yang cukup banyak, anda bisa melihat sekliling kebung binatang dari atas hingga bisa melihat rumah dan bangunan lain di Surabaya. Anda juga bisa mencoba berfoot di stand foto yang telah disediakan, dan hasilnya akan diedit sehingga anda seolah-olah bersentuhan dengan satwa yang ada di kebun binatang ini.